PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS NILAI-NILAI ISLAM

  • Hermawansyah Hermawansyah
Keywords: Kata Kunci, Pendidikan, Karakter, Nilai Islam, Akhla

Abstract

Abstrak: Kondisi pendidikan dewasa ini sangat mencemaskan, semakin  berkembangnya zaman semakin membludaknya berbagai macam problem  khususnya dalam dunia pendidikan. Seperti tawuran antar pelajar, tawuran antar kampung, peredaran narkoba, seks bebas, korupsi, dan banyak tindak kejahatan lainnya. Tindakan-tindakan amoral tersebut tidak dapat terlepas dari dunia pendidikan. Sebab, paling tidak mereka pernah dididik di sekolah. Fenomena ini menggambarkan kegagalan dunia pendidikan. Oleh karena itu, proses pendidikan harus senantiasa dievaluasi dan diperbaiki. Salah satu upaya perbaikan pendidikan adalah munculnya gagasan mengenai pentingnya pendidikan karakter, gagasan ini muncul karena proses pendidikan selama ini dilakukan belum sepenuhnya berhasil dalam membangun Indonesia yang berkarakter. Sudah saatnya lembaga pendidikan atau sekolah mengambil haluan untuk mengikuti pola, model, dan pendekatan-pendekatan dalam pendidikan yang berbasis nilai-nilai Islam. Islam memandang pendidikan merupakan persoalan pertama dan utama dalam membangun dan memperbaiki kondisi dan karakter umat manusia di muka bumi ini yang tentunya berpedoman pada kebenaran Al-Qur’an dan Sunnatullah. Maka amat pentingnya karakter Rasulullah diutamakan untuk diinternalisasikan karena semakin berkembangnya zaman semakin kurangnya generasi yang menjalankan titah syariat Islam sehingga tidak beristiqomah dan berkeyakinan untuk melakukan sesuatu yang baik untuk diri dan orang lain.  Abstrak: Kondisi pendidikan dewasa ini sangat mencemaskan, semakin  berkembangnya zaman semakin membludaknya berbagai macam problem  khususnya dalam dunia pendidikan. Seperti tawuran antar pelajar, tawuran antar kampung, peredaran narkoba, seks bebas, korupsi, dan banyak tindak kejahatan lainnya. Tindakan-tindakan amoral tersebut tidak dapat terlepas dari dunia pendidikan. Sebab, paling tidak mereka pernah dididik di sekolah. Fenomena ini menggambarkan kegagalan dunia pendidikan. Oleh karena itu, proses pendidikan harus senantiasa dievaluasi dan diperbaiki. Salah satu upaya perbaikan pendidikan adalah munculnya gagasan mengenai pentingnya pendidikan karakter, gagasan ini muncul karena proses pendidikan selama ini dilakukan belum sepenuhnya berhasil dalam membangun Indonesia yang berkarakter. Sudah saatnya lembaga pendidikan atau sekolah mengambil haluan untuk mengikuti pola, model, dan pendekatan-pendekatan dalam pendidikan yang berbasis nilai-nilai Islam. Islam memandang pendidikan merupakan persoalan pertama dan utama dalam membangun dan memperbaiki kondisi dan karakter umat manusia di muka bumi ini yang tentunya berpedoman pada kebenaran Al-Qur’an dan Sunnatullah. Maka amat pentingnya karakter Rasulullah diutamakan untuk diinternalisasikan karena semakin berkembangnya zaman semakin kurangnya generasi yang menjalankan titah syariat Islam sehingga tidak beristiqomah dan berkeyakinan untuk melakukan sesuatu yang baik untuk diri dan orang lain.  *Penulis adalah Mahasiswa S2 SPS UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Email: [email protected]  Kata Kunci:Pendidikan, Karakter, Nilai Islam, Akhlak.

References

DAFTAR PUSTAKA

Abdul Majid, & Dian Andayani,Pendidikan Karakter perspektif Islam, Bandung: PT. Remaja Rosada Karya, 2012.

Abuddin Nata, Paradigma Pendidikan Islam, Jakarta: Grasindo. 2008

Al-Attas,Syed Muhammad Al-Naquib.Konsep Pendidikan Dalam Islam: Suatu Rangka Pikir Pembinaan Fisafat Pendidikan Islam, penerjemah Bahasa Haidar Bagir Cetakan VI, Bandung: Mizzan, 1992.

Azzet, Akhmad Muhaimin,Urgensi Pendidikan Karakter Di Indonesia, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2011.

Cecep Sumarna, Rekonstruksi Ilmu: Dari Empirik-Rasional Ateistik ke Empirik- Rasional tesitik, Bandung: Benang Merah Press, 2005

Darmaningtyas,Pendidikan Rusak-Rusakan, Yogyakarta: LKIS,2002.

Elmubarok, Zaim, Membumikan Pendidikan Nilai, Bandung: Al Fabeta, 2008.

Marimba, D.Ahmad Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, (Bandung: Ma’arif. 1989

Mawardi, Evaluasi Pendidikan Nilai: Perkembangan Moral Keagamaan Mahasiswa PTAIN, Yogyakarta: Pustaka Pelajar 2008

Ma’mur Asmani Jamal, Buku panduan internalisasi pendidikan karakter di sekolah, Yogyakarta: Diva press, 2011.

M. Athiyah, Al-Abrasyi,Dasar-Dsar Pokok Pendidikan Islam, penerjemah bustami A. Ghani dan Djohar Bahry Cet ke- VII, Jakarta: Bulan Bintang, 1993.

M. Arifin. Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bina Aksara. 1987.

M. Rusli Amin, PencerahanSpritual Sukses membangun Hidup Damai Dan Bahagia, Jakarta: A-Mawardi Prima, 2002

Muhaimin.Arah Baru Pengembangan Pendidikan Islam, Bandung: Penerbit Nuansa, 2003.

-------------,Rekonstruksi Pendidikan Islam, Jakarta: Raja Grafindo,2009.

Musa Muslim (editor). Pendidikan Islam di Indonesia Antara Cita dan Fakta (Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya, 1991

Mulyasa.Manajemen Pendidikan Karakter, Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Nazir, Moh. Metode Penelitian, Jakarta: Ghlmia Indonesia, 2003.

Samani, Muchlas & Haryanto,Pendidikan Karakter, Bandung: Remaja Rosadakarya, 2012.

Suharto,Toto. Filsafat Pendidikan Islam, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2006.

Suparni. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, Juni, 2012.

Syafi’I Ma’arif,Pendidikan Islam di Indonesia antara Cita dan Fakta, Yogyakarta: PT. Tiara Wacana, 1991.

Thomas Lickona, Pendidikan Karakter, Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik, New York: Bantam Book, 2013.

Tobroni,Pendidikan Islam Paradigma Teologis, Filosofis dan Spritualitas, Malang: UMM, Press,2008.

Zainal, Aqib,Panduan & Aplikasi Pendidikan Karakter untuk SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA, SMK/MAK,Bandung: Rama Widya, 2011.

http://lead.sabda.org/

Published
2015-06-07