PLURALISME AGAMA DALAM PENDIDIKAN ISLAM Internalisasi dan Karakterisasi Islam Rahmatan Lilamin

  • Lestari Lestari STIT Darussalimin NW Praya Loteng

Abstract

Pendidikan Islam dengan berbagai disiplin keilmuan di dalamnya harus mampu melahirkan individu yang ideal, yakni mewujudkan konsep khalifah sebagai manusia ideal dalam Islam dan Islam rahmatan lilalamin yang ditunjukkan oleh nabi Muhammad. Dalam artian bahwa manusia ideal tersebut harus mampu melakukan transformasi dan sivilisasi ke pada semua manusia di lingkungan tempat tinggalnya. Manusia ideal yang demikianlah yang mampu menghargai pluralitas dalam beragama. Dengan demikian pendidikan Islam harus menanamkan sikap inklusif, demokratis dan toleran pada semua warna kehidupan. Dalam al-Qur’an perbedaan agama merupakan sunnatullah yang mutlak, sehingga al-Qur’an juga menekankan mengenai mekanisme terkait bagaimana ummat Islam menghargai perbedaan tersebut, sebab yang utama di dalamnya adalah stabilitas dan harmoni bagi semua manusia.

References

Al-Shawi, Ahmad, Syaikh, al-Maliky, Hasyiah Al-‘Allamah Al-Shawy ‘Ala Tafsir Al-Jalaluddin, Surabaya: Dar Ihya Al-Kutub Al-Arabiyah, tt.

Al-Ibrasyi, Atiyah, Muhammad, 1991. Dasar-Dasar Pendidikan Islam. Ter. Tasirun Sulaiman, Ponorogo: PSIA.

An-Nahlawi, Abdurrahman, 1989. Prinsip-Prinsip dan Metode Pendidikan Islam. Penerjemah.

Anshari, Saefuddin, Endang, 1976. Pokok-pokok Pikiran Tentang Islam, Jakarta: Usaha.

Darmawan, Andy,. dkk, 2005. Pengantar Studi Islam, Yogyakarta: Pokja Akademik UIN Sunan Kalijaga.

Daulay, Putra, Haidar, 2007. Sejarah Pertumbuhan dan Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, cet. I.

Depag, Al-Qur’an dan Terjemahannya, 2005. Bandung: J-Art.

Ghanoushi, Rasyid, Syeikh, 2007. Pluralisme dan Monoteisme dalam Islam, dalam Mansoor al-Jamri (ed.), “Islamisme, Pluralisme dan Civil Societyâ€, Yogyakarta: Tiara Wacana.

Heru, Nugroho, 1998. Atas Nama Agama, Bandung: Pustaka Hidayah, Cet. I.

H. Hart, Michael, The 100, a Ranking of The Most Influential Persons in History.

Ka'bah, Riyal, 2005. Nilai-Nilai Pluralisme dalam Islam, Bingkai Gagasan yang Berserak, dalam Suruin (ed.), Bandung: Nuansa.

Langgulung, Hasan, 1980. Beberapa Pemikiran Tentang Pendidikan Islam, Bandung: Al-Ma’rifah.

Madjid, Nurcholis, dalam Nugroho, Heru, 2004. Menumbuhkan Ide-ide Kritis, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mapangganro, Sistem dan Metode Pendidikan Islam dalam Upaya meningkatkan Kualitas Bangsa Indonesia menyongsong Era Industrialisasi, makalah yang disampaikan dalam seminar IKA tanggal 26 Agustus 1995.

Marimba, Ahmad. D., 1980. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Al-Ma’rifah.

Marsen, Martin H, Marsen, 1999. Oxford Leaner’s Pokcet Dictionary, Oxford University. Second Edition.

Muhammad, Hasanain, Syaikh, Makhluk, 1994. Shafwatul Bayan Li Ma’anil Qur’an, Cairo: Darul Basya’ir.

Shihab, Alwi, 1997. Islam Inklusif, Bandung: Mizan.

Wadud, Abdul, Yusuf, Tafsir al-Mu’minin, Beirut: Dar al-Fikr, tt.

Wan, Nor, Mohd, Wan,2003. Filsafat dan Praktek Pendidikan Islam Syed M. Naquib Al-Attas, terj. Hamid Fahmy, M. Arifin Ismail dan Iskandar Amel, Bnadung: Mizan, cet. I.

Published
2017-03-14
How to Cite
Lestari, L. (2017). PLURALISME AGAMA DALAM PENDIDIKAN ISLAM Internalisasi dan Karakterisasi Islam Rahmatan Lilamin. Jurnal Al-Muta`aliyah : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 107-125. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/mutaaliyah/article/view/2880

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.