Relevansi Hadits sebagai Landasan Pemberian Scaffolding dalam Pembelajaran

  • Fathurrahman Tidak ada Fathurrahman UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Abstract

Proses belajar mengajar atau yang lebih dikenal dengan pembelajaran dalam dunia pendidikan tidak luput dari problematika yang selalu menghantuinya. Di samping problematika lingkungan dan sarana prasana yang kurang mendukung, ternyata problematika dengan guru cukup krusial dan fundamental dalam proses pembelajaran di dalam kelas. sebagai pendidik guru dituntut untuk menguasai motede atau tehnik belajar yang memfasilitasi para siswanya, dan  teknik scaffolding merupakan salah satu alternatif dalam menjalankan roda pembelajaran di dalam kelas. Guru dituntut unuk memberikan pembelaran didalam kelas dengan cara yang mudah dan mendatangkan kegembiranan pada peserta didik. Pembelajaran yang mudah dan menggembirakan tersebut tertanam dalam hadis-hadis Nabi Muhammad Saw dan memiliki korelasi dengan teknik scaffolding yang diperkenalkan oleh Vygotsky. Tulisan ini memuat tentang urgensi hadis-hadis Nabi Muhammad Saw yang dijadikan sebagai landasan dalam penerapan scaffolding dan implementasinya dalam pembelajaran dan integrasi-interkoneksi hadis-hadis Nabi Muhammad Saw dengan scaffolding dan implementasinya dalam pendidikan dan pembelajaran.

References

Abdullah, Amin. (2006), Islamic Studies di Perguuan Tinggi: Pendekatan Integratif-Interkonektif, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Al-Adawi, Mustafa ter. Beni Serbani. (2012), Anakku Sudah Tepatkah Pendidikannya, Bogor: Pustaka Ibnu Katsir.
Alam, Lukis. (2019), Sekolah Islam Elite, Integrasi Kurikulum dan Aspirasi Kelas Menengah Muslim di Daerah Istimewa Yogyakarta, Disertasi, UIN Sunan Kalijaga.
Badan Pusat Statistik, E-Book Potret Pendidikan Indonesia Tahun 2018. Diakses pada tanggal 03 November, 2019.
Baqi, Abdul, Fuad, Muhammad. (2010), Shahih Bukhari Jilid 5 Hadith Ke 6125 Tentang Mudahkanlah Jangan Mempersulit, Jakarta: Pustaka Sunnah.
Bisri, Mustofa,. (2017), Analisis Hadis Tentang Proses Pembelajaran Yang Mudah Dan Menyenangkan. Jurnal Pigur, 02(01), 175-193.
Damayanti, Wahyu, Nia. (2013), Praktik Pemberian Scaffolding Oleh Mahasiswa Pendidikan Matematika Pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar (Sbm) Matematika, Jurnal Likhitaprajna,18(1),85-95.
Dewi, Subhi, Kusuma “Dialektika Integrasi Antara Osikologi Dan Islam Di Indonesia: Peluang Bagi Metode Eksperiensia,” Jurnal Psikologi Integratif 1, no. 1 (2013): 135–41.
Gawami’ Al-Kalim. Kitab Shahih Bukhari, No Hadist 68.
Google Docs. “UU_no_20_th_2003 Tentang SPN.Pdf.” Accessed October 28, 2019. https://drive.google.com/file/d/14rj65yvlU8reSd8m2Po3gZVfstD_cg1X/view?usp=sharing&usp=embed_facebook.
Hadi, Imam Anas. “Peran Penting Psikologi dalam Pendidikan Islam.” Nadwa 11, no. 2 (November 17, 2017): 251–168. https://doi.org/10.21580/nw.2017.11.2.1304.
Hamruni. (2008), Konsep Edutanment dalam Pendidikan Islam, Yogyakarta: Bidang Akademik.
Hapsari. Astir (2015), Pengembangan Kerangka Kerja Sosiokultural untuk Membangun Karakter Islami di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, jurnal UNISIA, 37 (82), 10-17.
https://ghulamista.blogspot.com/2015/02/hadits-tarbawi-pendidik-mengutamakan.html, diakses pada, 2019-10-28, jam 09:45 WIB.
Imran, Ali. (2019), Metodologi Penelitian Hadist Nabi dengan Software Gawami’ Al-Kalim V.4.5, Yogyakarta: Q-Media,
Islam_Download Net, E-Book Biografi Ahlul Hadist, ‎Friday, ‎June ‎05, ‎2015, ‏‎5:27:30 PM
Jamaris, Martini. (2013), Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan, Bogor: Ghalia Indonesia.
Lubis, Ali Musa. “Proses Pendidikan Dalam Hadist,” Jurnal An-Nahdhah 9, no. 1 (2015): 1–14.
Majid, Abdul. (2012), Belajar dan Pembelajaran, Bandung: PT Rosda Karya.
Mujib, Abdul. (2012), “Konsep Pendidikan Karakter Berbasis Psikologi Islam”, Prosiding Seminar Nasional Psikologi Islam, hlm. 1-10.
Munarti , Sari. (2013) Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Amzah.
Nata, Abudin. (2012), Manajemen Pendidikan Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Kencana.
Ormrod, Ellis, Jeanne. (2008), Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tmbuh dan Berkembang Edisi Keenam, Jakarta: Penerbit Erlangga.
Purnama, Wawan Mulyadi. “Metode, Prinsip-Prinsip, Tujuan Dan Fungsi Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Perubahan Zaman.” Al-Munawwarah : Jurnal Pendidikan Islam 10, no. 1 (October 6, 2018): 1–11.
Ratnawati, Mamin. (2013), Penerapan Metode Pembelajaran Scaffolding Pada Pokok Bahasan Sistem Periodik Unsur.” Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia, 9(2) 55–60. https://doi.org/10.35580/chemica.v9i2.420.
Rahmatullah, Azam Syukur. “Konsepsi Pendidikan Kasih Sayang Dan Kontribusinya Terhadap Bangunan Psikologi Pendidikan Islam.” LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan) 5, no. 1 (January 11, 2017): 29–52. https://doi.org/10.21927/literasi.2014.5(1).29-52.
Santrock, W. Jhon. (2009), Psikologi Pendidikan, Jakarta: Salemba Humanika.
Sopiatin, Popi & Sohari Sahrani. (2011), Psikologi Belajar dalam Perspektif Islam,Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Thalib, Bachri, Syamsul. (2010), Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif, Jakarta: Kencana.
Utami, Purnamika, Lokita I.G.A.. (2016), Teori Konstruktivisme dan Teori Sosiokultural: Aplikasi dalam Pengajaran Bahasa Inggris, jurnal PRASI, 11(01), 4-11.
Walad, Muzakkir. “Potret Lembaga Pendidikan Islam Perspektif Budaya.” Al-Munawwarah : Jurnal Pendidikan Islam 11, no. 1 (November 2, 2019): 81–95. https://doi.org/10.35964/al-munawwarah.v11i1.3673.
Published
2020-04-09
Section
Articles