Implementasi Media Pembelajaran oleh Guru PAI dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SDN 2 Wakan Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur

  • Ami Pratama Universitas Nahdlatul Wathan Mataram
  • Irwan UNW Mataram
  • Jumu'ah
Keywords: Media Pembelajaran, Minat Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya pedidikan bagi setiap individu yang mana dalam proses pedidikan ada istilah pembelajaran yang di lakukan oleh guru yang berperan sebagai pasilitator dan murid sebagai pelajar dan dalam proses belajar ada media yang berpungsi untuk menarik minat belajar siswa, terutama pada pendidikan agama islam, dengan alasan tersebut dapat mendorong guru PAI untuk harus mampu menganalisis siswanya, dengan tujuan dapat meningkatkan minat belajar mereka di mata pelajaran PAI.Tujuan peneliti yaitu Untuk mengetahui implementasi Media Pembelajaran Oleh Guru PAI Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SDN 2 Wakan, dan untuk mengetahui kendala-kendala implementasi Media Pembelajaran Oleh Guru PAI Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SDN 2 Wakan. Teknik pengumpulam data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1).Terdapat berbagai macam bentuk pengimlementasian media pembelajaran, mulai dari pembelajaran berbasis cetakan, berbasis visual, dan juga pembelajaran dengan komputer. (2).Terdapat beberapa kendala implementasian media pembelajaran  dalam wawancara dengan seperti masalah media yang monoton di karnakan berputar pada tiga media itu saja, kelengakapan siswa yang disebabkan wilayah yang masih pelosok.

References

Albi Anggito dan Johan Setiawan. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif, Jawa Barat: CV Jejak.
Azhar Arsyad.(1996).Media Pembelajran,Jakarta: PT Raja Gravindo Persada.
Bugin Burhan. (2007). Penelitian Kualitatif, Jakarta : Kencana Prenada Media
Ega Destia Nurama. ( 2012). Efektivitas Penggunaan Game Pembelajaran dengan Konsep RPG (Role Playing Game) untuk mengingkatkan Hasil Belajar Siswa, Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Gie Liang. ( 1985).Cara Belajar Yang Efisien, Yokyakarta : Pusat Kemajuan Studi
Hamalik Omar. (1977). Media Pendidikan, Bandung : Citra Aditya.
Helosh Matt.(2015). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Motipasi Belajar Siswa Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas X MM di SMKN 1O Malang ,(Proposal,Universitas Muhammadaiyah Malang.
Mahdalena. ( 2016). Pengaruh Penerapan Penggunaan Media Berbasis Cetakan Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ips Terpadu Pada Materi Lingkungan Hidup Dan Pelestariannya Di Kelas Viii Smp Negeri 1 Mentebah Kabupaten Kapuas Hulu. Diss. Ikip Pgri Pontianak.
Mumtahanah, Nurotun. ( 2014).Penggunaan Media Visual dalam Pembelajaran PAI." Jurnal Studi Keislaman 4.1.
Nila Budiana dan Putri Kumala Dewi. (20018). Media Pembelajaran Bahasa , Malang,UB Press.
Rosyid, Moh Zaiful, Halimatus Sa’diyah, and Nanda. (2021). Septiana. Ragam media pembelajaran. CV Literasi Nusantara Abadi.
Shalahuddin Mahfud. ( 1986). Media Pendidikan Agama. Bandung : Bina Islam.
Sadiman Arief (dkk). ( 1996) .Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.
Usman, Basyiruddin , Asnawir. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta:Ciputat Pers.
Published
2023-09-20
Section
Articles