Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Islam

PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

  • Susan santi STAI NW Samawa
Keywords: Anak Usia Dini, Pendidikan Islam

Abstract

Pendidikan Islam adalah proses yang mengarahkan manusia kepada kehidupan yang baik dan yang mengangkat derajat kemanusiaannya sesuai dengan kemampuan dasar (fitrah) dan kemampuan ajarnya (pengaruh dari luar). Pendidikan yang benar adalah yang memberikan kesempatan kepada keterbukaan terhadap pengaruh dari dunia luar dan perkembangan dari dalam diri anak didik. Dengan demikian, barulah fitrah itu diberi hak untukmembentuk pribadi anak dan dalam waktu bersamaan faktor dari luar akan mendidik dan mengarahkan kemampuan dasar anak. Oleh karena itu, pendidikan secara operasional mengandung dua aspek, yaitu aspek menjaga atau memperbaiki dan aspek menumbuhkan atau membina. a). Metode, meliputi: metode keteladanan, metode pendidikan dengan latihan dan pengamalan, mendidik melalui (nyanyian, cerita, dan permainan),dan lain sebagainya. b). Kurikulum mencakup beberapa pokok-pokok pendidikan yang harus diberikan kepada anak, yang meliputi seluruh ajaran Islam yang secara garis besar dapat dikelompokan menjadi tiga, yakni pendidikan akidah, pendidikan ibadah, pendidikan akhlak. Semua itu disesuaikan dengan usia masing-masing anak. c). Evaluasi pada anak usia dini mencakup Portofolio, penugasan, hasil karya. Dalam konsep dasar pendidikan anak usia dini menekankan untuk mengoptimalkan perkembangan anak dan memenuhi karakteristik anak yang merupakan individu yang unik, yang memiliki pengalaman dan pengetahuan yang berbeda, maka perlu dilakukan usaha yaitu dengan memberikan rangsangan-rangsangan, dorongan-dorongan dan dukungan kepada anak.   Kata Kunci : Anak Usia Dini, Pendidikan Islam

References

Abdullah Nashih Ulwan, 1981. Tarbiyat al-Aulad fi-all-Islam, terjemahan Saifullah Kamalie, Pedoman Pendidikan Anak dalam Islam, Semarang: Asy Syfa’
Abi ‘Abdillah Muhammad ibn Yazid al-Quzwaini, Sunan Ibnu Mājah, juz 1, Bairut: Dār al-Fikr.
Abu Abdullah ibn Muhammad Isma’il al-Bukhari, Shahih Bukhri Juz I, (Riyadh: Idaratul Bahtsi Ilmiah.
Abu A’isy Abd Al Mun’im Ibrahim, 2007.Tarbiyah Al-Banati fi Al- Islam, terjemahan Herwibowo, Pendidikan Islam bagi Remaja Putri, Jakarta: Najla Press
Abdullah Nashih Ulwan,1981. Tarbiyatu ‘l-Aulad fi-‘l-Islam, terjemahan Saifullah Kamalie, Pedoman Pendidikan Anak dalam Islam, Semarang: Asy Syfa’.
Abdullah Nashih Ulwan, 1995. Tarbiyat al- Aulad Fi al- Islam, terj. Jamaluddin Miri, Pendidikan Anak dalam Islam, Jakarta: Pustaka Amani.
Abdurrahman An-Nahlawi, 1989. Prinsip-Prinsip dan Metode Pendidikan Islam dalam Keluarga di Sekolah dan di Masyarakat, Semarang: Diponegoro.
Abu Sayyid, 2003. Mendidik Anak Bersama Nabi, Solo: Pustaka Arafah.
Abu al-Husain Muslim ibn al-Hajjaj al-Qusyairi an-Naisaburi, Sahih Muslim Juz 1, Bandung: Al Ma’arif.
Al-Baidhawi, Tafsir Baidhawi, (http://www.Altafsir.com) Juz 5, baca An-Naisaburi, Tafsir An-Naisaburi, juz 1
Al Imam abul Fida Ismail Ibnu Kasir Ad-Dimasyqi, Tafsir Al Qur’an al-‘Ażīm, terjemahan Bahrum Abu Bakar, 2003. Tafsir Ibnu Kaśīr juz 8, Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Al-Imam abul Fida Ismail Ibnu Kasir Ad-Dimasyqi, Tafsir Al Qur’an al-‘Ażīm, terjemahan Bahrum Abu Bakar,2003.Tafsir Ibnu Kaśīr juz 11, Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Al-Imam Abul Fida Isma’il Ibnu Kasir Ad-Dimasyqi, 2003. Tafsir Ibnu Kasir, juz 16, Bandung: Sinar Baru Algesindo
Al-Imam Abul Fida Ismail Ibnu Kasir Ad-Dimasyqi, 2003.Tafsir Al Qur’an al-‘Ażīm, terjemahan Bahrum Abu Bakar, Tafsir Ibnu Kaśīr juz 14, Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Ali Quthb,1988.Auladuna fi Dlau-it Tarbiyyat al- Islamiyyah, terjemahan Sang Anak dalam Naungan Pendidikan Islam, Bandung: Diponegoro.
Boediono, ed. 2003.Standar Kompetensi Pendidikan Anak Usia Dini Taman Kanak-Kanak dan Raudhatul Athfal,Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Depdiknas, 2002.Acuan Menu Pembelajaran pada Pendidikan Usia Dini(Pembelajaran Generik), Jakarta: Depdiknas.
Imam al-Hafidz Abi ‘Abbas Muhammad ibn ‘Isa ibn Saurah at-Tirmiżi, Sunan at-Tirmiżi al-Jami’us Sahih, juz 1, Semarang: Toha Putra.
Imam al-Hafidz Abi ‘Abbas Muhammad ibn ‘Isa ibn Saurah at-Tirmiżi, Sunan at-Tirmiżi al-Jami’us Sahih, juz 3, Semarang: Toha Putra.
Imam al-Hafidz Abi ‘Abbas Muhammad ibn ‘Isa ibn Saurah at-Tirmiżi, Sunan at-Tirmiżi al-Jami’us Sahih, juz 4, Semarang: Toha Putra.
Irawati Istadi, 2005. Istimewakan Setiap Anak, Bekasi: Pustaka Inti.
, 2006. Mendidik Dengan Cinta, Bekasi: Pustaka Inti.
Muhammad Ali Quthb, 1988. Auladuna fi Dlau-it Tarbiyyatil Islamiyyah, terjemahan Bahrum abu Bakar Ihsan, Bandung: Diponegoro
M. Athiyah Al Abrasy, 1969. at-Tarbiyah al-Islāmiyah wa Falasatuhā, TTp: ’Isa al-Bābi al-Jalabī wa syirkāhu.
M. Nipan Abdul Halim, 2001. Anak Saleh Dambaan Keluarga, Jakarta: Mitra Pustaka
M. Thalib,1992.40 Tanggung Jawab Orang Tua Terhadap Anak, Yogyakarta: Pustaka Al Kautsar.
Muhammad Suwaid, Manhaj at-Tarbiyyah an-Nabawiyyah lit-Tifl, terjemahan Salafuddin
Muhammad Suwaid, 2004. Mendidik Anak Bersama Nabi, terjemahan Salafuddin Abu Sayyid, Solo: Pustaka Arafah.
M. Nasib Ar-Rifa’i, 1999. Ringkasan Tafsir Ibnu Kasir, jilid 3 Jakarta: Gema Insani.
Published
2018-09-20
Section
Articles