Perspektif Islam tentang Pendidikan Karakter

  • Mainuddin Main STAI NW Samawa
Keywords: Islam, Pendidikan Karakter

Abstract

Pendidikan Islam merupakan sistem budaya yang berkembang dalam masyarakat yang mana memiliki peran sangat strategis dalam menumbuhkembangkan potensi, bakat, karakter, harkat dan martabat manusia. Undang-Undang No 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, terutama pada pasal 3, menyebutkan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Amanah undang-undang tersebut bermaksud tidak hanya membentuk insan Indonesia yang cerdas, namun juga religius, sehingga nantinya akan lahir generasi bangsa yang tumbuh kembang yang bernafaskan nilai-nilai agama. Dan amanah undang-undang tersebut tentu tidak akan lahir dengan sendirinya tanpa ada landasan pemikiran dari tokoh-tokoh pemikir pendidikan Islam terdahulu.

References

Abdullah, M. Yatimin, Studi Akhlak dalam Perspektif Al-Qur’an, Jakarta: Amzah, 2007.

Al-Abrasyi, M. Athiyah, Dasar-dasar Pendidikan Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 1990.

________, Beberapa Pemikiran Pendidikan Islam, Yogyakarta: Titian Ilahi Press, 1996.

Al-Attas, Muhammad Al-Naquib, Konsep Pendidikan dalam Islam, Bandung: Mizan, 1988.

Al-Munawar, Said Aqil Husain, Aktualisasi Nilai-nilai Qur’ani dalam Sistem Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputan Press, 2003.

________, Al-Qur’an: Membangun Tradisi Kesalehan Hakiki, Jakarta: Ciputat Press, 2002.

Amri, Sofan, et. all., Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran: Strategi Analisis dan Pengembangan Karakter Siswa dalam Proses Pembelajaran, Jakarta: Prestasi Pustakarya, 2011.

Azizy, A. Qodri A., Pendidikan (Agama) untuk Membangun Etika Sosial: Mendidik Anak Sukses Masa Depan: Pandai dan Bermanfaat, Semarang: Aneka Ilmu, 2003.

Azzet, Akhmad Muhaimin, Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia: Revitalisasi Pendidikan Karakter terhadap Keberhasilan Belajar dan Kemajuan Bangsa, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2011.

Darajat, Zakiyah, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1996.

Departemen Agama RI., Al-Qur’an dan Terjemahnya, Bandung: Diponegoro, 2010.

Hasan, Aminah Ahmad, Nazhariyyah Al-Tarbiyah fi Al-Qur’an wa Tathbiqatuha fi ‘Ahdi Rasul, Bandung: Ma’arif, t.t.

Kesuma, Dharma, et. all., Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.

Majid, Abdul & Andayani, Dian, Pendidikan Karakter Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.

Marimba, Ahmad D., Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Ma’arif, 1989.

Muhaimin & Mujib, Abdul, Pemikiran Pendidikan Islam: Kajian Filosofis dan Kerangka Dasar Operasionalnya, Bandung: Trigen Karya, 1993.

Muhaimin, Pemikiran dan Aktualisasi Pengembangan Pendidikan Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011.

Mujib, Abdul & Mudzakkir, Jusuf, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana Prenda Media, 2006.

Mujib, Abdul, Fitrah dan Kepribadian: Sebuah Pendekatan Psikologis, Jakarta: Darul Falah, 1999.

________, Kepribadian dalam Psikologi Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006.

Munardji, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bina Ilmu, 2004.

Nasir, M. Ridlwan, Mencari Tipologi Format Pendidikan Ideal: Pondok Pesantren di Tengah Arus Perubahan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.
Nizar, Syamsul, Filsafat Pendidikan Islam: Pendekatan Historis dan Praktis,Jakarta: Ciputat Press, 2002.

Qolawun, Awy’ A., Rasulullah SAW.: Guru Kreatif, Inovatif, dan Sukses Mengajar: Teladani Cara-cara Inspiratif Rasulullah dalam Kegiatan Belajar Mengajar, Yogyakarta: DIVA Press, 2012.

Rini Muraini, “Pendidikan Pola Rasulullah”, dalam http://rininooraini.multiply.com/journal/item/185/pendidikan_pola_rasulullah?&show_interstitial=1&u=%2Fjournal%2Fitem, diakses tanggal 03 Juni 2012.

Shihab, M. Quraish, Al-Lubab: Makna, Tujuan, dan Pelajaran dari Al-fatihah dan Juz-‘Amma, Jakarta: Lentera Hati, 2008.

________, Membumikan Al-Qur’an: Fungsi dan Peranan Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat, Bandung: Mizan, 2009.

________, Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-Qur’an, Jakarta: Lentera Hati, vol. 07, 2002.

________, Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-Qur’an, Jakarta: Lentera Hati, vol. 11, 2002.

________, Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-Qur’an, Jakarta: Lentera Hati, vol. 15, 2002.

Shofan, Moh., Pendidikan Berparadigma Profetik: Upaya Konstruktif Membongkar Dikotomi Sistem Pendidikan Islam, Yogyakarta: IRCiSoD, 2004.

Tafsir, Ahmad, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.

________, Pendidikan Budi Pekerti, Bandung: Maestro, 2009.

Tobroni, “Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam” dalam http://tobroni.staff.umm.ac.id/2010/01/20/pendidikan-karakter-dalam-perspektif-islam-pendahuluan/

________, Pendidikan Islam: Paradigma Teologis, Filosofis, dan Spiritual, Malang: UMM Press, 2008.

Undang-undang Republik Indonesia no. 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bandung: Citra Umbara, 2003.

Winkel, W. S., Psikologi Pengajaran, Jakarta: Grasindo, 1996.

Zulkarnain, Transformasi Nilai-nilai Pendidikan Islam: Manajemen Berorientasi Link and Match, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008.
Published
2020-03-11
Section
Articles