SINTESA PERGURUAN TINGGI DAN PESANTREN: Upaya Mencari Pendidikan Alternatif Masa Depan

  • Nur Latifah STID Islahudiny

Abstract

Sintesa perguruan tinggi dan pesantren merupakan dua sisi pendidikan yang mempunyai banyak perbedaan. Perguruan Tinggi identik dengan kemodernan dan pesantren identik dengan ketradisionalan.Perguruan lebih menekankan pendekatan-pendekatan yang bersifat liberal, sedangkan pesantren lebih menekankan sikap konservatif . Persepsi dualisme dikotomik diatas sepertinya kurang tepat, karena pada kenyataannya banyak juga pesantren yang melakukan perubahan baik secara struktural maupun kultural, munculnya banyak pesantren dengan klaim modern.Dalam perkembangan terakhir, muncul suatu pemikiran tentang integrasi antara perguruan tinggi dan pesantren.konvergensi antara pendidikan pesantren dan perguruan tinggi dalam bentuk pesantren memasukkan perguruan tinggi atau perguruan tinggi memasukkan pesantren akan dapat menjadi solusi untuk memecahkan berbagai masalah yang dihadapi oleh dunia pendidikan saat ini

References

Billah, "Pikiran Awal Pengembangan Pesantren", dalam M. Dawam Rahardjo (ed.), Pergulatan Dunia Pesantren, Membangun dari Bawah (Jakarta: P3M, 1985).

David C. Korten, Getting to Twenty First Century: Voluntary Action and Global Agenda (Inc., USA: Kumarian Press, 1990).

Fatah, H Rohadi Abdul, Taufik, M Tata, Bisri, Abdul Mukti. Rekontruksi Pesantren Masa Depan, (Jakarta Utara: PT. Listafariska Putra, 2005)

Hielmy, Irfan. Wancana Islam (ciamis:Pusat Informasi Pesantren,2000)

http://ulas-buku.blogspot.com/2010/08/meluruskan-persoalan-mendasar-pesantren.html

Mahdi Ghulsyani, The Holy Quran and The Science of Nature (Teheran Islamic Propagation Organitation, 1986).

Martin van Bruinessen, Kitab Kuning, Pesantren dan Tarekat: Tradisi-Tradisi Islam di Indonesia (Bandung: Mizan, 1995).

Mastuki, El-sha, M. Ishom. Intelektualisme Pesantren, (Jakarta: Diva Pustaka, 2006)

Nurcholish Madjid, "Merumuskan Kembali Tujuan Pendidikan Pesantren", dalam M. Dawam Rahardjo (ed.), Pergulatan Dunia Pesantren, Membangun dari Bawah (Jakarta: P3M, 1985).

PP. No. 60 tahun 1999 tentang tujuan pendidikan tinggi, pasal 2

UU No. 22 tahun 1961 tentang Perguruan Tinggi, pasal 22

UU No. 22 tahun 1961 tentang Perguruan Tinggi, pasal 24

Published
2017-03-14
How to Cite
Latifah, N. (2017). SINTESA PERGURUAN TINGGI DAN PESANTREN: Upaya Mencari Pendidikan Alternatif Masa Depan. Jurnal Al-Muta`aliyah : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 126-139. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/mutaaliyah/article/view/2881

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.