Penerapan Model Pembelajaran Kooperatip Word Square dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

  • Husairi husairi STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang
Keywords: Kooperatif, Word Square, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian  ini dilakukan dengan tujuan  untuk  mengetahui  apakah  dengan  penerapan  model  pembelajaran kooperatif  word  square (kata persegi) dapat  meningkatkan  hasil  belajar  peserta didik pada mata pelajaran bahasa indonesia pokok pembahasan Menentukan Unsur Cerita Pendek. Adapun  yang  menjadi  sampel dalam penelitian ini adalah  siswa  kelas  V MI Wahid Hasyim tahun  pelajaran  2015/2016. Pelaksanaan  proses  penelitian dilakukan  dalam  dua  siklus. Setiap  siklus  diadakan  refleksi  terhadap  proses  pembelajaran dengan  meperhatikan  kekurangan-kekurangan  yang  ada  pada  siklus  I,  maka  perlu  diadakan beberapa  perbaikan  pada  siklus  ke  II.  Teknik  pengumpulan  data  dilakukan  dengan  melakukan observasi, dokumentasi, dan tes. Adapun isntrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda (Multiple Choice). Analisis data dilakukan  dengan analisis kualitatif dan  kuantitatif. Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  pada  siklus  I berdasarkan hasil belajar peserta didik diperoleh hasil  penghitungan untuk nilai rata-rata (mean) sebesar 77,62  dari 21 jumlah peserta didik. Sedangkan  pada  siklus  II  dari  21 jumlah peserta didik yang mengikuti tes hasil belajar diperoleh nilai rata-rata sebesar 81,05. Setelah penelitian yang dilakukan oleh peneliti ini selesai dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia pokok pembahasan Menentukan Unsur Cerita Pendek peserta didik kelas  V MI Wahid Hasyim tahun  pelajaran  2016/2017.  dapat  meningkat  dengan  penggunaan model pembelajaran kooperatif word square.

References

Anas Sudijono, Pengantar Evaluasi Pendidikan, (Jakarta: PT Raja Grafondo Persada, 2005).
Ahmad Tanzeh, Metodologi Penelitian Praktis, (Yogyakarta: Teras, 2011).
Burhan Bungin, Metodologi Penelitiann Kualitatif, Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, Dan Ilmu Sosial Lainnya (Jakarta: Kencana,2008).
Bundu Patta, Penilaian Keterampilan Proses Dan Sikap Ilmiah, (Jakarta: DEPDIKNAS, 2006).
Damianti Vismaia S, Metodologi Penulisan Pendidikan Bahasa, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2007).
Etin Sholihatin, Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS, (Jakarta: Bumi Aksara, 2007).
Fauzan Almashur, Metode Penelitian Kualitatif, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2012).
Eko Putro Widoyoko, Teknik Penyusunan Instrument Penelitian, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2102).
Mujiman, Model Pembelajaran Word Square, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007).
Miftahul Huda, Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran Isi-Isu Metodis Dan Paradigmatis (Yogyakarat: Pustaka Pelajar, 2013).
Hamdani, Startegi Belajar Mengajar, (Bandung: CV Pustaka Setia, 2011).
Ismail SM, Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis Fakem, (Semarang: Rasail Media Group, 2008).
Purwanto, Evaluasi Hasil Belajar, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar,. 2011).
Mulyono Abdurrahman, Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, (Jakarta : Rineka Cipta, 2001).
Nana Sudjana, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, (Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2009).
Sofyan Triatmojo, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Populer, (Surakarta: Nusantara,2005).
Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, (Jakarta: Kencana Prnada Media Group, Cetakan Kelima, 2008).
Suharsimi Arikunto, Penelitian Tindakan Kelas, (Jakarta: Bumi Aksara, 2006).
Burhan Bungin, Metodologi Penelitiann Kuantitatif, (Jakarta: Kencana,2006).
Hadi Amirul, Metodologi Penlitian Pendidikan, (Bandung: Pustaka Setia,2005).
Subana, Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah (Bandung: Pustaka Setia,2005).
Restu Kartiko Widi, Asas Metodologi Penelitian, Sebuah Pengenalan Dan Penuntun Langkah Demi Langkah Pelaksanaan Penelitian, (Yogyakarta: Garaha Ilmu, 2010).
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, (Jakarta: Rineka Cipta. Refisi 2010).
Sa’dun Akbar, Instrumen Perangkat Pembelajaran, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013).
Moh. Nazir, Metode Penelitian, (Bogor: Ghalia Indonesia, 2013).
Nana Syaoudih Sukmadinata,Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005).
Tim Pengembang MKDP Kurikulum Dan Pembelajaran, Kurikulum Dan Pembelajaran, (Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2011).
Trianto, Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik, (Jakarta: Prestasi Pustaka, 2007).
Trianto, Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik, (Jakarta: Prestasi Pustaka, 2012).
Wina Sanjaya, Kurikulum Dan Pembelajaran Teori Dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2013).
Wina Sanjaya, Strategi Pembelajran Berorientasi Standart Proses, (Jakarta: Kencana, 2011).
Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran (Jakarta: Kencana Frenada Media, 2006).
Published
2019-01-15
How to Cite
husairi, H. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatip Word Square dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Al-Muta`aliyah : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 90 - 111. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/mutaaliyah/article/view/3390

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.