PENDIDIKAN ISLAM DAN LIBERALISME DI TENGAH PUSARAN ARUS KAPITALISME
Abstract
Pendidikan Islam dan Pendidikan liberal merupakan konsepsi teoritis  dalam mendesain pendidikan yang mengusung nilai-nilai humanis, demokratis dan membebaskan yang didasari oleh nilai-nilai islami. Sehingga konsepsi pendidikan Islam fundamental lebih di elaborasi lagi dalam persepektif Islam sehingga menemukan titik temu antara pendidikan Islam yang selama ini dianggap kaku, rigit dan anti perubahan dengan konsep pendidikan liberal yang selama ini di klaim sangat idealis dan finacial orineted dalam mengkonstruksi pendidikan konsepsi pendidikan dewasa ini. Selama ini respont yang digunakan oleh kelompok Islam dalam menghadapi serangan kapitalisme dalam sistem pendidikan Islam masih bersifat afirmatif yakni menguatkan keotentikan Islam. Dalam kondisi seperti ini pendidikan Islam ditantang untuk dapat meretas adanya distorsi nilai kemanusiaan, dengan demikian pendidikan Islam untuk dapat kembali pada perannya sebagai institusi pematangan nilai-nilai kemanusiaan dan mengangkat harkat dan martabat manusia. Tugas yang cukup berat bagi institusi pendidikan Islam untuk mengembalikan pergeseran nilai kemanusiaan tersebut. Pendidikan selama ini dianggap sebagai pabrik intlektual yang hanya mampu melahirkan aktor intlektual yang cerdas sementara proses penanaman nilai kemanusiaan seringkali terabaikan.Â
Published
2016-01-01
How to Cite
Lisnawati, L. (2016). PENDIDIKAN ISLAM DAN LIBERALISME DI TENGAH PUSARAN ARUS KAPITALISME. Jurnal Al-Muta`aliyah : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 52-72. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/mutaaliyah/article/view/1729
Section
Articles
Copyright (c) 2016 AL-Muta'aliyah : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Creative commons attribution lisense (CC-BY)