Kompetensi Guru dalam Perspektif Pendidikan Islam

  • main din STAI NW Samawa
Keywords: Kompetensi, Guru, Pendidikan Islam

Abstract

Pendidikan merupakan masalah penting yang memperoleh prioritas utama sejak awal kehidupan manusia. Bahkan Rasulullah SAW sendiri telah mengisyaratkan bahwa proses belajar bagi setiap manusia adalah sejak ia masih dalam kandungan ibunya, sampai ia sudah mendekati liang kuburnya. Sebagai agama yang mengutamakan pendidikan, maka sepanjang kurun kehidupan umat Islam hingga kini, telah muncul banyak ahli pendidikan yang menyumbangkan buah pikirannya dalam bidang pendidikan. Hasil kajian  ini menunjukkan bahwa kompetensi guru dalam konsep perspektif pendidikan Islam adalah seseorang yang memiliki tugas mendidik dalam arti pencipta, pemelihara, suritauladan, pembaharu yaitu mengubah kondisi peserta didik agar perkembangan potensi dan kemampuan tersebut diatas disebut murobbi yang di dalamnya terdapat unsur, muallim, muaddib, mudarris dan mursyid yang implementasinya bersumber dari Al-Qur’an dan sunnah Rosul. Menjadi kompetensi yang lebih akurat dan sempurna karena akan mengahasilkan output peserta didik yang berintelektual tinggi berbasis karakteristik yang mulia karena bersumber pada Al-Qur’an dan Sunnah Rosul.

References

Ali Saifullah, 1982. Pendidikan dan Kebudayaan, (Surabaya: Usaha Nasional)
Aly,Noer, Hery, 1999. Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Logos)
Damin, Sudarman, 2010. Profesionalisme dan Etika Profesi, (Bandung: Alfabeta)
Daradjat Zakiah, 1987. Kepribadian Guru, (Jakarta: PT. Rineka Cipta)
Djamarah, Bahri, Syaiful, 2005. Guru dan Anak Dalam Interaksi Edukatif, (Jakarta: Rineka Cipta)
Eko, Madya, Susilo, 1998. Dasar-dasar Pendidikan, (Semarang: Efthar Offset)
Hamalik, Oemar, 2002. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, (Jakarta: PT. Bumi Aksara)
Muhaimin, 1993.Pemikiran Pendidikan Islam, (Bandung: Trigenda Karya)
Muhaimin, dan Abd Mujib, 2003.Pemikiran Pendidikan Islam, (Bandung: Triganda Karya)
Muliyasa E, 2009. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru,(Bandung: Remaja Rosdakarya)
Nata Abudin, 2005. Perspektif Islam Tentang Pola Hubungan Guru dan Murid, (Jakarta: Gaya Media Pratama)
__________, 2001.Paradigma Pendidikan Islam, (Jakarta: Gramedia Widya Sarana Indonesia)
Ngalim, M., Purwanto, 2006.Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya)
_________, 2007.Menjadi Guru Profesional, (Bandung: Remaja Rosdakarya)
Piet A. Sahertian, 1994. Profel Pendidik Profesional, (Yogyakarta: Andi Offset)
Published
2018-09-12
Section
Articles