PENDIDIKAN MULTIKULTURAL ( Problema Dan Solusinya ) DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN DAN HADITS

  • Sirajun Nasihin STIT Palapa

Abstract

Pendidikan Multikultural adalah pendidikan yang dilaksanakan berdasar pada kebutuhan masyarakat, dengan kata lain pendidikan dari, oleh, dan untuk masyarakat yang diselenggarakan dengan tanggung jawab yang terpusat pada integrasi dan interkoneksi kepentingan antara keluarga, masyarakat, dan pemerintah. Tulisan ini menghadirkan problem dan solusi pendidikan multikultural dalam perspektif al-Qur’an dan Hadits. Karena sesungguhnya pendidikan semacam ini telah terdapat prinsipnya dalam kedua sumber ajaran Islam ini. Metode pengkajiannya menggunakan metode kajian pustaka dengan menelaah pesan-pesan yang terdapat dalam al-Qur’an dan Hadits nabi serta beberapa referensi lain yang mendukung. kesimpulannya adalah bahwa pendidikan multikultural ini dalam pandangan al-Qur’an dan Hadits merupakan strategi pendidikan yang paling sesuai dengan konteks pluralitas kebangsaan Indonesia yang mengakui keberadaan agama, suku, bahasa, ras, dan sebagainya. Problem yang dihadapi dalam penerapannya lebih dominan merupakan refleksi dari keraguan ummat Islam, tetapi sesungguhnya dengan mengacu pada ajaran-ajaran Islam semuanya telah terjawab.

References

Al-Qur’an Al-Karim

Abdul Baqi, Muhammad Fu’ad, Al-Mu’jam Al-Mufahras Li Alfazi Al-Qur’an Al-Karim, CV. Diponegoro, Bandung, 1945.

Al-Jailani, Syeikh Abdul Qadir, Sirru Al-Asrar Wa Mazhar Al-Nawar Fiima Yahtaaju Ilaihi Al-Abrar, Daar Al-Sanaabil, Damaskus, 1991

Beik, Sayyid Ahmad Al-hasyimy, Mukhtar Al-Ahadits Al-Nabawiyyah, Daar Ihya Al-kutub Al-‘Arabiyyah, Indonesia, 1948.

Daradjat, Zakiah, Dr., dkk, Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, cetakan ke-4, Bumi Aksara kerjasama dengan Dirjen Binbagais Depag RI, Jakarta, 2008.

Falahuddin, makalah : Epistemologi Ilmu-Ilmu Keislaman Dalam Perspektif Al-jabiri, telah dipresentasikan di hadapan Prof. Dr. H. Amin Abdullah, MA pada perkuliahan Pascasarjana Prodi Doktor (S3) PAI IAIN Mataram, 2017.

Ibnu Isma’il, Syeikh Ibrahim, Ta’lim Al-Muta’allim, Maktabah Al-Hidayah, Surabaya, tanpa tahun.

Munawwir, Ahmad Warson, Al-Munawwir : Kamus Arab-Indonesia, Ponpes Al-Munawwir, Krapyak-Yogyakarta, 1984.

Nasihin, Sirajun, makalah : Memahami Metode Berfikir Muslim Progresif, telah dipresentasikan di hadapan Prof. Dr. H. Amin Abdullah, MA pada perkuliahan Pascasarjana Prodi Doktor (S3) PAI IAIN Mataram, 2017.

Nata, H. Abuddin, Dr., Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan (Tafsir Al-Ayat Al-Tarbawy), PT. RajaGrafindo Persada, Jakarta, 2010.

Nugroho, Heru, Dr., Menumbuhkan Ide-Ide Kritis, cetakan II, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 2001

Pasiak, Taufiq, Revolusi IQ/EQ/SQ : Menyingkap Rahasia Kecerdasan Berdasarkan Al-Qur’an Dan Neurosains Mutakhir, Mizan, Bandung, 2008.

Subhani, Ja’far, Prof.,Tadarus Akhlak : Etika Qur’ani Dalam Surah Al-Hujurat, Penerbit Citra, Bandung, 2013

Suparta, H. Mundzier, Dr.,Islamic Multicultural Education : Sebuah Refleksi atas Pendidikan Agama Islam di Indonesia, cetakan I, Al-Ghazali Center, Jakarta, 2008.

Published
2017-03-14
How to Cite
Nasihin, S. (2017). PENDIDIKAN MULTIKULTURAL ( Problema Dan Solusinya ) DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN DAN HADITS. Jurnal Al-Muta`aliyah : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 162-177. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/mutaaliyah/article/view/2883

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.