Proses Internalisasi Ilmu Pengetahuan Dan Nilai-Nilai (Values) Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Karakter dan Revolusi Mental

  • Muhammad Junaidi Jun 082359067549

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses internalisasi ilmu pengetahuan dan nilai-nilai pendidikan Agama Islam, pendidikan karakter dan revolusi mental. Dalam tulisan ini termuat bagaimana proses dari internalisasi ilmu pengetahuan dan nilai-nilai pendidikan agama Islam, Dalam proses internalisasi ada tiga tahap yang mewakili proses atau tahap terjadinya internalisasi yaitu tahap transformasi nilai, tahap transaksi nilai, dan juga dipadukan dengan konsep teori Taksonomi Bloom yaitu, 1) Mengingat (Remembering) 2) Memahami (Understanding) 3) Menerapkan (Applying) 4) Menganalisis (analysis) 5) Mengevaluasi (evaluating) 6) Menyusun kreativitas (Creating). Implementasi nilai-nilai pendidikan Agama Islam sudah dipaparkan dengan luas, baik nilai pendidikan aqidah, nilai pendidikan ibadah, maupun nilai pendidikan akhlak yang urusannya dengan moralitas, dari sanalah pendidikan karakter dan revolusi mental peserta didik terbentuk.

References

Chabib Thoha, Kapita Selekta Pendidikan Islam, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2006), hlm. 87
Kementrian Agama Republik Indonesia, “Kesan Rohis sebagai Organisasi Tertutup Harus Dihilangkan”, http://pendidikanislam.id/, diakses 1 Mei 2020
Muhaimin, Perkembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah dan Perguruan Tinggi, (Jakarta: PT.Raja Grafindo, 2009), hlm. 59.
Muhaimin, Srategi Belajar Mengajar. (Surabaya: Citra Media, 2006), hlm. 153
Mulyadi Seto, dkk. Psikologi Pendidikan dengan pendekatan Teori-Teori Baru dalam Psikologi. Depok: PT RajaGrafindo Perasada. 2018
Rohmawati’ Badi Ulva. Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Melalui Pembelajaran Sains. Volume 9, No 1, 2017
Zulkarnain, Transformasi Nilai-nilai Pendidikan Islam Manajemen Berorientasi Link and Match, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008), hlm. 64.
Published
2021-11-27
Section
Articles