Implementasi Pembelajaran Diferensiasi di Madrasah Ibtidaiyah Raudatut Taufiq

  • Anwar Anwar Institut Agama Islam Negeri Pontianak
  • Erwin Mahrus Institut Agama Islam Negeri Pontianak
  • Sukino Sukino Institut Agama Islam Negeri Pontianak

Abstract

Diferensiasi pembelajaran merupakan program lama di dunia pendidikan di indonesia namun penerapanya masih sangat baru sehingga masih sedikit sekolah yang menerapkannya. Madrasah Ibtidaiyah Raudhatut Taufiq Jl. Parit Jaya Sui Raya Kubu Raya yang sudah dalam satu tahun ini sudah menjalan sistem pembelajaran berdiferensiasi. Akan tetapi dalam implementasinya, masih ditemukan beberapa  problem. Penelitian ini peneliti bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran berdiferensiasi pada guru kelas di kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah Raudhatut Taufiq Jl.Parit Jaya Sui Raya Kubu Raya dan apa saja factor yang menjadi penghambat dalam penerapnya. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif.  Data dikumpulkan melalui teknik obsevasi,  wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian ini, diperoleh hasil bahwa langkah-langkah dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi di Madrasah Ibtidaiyah Raudhatut Taufiq ditempuh melalui pemetaan, perencanaan, dan evaluasi. Peran kepala Madrasah Ibtidaiyah Raudhatut Taufiq juga sudah cukup baik yang ditandai dengan kerjasama dengan para orang tua, komite, dan Kementerian Agama, dukungan sumber belajar, dan penyediaan sarana dan prasarana. Hal utama yang menjadi penghambat pembelajaran berdiferensiasi di Madarsah Ibtidaiyah Raudhatut Taufiq ialah kemampuan guru yang masih minim dalam memahami pembelajaran berdiferensiasi mengingat mereka masih kurang pengalaman.

References

Afrizal, Afrizal. Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif Dalam Berbagai Disiplin Ilmu. 3rd ed. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2016.
Arikunto, Suharsimi. Manajemen Penelitian: Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2007.
Budiman, Jumardi, Muhammad Irfan, and Tira Maya Maisesa Malino. “IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK (PSP) TAHUN 2021 DI SDN 23 MENYUMBUNG KABUPATEN SINTANG, KALIMANTAN BARAT.” JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar 8, no. 2 (October 4, 2022): 87–104. https://doi.org/10.31932/jpdp.v8i2.1581.
Faiz, Aiman, Anis Pratama, and Imas Kurniawaty. “Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Program Guru Penggerak Pada Modul 2.1.” Jurnal Basicedu 6, no. 2 (March 1, 2022): 2846–53. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2504.
Herwina, Wiwin. “OPTIMALISASI KEBUTUHAN MURID DAN HASIL BELAJAR DENGAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI.” Perspektif Ilmu Pendidikan 35, no. 2 (November 4, 2021): 175–82. https://doi.org/10.21009/PIP.352.10.
Pemerintah Pusat. UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional [JDIH BPK RI], Pub. L. No. 20 (2003). https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003.
Rahmah, Alfi Maulia. “Manajemen Kepala Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Sekolah Di SMP Plus Ma’arif NU Pangandaran.” SOSIOSAINTIKA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial 1, no. 1 (March 6, 2023): 14–22.
Sarie, Fitria Novita. “Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Model Problem Based Learning Pada Siswa Sekolah Dasar Kelas VI.” Tunas Nusantara 4, no. 2 (December 23, 2022): 492–98. https://doi.org/10.34001/jtn.v4i2.3782.
Sarwadi. “PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MATERI HARMONI KEBERAGAMAN MASYARAKAT INDONESIA MELALUI METODE PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT DI KELAS IXA SMP NEGERI 1 BATU AMPAR TAHUN PELAJARAN 2021/2022.” Jurnal Alwatzikhoebillah : Kajian Islam, Pendidikan, Ekonomi, Humaniora 9, no. 1 (February 5, 2023): 197–209. https://doi.org/10.37567/alwatzikhoebillah.v9i1.1682.
Siti Maryam, Atik. Strategi Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi. Jakarta: Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi., 2021.
Sugiyono, Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2012.
Sukendra, I. Komang. “PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN DIFERENSIASI PROGRESIF BERBANTUAN LKS DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS X SMA N 7 DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2014/2015.” Widyadari 18, no. 22 (October 2017): 100–113.
Wahyuni, Ayu Sri. “Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran IPA.” JURNAL PENDIDIKAN MIPA 12, no. 2 (June 7, 2022): 118–26. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.562.
Yeni, Ety Mukhlesi. “KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR.” Jurnal Pendidikan Dasar (JUPENDAS) 2, no. 2 (2015). http://jfkip.umuslim.ac.id/index.php/jupendas/article/view/231.
Published
2023-06-03
Section
Articles