PENDIDIKAN ISLAM DAN LIBERALISME DI TENGAH PUSARAN ARUS KAPITALISME

  • Lisnawati Lisnawati STAI Darul Kamal NW

Abstract

Pendidikan Islam dan Pendidikan liberal merupakan konsepsi teoritis  dalam mendesain pendidikan yang mengusung nilai-nilai humanis, demokratis dan membebaskan yang didasari oleh nilai-nilai islami. Sehingga konsepsi pendidikan Islam fundamental lebih di elaborasi lagi dalam persepektif Islam sehingga menemukan titik temu antara pendidikan Islam yang selama ini dianggap kaku, rigit  dan anti perubahan dengan konsep pendidikan liberal yang selama ini di klaim sangat idealis dan finacial orineted  dalam mengkonstruksi pendidikan konsepsi pendidikan dewasa ini. Selama ini respont yang digunakan oleh kelompok Islam dalam menghadapi serangan kapitalisme dalam sistem pendidikan Islam masih bersifat afirmatif yakni menguatkan keotentikan  Islam. Dalam kondisi seperti ini pendidikan Islam ditantang untuk dapat meretas  adanya distorsi nilai kemanusiaan, dengan demikian pendidikan Islam  untuk dapat kembali pada perannya sebagai institusi pematangan nilai-nilai kemanusiaan dan mengangkat harkat dan martabat manusia. Tugas yang cukup berat bagi institusi pendidikan Islam untuk mengembalikan pergeseran nilai kemanusiaan  tersebut. Pendidikan selama ini dianggap sebagai pabrik intlektual yang hanya mampu melahirkan aktor intlektual yang cerdas sementara proses penanaman nilai kemanusiaan seringkali terabaikan. 
Published
2016-01-01
How to Cite
Lisnawati, L. (2016). PENDIDIKAN ISLAM DAN LIBERALISME DI TENGAH PUSARAN ARUS KAPITALISME. Jurnal Al-Muta`aliyah : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 52-72. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/mutaaliyah/article/view/1729

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.