MENJADI PENDIDIK YANG BERMUTU (Percikan Pemikiran Untuk Peningkatan Mutu Sumber Daya Pendidik di Lembaga Pendidikan Islam)

  • Irwan Irwan
Keywords: Kunci, Pendidik, Mutu, Lembaga Pendidikan Islam

Abstract

Abstrak:Pendidik atau biasa disebut dengan guru merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam dunia pendidikan yang harus mendapatkan perhatian khusus dalam peningkatan kualitas atau mutunya, karena bagaimana dapat menghasilkan peserta didik yang bermutu jika pendidiknya tidak bermutu.Hal tersebut juga dikarenakan pendidik (guru) adalah orang pertama yang selalu mendapatkan sorotan dari masyarakat.Ketika terjadi terjadi berbagai hal tentang peserta didik, baik peserta didik tersebut berkelakuan baik terlebih lagi berkelakuan buruk, maka gurunya lah yang pertama kali menjadi sorotan, lebih-lebih guru Agama.Meskipun upaya meningkatkan kualitas guru baik ditingkat institusi (lembaga pendidikan) maupun secara umum selalu dilakukan mulai dari pelaksanaan pendidikan dan pelatihan guru, pemberian tunjangan yang langsung dianggarkan dari APBN, kenaikan gaji guru terutama PNS, sampai pada program sertifikasi guru,kenyataannya ini belum bisa memberikan bukti nyata perubahan dalam pendidikan di Indonesia.Pendidikan dan pelatihan guru menguap bagai air, tunjangan dan kenaikan gaji bagai karpet terbang yang membawa mereka keawan, dan sertifikasi merupakan pesawat ulang alik yang membawa mereka ke luar angkasa yang bebas bergerak tanpa perlu berpijak.Perbaikan fasilitas yang diberikan pemerintah tidak mengubah keadaan pendidikan di Indonesia.Hanya sedikit tenaga pendidik yang memang menjadikan perbaikan fasilitas tersebut sebagai alat untuk mengadakan perubahan signifikan dalam dunia pendidikan, tetapi persentasinya sangat kecil bila dibandingkan dengan jumlah pendidik dan siswa sekolah yang ada di Indonesia.

References

Daftar Pustaka
Zaglul al-Najar, Nadzarat fi Azmat al-Ta’lim al-Mu’ashir wa Hululiha al-Islamiyah, Kairo: Maktabah Wahbah, 1427 H/2006.
Imam Suprayogo, Pengembangan Pendidikan Karakter, Malang: UIN Maliki Press, 2013.
Tedi Priatna (ed), Cakrawala Pemikiran Pendidikan Islam, Bandung: Mimbar Pustaka, 2004.
Nurcholish Madjid, Islam, Doktrin dan Peradaban, Jakarta: Yayasan Wakaf Paramadina, 1993.
A. Fatah Yasin, Pengembangan Sumberdaya Manusia di Lembaga Pendidikan Islam, Malang: UIN Maliki Press, 2011.
W.J.S. Perwadarmita, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1991.
Abuddin Nata, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana, 2010.
Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2005.
E. Mulyasa, Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.
Edward Sallis, Total Quality Management in Education, Jogjakarta: IRCiSoD, 2010.
Philip B. Crosby, Quality is Free, Mc-Graw Hill Book, New York, 1979.
Fandy Tjiptono dan Anastasia Diana, Total Quality Management (TQM), Yogyakarta: Penerbit Andi Offset, 1998.
Syafauddin, Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan: Konsep, Strategi, dan Aplikasi, Jakarta: Grasindo, 2002.
Dodi Nandika, Pendidikandi Tengah Perubahan, Jakarta : Pustaka LP3ES Indonesia, 2007.
Deni Koswara dan Halimah, Seluk Beluk Profesi Guru, Bandung: Pribumi Mekar, 2008.
E Mulyasa, Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.
Amir Tengku Ramly, MenjadiGuru Idola Mengajar dari Kedalaman Cinta, Bekasi: Pustaka Inti, 2007.
Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Jakarta: Prenada Media Group, 2010.
Jamal ma’mur Asmani, Manajemen Pengelolaan Dan Kepemimpinan Pendidikan Professional, Jogjakarta: DIVA Press, 2009.
Published
2015-06-07