Arkeologi Pemikiran Pendidikan Islam

  • Muharir Muharir STAI Darul Kamal NW

Abstract

Paradigma pemikiran pendidikan Islam ala Gus Dur yang  fleksibel dan mengharuskan pendidikan Pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam yang palaing tua untuk responsif terhadap gejala modernitas, dalam pandangan Gus Dur  pesantren harus bersinergi dengan deyut perubahan zaman dan  memiliki corak  yang ingklusif, kerangka berpikir Gus Dur  di bentuk lewat proses pengembaraan intlektual yang dimulai dari Jakarta, Yogyakarta, Jombang, Mesir dan Irak telah membentuk karakter pemikiran yang religious, humanis, universal dan pendidikan Islam yang modern tanpa harus kehilangan  identitas asli.

References

Arif Mahmud,Pendidikan Islam Transformatif,cet.I, (Yogyakarta:LKIS, 2008),

Aly Abdul,Pendidikan Islam di Indonesia sebuah kajian institusional,(Bandung :Mizan,1992).

Al-Abrasi, M.Athiyah Dasar- Dasar pokok pendidikan Islam,terj.H Bustami A.Gani dan Johar Bahry, (Jakarta;Bulan Bintang,1990).

Aziz Akhmad Amir, Neo-Modernisme Islam di Indonesia, Gagasan Sentral Nurkholish Madjid dan Abdurrahman Wahid, (Jakarta: Rinek Cipta, 1999)

Azzra, Azyumardi, pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju milinium Baru, (Jakarta: Logos, 2002).

Barton Greg, Biografi Gus Dur The Authorized Biography Abdurrahman Wahid, Cet IX ( Yogyakarta:LKiS, 2010),

Barton Greg, Biografi Gus Dur The Authorized Biography Abdurrahman Wahid. (Yogyakarta:LKiS.2010)

----------------, Gagasan Islam Liberal di Indonesia, (terj.), (Jakarta: Paramadina, 1999).

Feillard Andree, Gus Dur NU dan Masyarakat Sipil, cet III, (Yogyakarta:

LKiS, 2010)

Kamaruzzaman Bustamam- Ahmad, Wajah Baru Islam di Indonesia, (Yogyakarta: UII Press, 2004).

Mastkuki dan Ishom El Saha(ed), Intlektualisme Pesantren potret Tokoh dan cakrawala pemikiran di era ke emasan Pesantren, (Jakarta: Diva Fustaka,2003).

Qomar Mujamil, NU “Liberalâ€: Dari Tradisionalisme Ahlussunnah ke Universalisme Islam, (Bandung: Mizan, 2002 ).

Nata Abudin, Tokoh-Tokoh Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005).

N Bellah Robert, Benyond Belief Esai tentang agama di dunia Modern,(Jakarta ; Paramadina,2000).

Preiere Paulo, Pendidikan kaum tertindas,(Jakarta; LP3ES,1991).

Raharjo Dawam (ed), Perubahan dan pembaharuan,cet I, (jakarta: LP3ES, 1974).

Rembangy Mustafa, Pendidikan Transformatif ;Pergulatan Kritis merumuskan pendidikan di tengah pusaran arus globalisasi ,(Yogyakarta: Teras, 2008).

Rosyidi Khoirun, Pendidikan Islam Propertik,(Yogyakarta ;Pustaka pelajar,2004).

Ridwan Nur Kholik, Kritik Wacana Pluraslisme Borjuis Cak Nur,(Yogyakarta:Aruzz, 2003).

______________, Detik-Detik pembongkaran Agama, mempopulerkan Agama Kebajikan ,menggagas Plurakisme-pembebasan (Yogyakarta:Aruzz, 2003)

Subagja Sholeh, Gagasan liberalisasi Pendidikan Islam (Malang: Madani,2008).

Suaedy Ahmad dan Ulil Absar Abdalla, Gila Gus Dur Wcana Pembaca Abdurrahman Wahid, (Yogyakarta, LKiS,2010).

Turmudi Endang, Perselingkuhan Kiyai dan Kekuasaan, (Yogyakarat: LKIS,2004).

Timatifasung Reom, pendidikan itu candu,(yogyakarta; Pustaka pelajar,1998).

Wahono Francis,Kapitalisme Pendidikan antara kompetensi dan keadilan, cet II, (Yogyakarta;InsisT kerjasama dengan Pustaka pelajar,2010).

Wahid Abdurrahman, Menggerakkan Tradisi Easai-Esai Pesantren, (Yogyakarta: LKiS, 2001).

Published
2017-03-14
How to Cite
Muharir, M. (2017). Arkeologi Pemikiran Pendidikan Islam. Jurnal Al-Muta`aliyah : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 25-52. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/mutaaliyah/article/view/2808

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.