Efektivitas Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran IPA Kelas V MI NW Bagik Nyala

  • ahmad izzuddin STIT Palapa Nusantara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pendekatan saintifik terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA kelas V MI NW Bagik Nyala. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA dan VB MI NW Bagik Nyala dengan jumlah 15 siswa tiap kelas. Kelas VB sebagai kelas eksperimen diberi perlakuan berupa penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran IPA. Kelas VA sebagai kelas kontrol diberikan pembelajaran dengan metode ceramah, diskusi, dan mengerjakan soal-soal. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes berbentuk essay. Data hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran mencapai 79% untuk kelas eksperimen dengan kriteria baik dan nilai tes berada pada rentang skor 75,005 < K dengan kategori berpikir sangat kritis. Sedangkan kelas kontrol 58,33% dengan kriteria cukup baik dan nilai tes berada pada rentang skor 58,335 < K < 75,005 dengan kategori berpikir kritis. Uji hipotesis menggunakan uji t dan diperoleh t hitung = 9,31 dan t tabel 2,131 dengan dk 30 dan taraf signifikan 5% sehingga hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa secara signifikan pendekatan saintifik sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik

References

Abdul Majid. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja RoMIakarya.
Ahmadi dan Amri, 2011.Paikem Gembrot. Jakarta : Prestasi ustakarya
Andi Prastowo. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Lombok Timur: Diva Press.
Agus Sujarwanta. (2012). “Mengkondisikan Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Saintifik”. Jurnal Nuansa Kependidikan Vol 16 Nomor.1, November 2012.
Huda, M. 2015. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-Isu Metodis dan aragmatis. Yogyakarta: T Pustaka Pelajar.
Kasinyo Hartato dan Abdurahmansyah. (2009). Metodologi Pembelajaran Berbasis Active Learning. Palembang: Grafika Telindo.
Kemendikbud. (2013). Draft Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud
_________, 2013. Peraturan Meteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 65 Tahun 2013 tentang standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : Kemendikbud
Oemar Hamalik. (2003). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Patta Bundu. (2006). Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains MI. Jakarta: Dirjen Dikti.
Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006. Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.
Rahmawati, M. 2014. Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan Starter Eksperimen. Radiasi Vol. 5 No. 1, September 2014 urworejo: Universitas Muhammadiyah
Sugiyono. (2010). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Supriyadi. (2008). Teknologi Pengajaran Fisika. Lombok Timur: Tempel Sari.
Usman Samatowa. (2011). Bagaimana Membelajarkan IPA di MI. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.
_______________. (2006). Bagaimana Membelajarkan IPA di MI. Jakarta:
Dirjen Dikti Depdiknas.
Wina Sanjaya. (2010). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta:
Kencana Prenada Media Group.
Published
2019-01-15
How to Cite
izzuddin, ahmad. (2019). Efektivitas Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran IPA Kelas V MI NW Bagik Nyala. Jurnal Al-Muta`aliyah : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 141 - 165. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/mutaaliyah/article/view/3394

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.