Pola Asuh Orang Tua dan Guru dalam Perkembangan Moral pada Anak Usia Dini

  • Susan santi STAI NW Samawa
Keywords: Pola Asuh, Perkembangan Moral, Pendidikan Anak Usia Dini.

Abstract

Perkembangan anak akan efektif, jika pengasuhan yang diterapkan oleh orang tua dan guru dapat dilakukan bersama-sama. Sehingga apa yang diharapkan oleh orang tua dan guru dapat terlaksana dengan baik, terutama pengasuhan dalam perkembangan moral pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan dua sumber data, yaitu data primer dan data sekunder. Adapun teknik dalam pengumpulan data, yaitu: 1). Metode observasi,   2). Metode wawancara, dan 3) Metode dokumentasi. Berdasarkan pembahasan yang dipaparkan, maka hasil penelitian dapat diketahui bahwa: 1). Pola asuh orang tua di rumah dalam perkembangan moral anak cenderung kepada pola asuh demokratis. Namun, selain pola asuh demokratis, ada juga yang menggunakan pola asuh otoriter dan pola asuh permisif.Di samping itu, terlihat jelas bahwa bentuk pola asuh demokratislah yang paling dominan diterapkan oleh orang tua di rumah. Sedangkan pola asuh guru di sekolah, yaitu guru menggunakan beberapa pendekatan pembelajaran dan metode pembelajaran dalam proses belajar mengajar di kelas yang di sesuaikan dengan usia dan tingkat perkembangan anak. Kerjasama orang tua dan guru sangat diperlukan dalam pengasuhan anak, terutama dalam perkembangan moral anak baik di rumah maupun di sekolah.Hal itu dilakukan, agar terjadi kesinambungan antara pola asuh guru di sekolah dan orang tua di rumah.Adapun bentuk kerjasama yang dilakukan yaitu, dengan membentuk HKO (Hari Konsultasi Orang Tua), KPO (Kelompok Pertemuan Orang Tua), dan kunjungan rumah.

References

Ali,Muhammad,Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa, 1987.
Amini, Ibrahim. Anakmu Amanatnya. Jakarta: Al-Huda, 2006.
Basri, Hasan, Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia, 2010.
Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bandung: PT Syamil Cipta Media, 2005.
Djuwita, Warni, Parenting Berbasis Pendidikan Karakter: Konsep, Program, Dan Evaluasi. Tangerang: Impressa Publishing, 2012.
Fahmi, Mustofa, Kesehatan Jiwa dalam Keluarga, Sekolah dan Masyarakat. Jakarta: Bulan Bintang, 1977.
Graha, Chairinniza, Keberhasilan Anak di Tangan Orang Tua. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2004.
Haricahyono, Cheppy, Dimensi-Dimensi Pendidikan Moral. Semarang: IKIP Semarang Press, 1995.
Ibung, Dian, Mengembangkan Nilai Moral Pada Anak. Jakarta: Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia, 2009.
Mansur, Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam Cet. IV. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.
Michele, Borba, Membangun Kecerdasan Moral. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2005.
Moleong,Lexi J.,Metodologi Penelitian Kualitatif, Cet.22. Bandung: Rosdakarya, 2006.
Mursi, Syaikh Muhammad Sa’id, Seni Mendidik Anak. Jakarta: PUSTAKA AL-KAUTSAR, 2001.
Nasution S., Metode Penelitian Naturalistic Kualitatif. Bandung: Tarsito, 2003.
Rimm, Syilvia, Mendidik dan Menerapkan Disiplin Pada Anak Prasekolah. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2003.
Ronald, PeranOrang Tua dalam Meningkatkan Kualitas Hidup, Mendidik dan Mengembangkan Moral Anak. Bandung: YRAMA WIDYA, 2006.
Schohib, Moch, Pola Asuh Orang Tua Dalam Membantu Anak Dalam Mengembangkan Disiplin Diri. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2010.
Shapiro, Laurence, Mengajar Emosional Intelegensi Pada Anak. Jakarta: Gramedia, 1999.
Suyadi, Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta: PT. Pustaka Insan Madani, 2010.
Syarkawi, Pembentukan Kepribadian Anak. Jakarta: Gramedia, 2007.
Published
2018-09-27
Section
Articles