Nilai pendidikan karakter dalam wasiat renungan masa TGKH. M. Zainuddin Abd. Madjid

  • Khairul Hapizin
Keywords: TG.M. Zainuddin Abdul Majid, Wasiat renungan Masa, Nilai karakter

Abstract

Indonesia mengalami ketidakstabilan dalam berbagai aspek kehidupan, kesenjangan sosial terjadi di mana-mana di bidang pemerintahan terjadi  korupsi, kolusi, nepotisme. Kriminalisasi sosial, seperti pembegalan, pembunuhan, penyalahgunaan barang terlarang. Kemudian yang terjadi kesenjangan di kalangan muda, yaitu pergaulan bebas, westernisasi, perkelahian antar kelompok, aborsi, trek-trekkan, pesta narkoba. Melihat kejadian ketidaksesuaian kehidupan sosial masyarakat diperlukan pembenahan moral dan kekuatan keagamaan religiusitas, dalam hal ini dibutuhkan pendidikan karakter sebagai obat kegaduhan kehidupan masyarakat. Adapun fokus penelitian ini adalah: 1. Apa saja nilai pendidikan karakter dalam wasiat? 2. Bagaimana relevansi nilai pendidikan karakter dalam Wasiat Renungan Masa dengan al-Qur’Än? Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif dengan kajian pustaka (library research). Sumber data primer bersumber dari buku Wasiat Renungan Masa Pengalaman Baru karya Tuan Guru Kyai Haji Muhammad Zainuddin Abdul Madjid, dan sumber sekunder berasal dari publikasi ilmiah berupa buku-buku, jurnal, artikel, dan hasil penelitian lain yang berkaitan dengan pemikiran Tuan Guru Kyai Haji Muhammad Zainuddin Abdul Madjid. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tahap-tahap dokumentasi dan mengidentifikasi karya-karya Tuan Guru Kyai Haji Muhammad Zainuddin Abdul Madjid dan mengklarifikasi nilai-nilai karakter yang terdapat dalam buku Wasiat Renungan Masa. Untuk teknik analisis data menggunakan historis kebahasaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai pendidikan karakter dalam Wasiat Renungan Masa. Hal ini dapat dilihat dari jumlah nilai karakter sebagai berikut: nilai religius, nilai nasionalis, nilai ikhlas, nilai sabar, nilai pemberani, nilai persatuan, nilai kebaikan, nilai ketaatan, nilai istiqamah, nilai amanah, nilai kejujuran, nilai keadilan, nilai rasa ingin tahu, nilai berbakti, nilai toleransi, nilai tawakkal, nilai saling menasihati, nilai hormat, nilai sosial, nilai disiplin, nilai teladan, dan nilai kerja keras. Peneliti berharap, penelitian ini dapat dijadikan wawasan pemikiran, acuan, dan rujukan tentang nilai pendidikan karakter dan dapat menjadi kontribusi bagi diri sendiri, orang tua, pendidikan dan lembaga pendidikan

References

Al-Ghazali, Mutiara Ihya’ Ulumuddin, Terj. Irwan Kurniawan, Bandung: Pt. Muzan Pustaka, 2008.
As’ad, Aliy, Terjemahan Ta’limul Muta’allim; Bimbingan Bagi Penuntut Ilmu Pengetahuan, Kudus: Menara Kudus, 2007.
Anonim, Pengembangan Pendidikan Budaya Dan Karakter Bangsa, Jakarta: Kemendiknas Badan Penelitian Dan Pengembangan Pusat Kurikulum, 2010.
Amirudin, Yoyok, Konsep Pemikiran Abdurrahman Wahid Tentang Pendidikan Nilai Karakter, Tesis, Yogyakarta: Program Pascasarjana Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014.
Abdullah, Amin, Islamic Studies Di Perguruan Tinggi; Pendekatan Integratif-Interkonektif, Cet. Ke-3, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.
Adisusilo, Sutarjo, Pembelajaran Nilai Karakter; Konstruktivisme Dan Vct Sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif, Jakarta: Pt Grafindo Persada, 2012.
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Cet. Ke-12, Jakarta: Pt. Rineka Cipta, 2002.
Harapandi, Pembaharuan Islam Di Nusa Tenggara Barat; Studi Pemikiran Tgh Muhammad Zainuddin Abdul Madjid, Tesis, Jakarta: Program Pascasarjana Iain Syarif Hidayatullah Jakarta, 1990.
Hendri, Kak, Pendidikan Karakter Berbasis Dongeng, Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2013.
Hamid, Hamdani, Beni Ahmad Saebani, Pendidikan Karakter Berbasis Islam, Bandung: Pustaka Setia, 2013.
Husni, Munawir, Nahdlatul Wathan; Restorasi Islam Indonesia Timur, Yogyakarta: Binafsi Publisher, 2015.
Kementerian Agama Republik Indonesia, Mushaf Aminah, Al-Qur’an Dan Terjemahan, Jakarta: Insan Media Pustaka, 2006.
Kesuma, Dharma, Cepi Triatna, Johar Permana, Pendidikan Karakter; Kajian Teori Dan Praktek Di Sekolah, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.
Koesoema, Doni A, Pendidikan Karakter; Strategi Mendidik Anak Di Zaman Modern, Jakarta: Grasindo, 2007.
Majid, Abdul, Dian Andayani, Pendidikan Karakter Perspektif Islam, Cet, Ke-2, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.
Muhaimin, Dkk, Dimensi-Dimensi Studi Islam, Surabaya: Karya Abditama, 1993.
Masnun, Tuan Guru Kyai Haji Muhammad Zainuddin Abdul Madjid; Gagasan Dan Gerakan Pembaharuan Islam Di Nusa Tenggara Barat, Pustaka Al-Miqdad, 2007.
Noor, Muhammad, Muslihan Habib, Muhammad Harfin Zuhdi, Visi Kebangsaan Religius, Cet. Ke-3, Jakarta: Pondok Pesanteren Nahdlatul Wathan Jakarta Bekerjasama Dengan Lembaga Pencetakan Al-Qur’an, 2014.
Nata, Abuddin, Akhlak Tasauf Dan Karakter Mulia, Cet. Ke-13, Jakarta: Pt Rajagrafindo Persada, 2013.
Nasri, Ulyan, Pemikiran Tuan Guru Kyai Haji Muhammad Zainuddin Abdul Madjid Tentang Pendidikan Islam Perempuan Dan Implementasinya Di Madrasah Nahdlatul Banat Diniyah Islamiyah Lombok, Tesis, Yogyakarta: Program Pascasarjana Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014.
Shihab, Quraish, Tafsir Al-Misbah, Vol-2, Lentera Hati, Tt.
Tuan Guru Kyai Haji Muhammad Zainuddin Abdul Madjid, Wasiat Renungan Masa Pengalaman Baru, Pancor, Yayasan Pendidikan Hamzanwadi Darun Nahdlatain Nw, Tt.
Tim Dppai, Menjadi Pemimpin Muslim Sejati; Materi Induk Latihan Kepemimpinan Islam Dasar, Yogyakarta: Direktorat Pendidikan Dan Pengembangan Agama Islam, Dppai Uii, 2013.
Tuan Guru Kyai Haji Muhammad Zainuddin Abdul Madjid, Al-Barzanji Dan Lagu-Lagu Perjuangan Nahdlatul Wathan Dilengkapi Dengan Surah Yasin, Talqin Mayyit, Salawat Nahdlatain Dan Do’a Pusaka, Pancor: Ttd.
Wibowo, Agus, Pendidikan Karakter Di Perguruan Tinggi; Membangun Karakter Ideal Mahasiswa Di Perguruan Tinggi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.
Wadi, Husnan, Fitri Indriai, KH Ahmad Dahlan & TGH Zainuddin Nabdul Madjid; Pemikirian Pembaharuan Keislaman Dan Strategi Dakwa, Nawa Institut Kalimantan Timur, 2002.
Watoni, Saipul Arip, Pemikiran Politik Tgkh Zainuddin Abdul Madjid, Tesis, Yogyakarta: Program Pasacasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2012.
Zainuddin, Reformasi Pendidikan; Kritik Kurikulum Dan Manajemen Berbasis Sekolah, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008.
Zulkarnaen, Muhammad, Sang Maulana, Jakarta: Pondok Pessantren Nw Jakarta, 2014.
Zulkarnaen, Muhammad, Membumikan Visi Kebangsaan Nahdlatul Wathan; Menuju Islam Rahmatan Lil Alamin, Bogor: Sinar Lima, 2015.
Zubaedi, Desain Pendidikan Karakter; Konsep Dan Aplikasi Dalam Lembaga Pendidikan, Jakarta: Kencana Pranada Media Grup, 2011.
Published
2018-01-21
How to Cite
Hapizin, K. (2018). Nilai pendidikan karakter dalam wasiat renungan masa TGKH. M. Zainuddin Abd. Madjid. Jurnal Al-Muta`aliyah : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 19 - 55. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/mutaaliyah/article/view/2997

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.