Kompetensi Guru Menurut UU RI Nomor: 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen

  • Mainuddin Mainuddin STAI NW Samawa
Keywords: Kompetensi Guru, UU RI Nomor: 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen

Abstract

Abstrak: Guru merupakan komponen yang paling menentukan dalam sistem pendidikan secara keseluruhan yang harus mendapatkan perhatian sentral, pertama dan utama. Figur yang satu ini akan menjadi sorotan strategis ketika berbicara masalah pendidikan, karena guru selalu terkait dengan komponen manapun dalam sistem pendidikan. Kompetensi guru menurut konsep UU RI Nomor: 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen bahwa pendidik profesional adalah guru yang memiliki seperangkat kompetensi (pengetahuan, keterampilan dan perilaku). Penjabaran kompetensi yang dimaksud adalah kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional dan kompetensi sosial yang diperoleh melalui pendidikan profesi.Kompetensi Guru, UU RI Nomor: 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen

References

Daradjat, Zakiah, Pendidikan Islam Dalam Keluarga dan Sekolah, 1995. Jakarta: Ruhama.
Djamarah, Bahri, Syaiful, Prestasi Belajar, 1994. Surabaya: Usaha Nasional.
_____________, Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif, 2005. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar, Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, 2006. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Jamal Ma, Ma,mur Asmuni, 7 Kompetensi Guru Meyenangkan dan Profesional, 2009 Yogyakarta: Power Book.
Kamus Besar Indonesia, 1999. Depdikbud, Jakarta.
Kunandar, Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru, 2007. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Muliyasa, E, Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, 2009. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
_________, Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, 2009. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
_________, Kurikulum Berbasis Kompetensi, 2002. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
N.K, Roestiyah , Maslah-maslah Ilmu Keguruan, 1982. Jakarta: PT. Bina Aksara.
Rogib, Moh. dan Nurfuadi, Kepribadian Guru, Upaya Mengembangkan Kepribadian Guru yang Sehat di Masa Depan, 2009. Yogyakarta: Grafindo Litera Media bekerja sama dengan STAIN Purwokerto.
Sahertian, Piet, A dan Ida Leida Sahertian, Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Program Inservice Education, 1990. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Samana, A, Profesionalisme Keguruan, 1994. Yogyakarta: Kanisius.
Suarno, Wiji, Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, 2008. Yogyakarta: Ruzz Media.
Sudjana, Nana Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, 1989. Bandung: Sinar Baru Algesindo Offset.
Susilo, Eko, Madya, Dasar-dasar Pendidikan, 1998. Semarang: Efthar Offset.
Syah, Muhibbin, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, 2003. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Trianto dan Tutik, Triwulan, Titik, Sertifikasi Guru dan Upaya Peningkatan Kualifikasi, Kompetensi dan Kesejahtraan, 2007. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun.2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, 2006. Bandung: Citra Umbara.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan dosen, 2006. Bandung: Citra Umbara.
____________, 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen, 200. Bandung: Citra Umbara.
____________, 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen, 200. Bandung: Citra Umbara.
____________, 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen, 2006. Bandung: Citra Umbara.
____________, 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen, 2006. Bandung: Citra Umbara.
____________, 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen, 2006. Bandung: Citra Umbara.
Usman, Uzer, Moh, Menjadi Guru Profesional, 2006. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Yamin, Martinis, Profesionalisasi Guru dan Implementasi KTSP, 2008. Jakarta: Gaung Persada Press.
Published
2021-10-02
Section
Articles