Manajemen Pemimpin dalam Memotivasi Kinerja Tenaga Pengajar

  • Sri Andria Sya'bani Sekolah Tinggi Agama Islam Nadlatul Wathan Samawa
Keywords: Manajemen, Pemimpin, Motivasi, Tenaga Pengajar

Abstract

Kompetensi seorang tenaga pengajar merupakan faktor yang sangat menentukan keberhasilan pembelajaran. Tenaga pengajar tidak hanya bertanggung jawab dalam mentransfer ilmu pengetahuan kepada mahasiswa, tetapi lebih jauh bertanggung jawab penuh atas pembentukan dan pendewasaan kepribadian mahasiswa di lembaga pendidikan. Berdasarkan peran dan tanggung jawab tenaga pengajar serta dimensi yang harus dimilikinya maka manajemen pengembangan tenaga pengajar akan lebih tepat untuk dilaksanakan. Dengan demikian, untuk sebuah lembaga pendidikan manajemen pengembangan tenaga pengajar perlu sekali dilaksanakan untuk melahirkan tenaga pengajar profesianal. Pengembagan sumber daya manusia dalam pendidikan (termasuk tenaga penagajar) mencakup lima tahapan plan, organize, operate, evaluate and replan. Sekolah Tinggi Agama Islam Samawa sebagai salah satu lembaga pendidikan Tinggi yang bercirikan khas Islam di lingkungan Departemen Agama Kabupaten Sumbawa, memegang peranan penting dalam mencapai tujuan pendidikan nasional dan pembangunan nasional. Untuk itu mutu pendidikan pada Sekolah Tinggi Agama Islam Samawa Sumbawa BesarĀ  tetap terus ditingkatkan sejalan dengan perkembagan dunia ilmu pengetahuan dan teknologi. Peningkatan mutu tenaga kependidikan, terutama tenaga pengajar yang terlibat langsung dengan mahasiswa dalam proses transformasi ilmu pengetahuan dan teknologi. Berkaitan dengan Sekolah Tinggi Agama Islam Samawa Sumbawa BesarĀ  yang memang diarahkan untuk menjadi Perguruan Tinggi yang berkualitas dalam berbagai bidang, salah satu di antara keunggulan yang ingin dicapai adalah keunggulan tenaga pengajar.

References

Arikunto, Suharsimi, Organisasi dan Administrasi, Pendidikan Teknologi dan Keguruan, (Jakarta: Rajawali Pers, 1990).

Azra, Azzumardi, Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Millenium Baru, (Jakarta: Logos. 1999).

Castetter, William B, The personel fungtion in Educational Administration. New York: Mac Millan Publising Compony, 1999).

C. Turney, The School Manager, (Australia: Allen and Unwen. 19992).
Djati Sidi, Indra, Menuju Masyarakat Belajar, Menggagas Paradigma Baru Pendidikan, (Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2001).

Djihad Hisam, Suryanto, Refleksi dan Refomasi Pendidikan di Indonesia Memasuki Millenium III, (Yogyakarta: Adicita Karya Nusa, 2000).

Gunawan, Administrasi Sekolah Administrasi Mikro, (Jakarta: Renika Cipta, 1999).

Griffin Ricky W, Organizational Behavior. Boston: Houghtom Mifflin Company, 1986). Grower, The New Unblokked Manager, (Great Britain: Hartnolls, 1996).

Hamalik, Oemar, Kurikulum Pembelajaran, (Jakarta: Bumi Aksara, 2003).
Hadiyanto, Manajemen Pendidikan di Indonesia, (Jakarta: Rineka Cipta, 2004)

Ivoe, Davis, The management of learning, (New York: Mc Graw-Hiil Book Company (UK) Limited, 1991).

Megisson, Leon C, Management, (Harper Collins Publisher, 1992).
M. Arifin, Kapita Selekta Pendidikan (Islam dan Umum), (Jakarta: Bumi Aksara, 1995).

Muhaimin, Wacana Pengembangan Pendidikan Islam, (Jakarta: Pustaka Pelajar, 2003).

Mukhtar, Manajemen Berbasis Sekolah, (Jakarta: Fifamas, 2000).
______, Mengukir prestasi: Panduan Menjadi Guru Profesional, (Jakarta: Misaka Galiza, 2001).

______, Merambah Manajemen Baru Pendidikan Tinggi Islam, (Jakarta: Misaka Galiza, 2003).

Peraturan pemerintah Republik Indonesia nomor 19 tahun 2005, tentang standar Nasional pendidikan.

Purwanto Ngalim, Administrasi dan Supervise Pendidikan, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 1992).

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Kalam Mulia, 2004).
Sahertian, Supervisi Pendidikan, (Jakarta: Rineka Cipta, 1992).
Saefuddin, Ada Hari Esok Refleksi Sosial, Ekonomi, Politik Untuk Indonesia Emas, (Jakarta: Putra Nusantara, 1995).

Steven Altman, Organizational Behavior: Theory and Practice, (Florida: Academic Press, 1985).

Ahmad Tafsir, Ilmu pendidikan Islam dalam Perspektif, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 1994).

Tillar, H.A.R, Manajemen Pendidikan Nosional, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 1992).

_____,Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Nasional dalam Perspektif Abad 21, (Magelang: Indonsesia Tera, 1999).
Uwes Sanusi, Manajemen Pengembagan Mutu Dosen, (Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999).

Wijaya Tunggal, Amin, Manjemen Suatu Pengantar, (Jakarta: Rineka Cipta, 1993).
Published
2018-09-27
Section
Articles