The Use of Student-Centered Advocacy Learning Approaches in Improving Student Learning Achievement in Social Studies Subjects Class VIII at MTS. Nurussalam Tetebatu Sikur sub-district TA. 2019/2020

  • Lisnawati Lisnawati
Keywords: Advocacy Approach, Learning Achievement, Social Sciences

Abstract

Teknik mengajar yang bermakna memiliki peranan penting dalam proses balajar mengajar sehingga dapat memberikan semangat dan motivasi kepada siswa, untuk itu guru dapat memilih dan menentukan pendekatan dan metode yang disesuaikan dengan kemampuan, keadaan siswa serta keadaan sarana dan prasarana  sebagai penunjang  proses belajar mengajar. Salah satu model pendekatan yang dapat ditempuh oleh guru dalam proses belajar mengajar adalah model pembelajaran advokasi berpusat pada siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis mengenai Penggunaan Pendekatan Belajar Advokasi Berpusat pada Siswa dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif True Experimental Desaign, dimana populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII MTs. Nurussalam Tetebatu yang berjumlah 66 orang siswa, dan teknik analisis data yang digunakan adalah t-test. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh t hitung = 2,71, sedangkan harga t tabel untuk taraf kesalahan 5% dengan df = 64 yang diperoleh dari penjumlahan sampel kelas kontrol 33 orang siswa dan kelas eksperimen 33 orang siswa dikurangi dengan 2 (n-2), sehingga diperoleh F tabel = 1,67. Karena harga t hitung lebih besar dari pada t tabel untuk taraf kesalahan 5%, maka dapat disimpulkan terdapat peningkatan motivasi belajar siswa dengan menggunakan pendekatan advokasi berpusat pada siswa.

References

Djamarah. 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya. Usaha Nasional
Hamza B. Uno, Teori Motivasi dan Pengukurannya, (Jakarta: Bumi Aksara, 2009)
Lukman Hakim, Manajemen Pendidikan, (Yokyakarta: GENTA PRESS, 2008)
Nana Syaodih Sukmadinata, Landasan Psikologi Proses Pendidikan, (Bandung: PPT Remaja Rosdakarya, 2004)
Oemar Hamalik, Pendekatan Baru Strategi Belajar Mengajar Berdasarkan CBSA, (Bandung: Sinar Baru Argesindo, 2009)
Oemar Hamalik, Proses Belajar Mengajar, (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2009)
Oemar Hamalik, Psikologi Belajar dan Mengajar, (Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2009).
Pupuh Fathorrahman, M sobry Sutikno, Strategi Belajar Mengajar, (Bandung: PT. Refika Aditama, 2007).
S. Nasution, Metode Research (Penelitian Ilmiah), (Jakarta: Bumi Aksara, 2007).
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta, Rineka Cipta
Suharsimi, Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, (Jakarta: Rineka Cipta, 2006)
Mukminan dkk, Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VIII, (Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017).
Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Prakieknya, (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2009),
Supardi, Bacaan Cerdas Menyusun Skripsi, (Yogyakarta: Kurnia Kalam Semesta, 2011).
Syaiful Rahman, Model Pembelajaran Advokasi, dalam http://kanjengsyaifulrahman.blogspot.com./model/pembelajaran/advokasi.html. Diambil Tanggal 15 Agustus 2019, pukul 05. 49 AM.
Published
2020-01-26
How to Cite
Lisnawati, L. (2020). The Use of Student-Centered Advocacy Learning Approaches in Improving Student Learning Achievement in Social Studies Subjects Class VIII at MTS. Nurussalam Tetebatu Sikur sub-district TA. 2019/2020. Jurnal Al-Muta`aliyah : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 91 - 104. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/mutaaliyah/article/view/3763
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.