Studi Komparasi Metode Jigsaw Dan Word Square Dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Dan Afektif Peserta Didik di MI Nahdatulwathan 1 Kembang Kerang Aikmel

  • Husairi husairi STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang

Abstract

ABSTRAK Pemilihan metode pembelajaran bertujuan untuk membantu peserta didik agar dapat mencapai tujuan pembelajaran. kooperatif learning tipe Jigsaw dan Word Square dapat dijadikan metode alternatif untuk mendorong peserta didik aktif dan belajar bekerjasama dengan pasangannya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji keefektifan antara metode Jigsaw dan Word Square dalam mengembangkan kemampuan kognitif dan afektif peserta didik di MI NW 1 Kembang Kerang Aikmel Lombok Timur. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif  eksprimen yang yang sangat kuat mengukur hubungan sebab akibat, dan desain penelitiannya menggunakan Nonequivalen Control Group Design. Populasi sekaligus sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V MI NW 1 Kembang Kerang Lombok Timur tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 61 peserta didik, 31 kelas Va dan 30 kelas Vb. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, dokumentasi, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam mengolah data penelitian yaitu uji prasyarat analisis meliputi normalitas dan homogenitas dan uji t. Hasil uji hipotesis untuk kemampuan kognitif peserta didik yaitu menggunakan rumus independent-sample t test, melalui program SPSS versi 20 menunjukkan bahwa, sig. (2 tailed) 0,00 < α= 0,05 dengan hasil uji t (t hitung > t tabel = 4,513 > 2,001). Maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dan pada pengujian kemampuan afektif peserta didik juga menggunakan rumus independent-sample t test, melalui program SPSS versi 20 menunjukkan bahwa, sig. (2 tailed) 0,00 < α= 0,05 dengan hasil uji t (t hitung > t tabel = 4,6201 > 2,043751 ) maka Ha diterima, sehingga kesimpulannya ada perbedaan signitifikan kemampuan kognitif dan afektif peserta didik antara metode Jigsaw dengan metode Word Square di MI NW 1 Kembang Kerang Lombok Timur.

References

Trianto, Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik, (Jakarta: Prestasi Pustaka, 2007).
Etin Sholihatin, Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS, (Jakarta: Bumi Aksara, 2007).
Sa’dun Akbar, Instrumen Perangkat Pembelajaran, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013), hlm. 61.
Mujiman, Model Pembelajaran Word Square, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007).
Miftahul Huda, Cooverative Learning Metode Teknik Struktur Dan Model Penerapan, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011).
Observasi tanggal 23 januari 2017 di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nahadatul Wathan 1 Kembang Kerang Aikmel Lombok tmur.
Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan Dan Pengemabangan Bahasa Depertemen Pendidikan Dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta: Balai Pustaka, 2005).
Peter Salaim San Yenny Salim, Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer (Jakarta: Modern English press, 1999).
Abin Syamsudidin, Analisis Posisi System Pembangunan Pendidikan (Jakarta: Depertemen Pendidikan Dan Kebudayaan Biro Perncanaan Secretariat Jekndral, 1999).
Emil Mulayasa, Implementasi Kurikulum 2004 Panduan Pembelajaran KBK (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006).
Moh. User Usman, Menjadi Guru Professional, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1999).
Kelvin Seifert, Pedoman Pembelajaran Dan Instruksi Pendidikan, (Jakarta: IRCISOD, 2012).
Anita Lie, Cooverative Learning Mempraktikkan Cooperative Learning Di Ruang-Ruang Kelas, (Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia, 2008).
Nurhadi, dkk, Pembelajaran Kontekstualdan Penerapannya Dalam KBK, (Malang: UM Press, 2003).
Warsono, Pembelajaran Aktif Teori Dan Asesmen, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013).
Mujiman, Model Pembelajaran Word Square, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007).
Hamzah B. Uno, Belajar Dengan Pendkatan Pailkem, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2013).
Arends, R.I. Learning To Teach. Diterjemahkan oleh Helly Prayitno Soetjipto dan Sri Mulyantini Soetjipto, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008).
Marning, M. L. & Lucking, R. (1991). The what, why and how of cooperative learning. Social Studies, Volume 82. Questia Media America. Inc. Down‐loaded version. www.questia.com, Diakses tanggal 16 mei 2017.
Jamil Suprihatiningrum, Strategi Pembelajaran Teori Dan Aplikasi, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013).
Purwanto, Evaluasi Hasil Belajar, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar,. 2011), hlm. 44.
Bundu Patta, Penilaian Keterampilan Proses Dan Sikap Ilmiah, (Jakarta: DEPDIKNAS, 2006).
Mulyono Abdurrahman, Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, (Jakarta : Rineka Cipta, 2001).
Haryu Islamuddin, Psikologi Pendidikan, (Jember: STAIN Jember Press, 2014).
Andi prastowo, Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Terpadu, Implementasi Kurikulum 2013 Untuk SD/MI, (Yogyakarta: Kencana, 2015).
Sukiman, Pengembangan System Evaluasi, (Yogyakarta: Insan Madani, 2011).
Sulistyorini, Evaluasi Pendidilkan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan, (Yogyakarta: Teras, 2009).
A. Supratiknya, Penilaian Hasil Belajar Dengan Teknik Nontes, (Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma, 2012).
Abdul Majid, Strategi Pembelajaran, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013).
Sukiman, Pengembangan Sistem Evaluasi, (Yogyakarta: Insan Madani, 2012).
Ismet Basuki, Asesmen Pembelajaran, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014).
Rusman, Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, (Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2012).
Trianto,DesainPengembanganPembelajaranTematikBagiAnakUsiaDinidanAnakUsiaKelasAwal SD/MI, (Jakarta : KENCANA Prenada Media Grup, 2011).
Margono, Metode Penelitian Pendidikan, (Jakarta: Rineka Cipta, 2004), hlm.105.
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, (Jakarta: Rineka Cipta, 2010).
Nanang Martono, Metode Penelitian Kuantitatif (Jakarta: Rajagrafindo Persada).
Sugiyono, Statistika Untuk Penelitian, (Bandung: Alfabeta, 2010).
Herman Wasito, Pengantar Metodologi Penelitian, (Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 1992).
Subana, Statistik Pendidikan (Bandug: Pustaka Setia, 2000).
Published
2020-01-26
How to Cite
husairi, H. (2020). Studi Komparasi Metode Jigsaw Dan Word Square Dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Dan Afektif Peserta Didik di MI Nahdatulwathan 1 Kembang Kerang Aikmel. Jurnal Al-Muta`aliyah : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 53 - 82. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/mutaaliyah/article/view/3691
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.