Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Naratif dalam bahasa indonesia melalui teknik Mind Mapping
Keywords:
Keterampilan Menulis Teks Naratif, Bahasa Indonesia Kelas IV SD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris mengenai peningkatanketerampilan menulis teks naratif dalam bahasa Indonesia tentang lingkungan sekolah melalui teknik mind mapping di kelas IV SDN 2 Semoyang. Penelitian ini dilaksanakan di SDN2semoyang.Penelitian di kelas ini dilaksanakan dengan menggunakan desain PenelitianTindakan Kelas menggunakan metode spiral atau siklus dari Stephen Kemmis danMC. Tanggart. Penelitian Tindakan Kelas dilakukan melalui tahapan perencanaan,pelaksanaan, dan observasi, serta refleksi. Pengumpulan data dilakukan denganmenggunakan instrument tes berupa soal pemahaman berupa uraian, instrumentpemantau tindakan pembelajaran menggunakan teknik mind mapping dan catatanlapangan. Hasil yang diperolehpenelitian ini adalah adanya peningkatan keterampilan pemahaman konsep siswapada materi lingkungan sekolahdengan menggunakan teknik mind mapping.Persentase kemampuan pemahaman konsep siswa pada siklus I 63,33%, dansiklus II mencapai 86,66%. Pemahaman siswa meningkat karena efektifitaspembelajaran melalui penerapan teknik mind mapping. Hasil dari data yangdikumpulkan menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia padamateri lingkungan sekolahmenggunakan teknik mind mapping dapatmeningkatkan keterampilan pemahaman konsep siswa yang diukur melalui lembartes dan pengamatan tindakan yang dilakukan pada siklus I, dan siklus II. Implikasidari hasil penelitian ini adalah kemampuan pemahaman konsep yang diperolehakan semakin meningkat jika dalam pembelajaran menggunakan teknik yangtepat, efektif, dan menyenangkan.References
Iskandar. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada, 2001
Kusuma, Wijaya, dan Dwitagama, Dedi. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:Indeks, 2010.
Munandar. Mengembangkan Bakat dan Kreatifitas Anak Sekolah. Jakarta: Gramedia,1999.
Pinoza, Lamuddin. Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi Insan Mulia, 2002.
Poerwadarminta, W.J.S. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka,1986.
Saekhan, Muchith. Pembelajaran Kontekstual. Semarang: RaSAIL Media Grup, 2007.
Soemarjadi, dkk. Pendidikan Keterampilan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan, 1991.
Jayanti, Windy.“PeningkatanKeterampilanMenulisTeksNaratifdalamBahasaInggrisMelaluiTeknikMind MappingPadaSiswaKelas IV SD.â€Sekripsi. Universitas Negeri Jakarta, 2013.
http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPP/article/view/1786/1561. Diakses Pada Tanggal 26 Juli 2016., pukul 12.00
Kusuma, Wijaya, dan Dwitagama, Dedi. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:Indeks, 2010.
Munandar. Mengembangkan Bakat dan Kreatifitas Anak Sekolah. Jakarta: Gramedia,1999.
Pinoza, Lamuddin. Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi Insan Mulia, 2002.
Poerwadarminta, W.J.S. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka,1986.
Saekhan, Muchith. Pembelajaran Kontekstual. Semarang: RaSAIL Media Grup, 2007.
Soemarjadi, dkk. Pendidikan Keterampilan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan, 1991.
Jayanti, Windy.“PeningkatanKeterampilanMenulisTeksNaratifdalamBahasaInggrisMelaluiTeknikMind MappingPadaSiswaKelas IV SD.â€Sekripsi. Universitas Negeri Jakarta, 2013.
http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPP/article/view/1786/1561. Diakses Pada Tanggal 26 Juli 2016., pukul 12.00
Published
2019-01-15
How to Cite
Saharudin, S. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Naratif dalam bahasa indonesia melalui teknik Mind Mapping. Jurnal Al-Muta`aliyah : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 166 - 173. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/mutaaliyah/article/view/3409
Section
Articles
Copyright (c) 2019 Jurnal Al-Muta`aliyah : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Creative commons attribution lisense (CC-BY)