Konsep Dasar Pendidikan Karakter

  • Syafitri Agustin Nugraha Sekolah Tinggi Agama Islam Nadlatul Wathan Samawa
Keywords: Pendidikan, Karakter

Abstract

Pendidikan sangat menentukan terhadap pembentukan watak, kepribadian, karakter dan budi pekerti warga. Oleh karenanya, fenomena  kejahatan, tindak criminal, perbuatan asusila dan penggunaan narkoba, baik oleh warga masyarakat maupun anak didik, maka pendidikan dianggap yang paling bertanggung jawab. Di Indonesia sendiri, berbagai penyelewengan dan kejahata juga kerap terjadi, mulai dari korupsi, bullying, narkoba di lingkungan sekolah dan lain-lain. Terjadinga berbagai penyelewengan dan kejatan tersebut menandakan rendahnya akhlak, budi pekerti dan karakter bangsa. Menyadari hal itu pemerintah melalui Kemendiknas mencanangkan, salah satunya adalah model Pendidikan karakter untuk meningkatkan karakter dan budi pekerti warga bangsa. Ini bukan berarti sebelunya tidak ada pendidikan karakter namun pemerintah lebih menekankan pendidikan karakter secara tersiste.  Langkah awal pemerintah dimulai dari lembaga sekolah maupun madrasah dengan menyisipkan nilai karakter bangsa ke dalam persiapan dan proses pembelajaran. Guru dalam hal ini menjadi kunci atas keberhasilan penerapan pendidikan karakter ini sebab gurulah yang secaralangsung berhadapan dengan peserta didik. Guru dalam hal ini dituntut untuk menyiapkan perangkat pembelajaran dan kemudian melaksanakan pendidikan berkarakter di kelas. Namun, sementara ini kenyataannya guru masih belum siap secara utuh untuk melaksanakan pendidikan karakter ini.

References

Abdul Madjid, Pendidikan Karakter Perspektif Islam, (Bandung: Rosdakarya, 2011)
Doni Koesuma A, Pendidikan Karakter: Strategi mendidika anak di Zaman Global (Jakarta: Grasindo, 2010)
Fathul Muin, Pendidikan Karakter: Konstruksi Teoritik dan Praktik (Jogjakarta: Ar Ruzz, 2011)
Franz Magnis Suseno, Etika Dasar, (Jakarta: Pusat Filosof, 1987)
Husain Al Habsy, Kamus Al Kautsar, (Surabaya: Assegaf, tt)
Katresna72, “Grand Design Pendidikan Karakter” dalam Katresna72. Wordpress.com, 23 Oktober 2010, http://katresna72. Wordpress.com/2010/10/23/grand - design-pendidikan –karakter/.
M. Yatimi Abdullah, Studi Akhlak dalam Perspektif Al Qur’an, (Jakarta: Amzah, 2007)
Masnur Muslich, Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional, (Jakarta: Bumi Aksara, 2011)
Said Hamid Hasan dkk. “Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa” Bahan Pelatihan Penguatan Metode Pembelajaran Brdasarkan Nilai-nilai Bangsa, (Jakarta: Puskur Balitbang Kemendiknas, 2010)
Siti Irene Astuti D. “Pendekatan Holistikn dan Kontektual dalam mengatasi krisis karakter di Indonsia” dalam Cakrawala Pendidikan, (Yogyakarta: UNY, Mei 2010, th.XXIX,Edisi Khusu Dies Natalis UNY)
Suyanto, Refleksi dan reformasi pendidikan di IndonesiaMemasuki millennium Ketiga, (Yogyakarta: Adi Cita Karya Nusa, 2000)
Zubaedi, Desain Pendidikan Karakter Konsep dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan,( Jakarta: Kencana, 2011)
Published
2018-09-27
Section
Articles