Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah

  • Muhammad Munir STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang NTB
  • Hijriati Sholehah

Abstract

Dalam Permendiknas No. 64 Tahun 2013 tentang Standar Isi mata pelajaran matematika, yaitu menunjukkan sikap logis, kritis, analitis, kreatif, cermat dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah. Sesuai dengan tujuan tersebut, diharapkan guru dapat membimbing dan memfasilitasi siswa untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematika sesuai dengan caranya masing-masing. Namun, pembelajaran pemecahan masalah di sekolah-sekolah masih banyak mengalami hambatan sehingga perlu adanya suatu pendekatan pembelajaran yang mampu melatih siswa mengembangkan kemampuan pemecahan masalah. Pendekatan matematika realistik merupakan suatu pendekatan pembelajaran matematika yang menekankan pada aktivitas siswa dan berpijak dari hal yang riil (kontekstual) bagi siswa. Berdasarkan analisis kajian dari jurnal-jurnal hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa dengan pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan menumbuhkan motivasi, minat dan antusias belajar siswa, meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, aktivitas belajar siswa serta pembelajaran matematika realistik cocok digunakan untuk meningkatkan  kemampuan pemecahan masalah matematik pada ketiga level sekolah baik itu level sekolah rendah, sedang, dan tinggi.

References

Anugrahana, Andri. (2010). Pengaruh Matematika dengan Pendekatan Realistik terhadap aktivitas dan hasil belajar matematika siswa SD. Tesis. Yogyakarta: Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta.
Bondan Widjajanti, Djamilah. (2009). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika. Diakses dari: http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/131569335/Makalah 5 Desember UNY Jadi.pdf pada tanggal 31 Oktober 2014.
Hadi, S. (2002). Effective Teacher Professional Development for Implementation of Realistic Mathematics Education in Indonesia. Dissertation of University of Twente. Enschede: PrintPartners Ipskamp.
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.
Polya, George. 1988. How to Solve It: A New Aspect of Mathematical Method (Second ed.). Princeton , N.J.: Princeton Science Library Printing.
Rahmawati. (2009). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia tentang perbandingan dikelas VII SMP. Yogyakarta: Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta.
Ruseffendi, E.T. (2006). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.
Sugiman. (2010). Peningkatan Keyakinan Matematik melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Diakses dari: staff.uny.ac.id/sites/default/files/131930135/2010b_Keyakinan_Mat.pdf pada tanggal 31 Oktober 2014.
Sugiman & Yaya S. Kusumah. (2010). Dampak Pendidikan Matematika Realistik terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP. Diakses dari: staff.uny.ac.id/sites/default/files/131930135/2010a_RME+PS_0.pdf pada tanggal 1 November 2013.
Suherman, Erman, dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI dan IMSTEP JICA.
Muhamadia, Sumitro. (2011). Perbandingan keefektifan Pembelajaran Geometri dengan Pendekatan PMRI dan Pendekatan Konvensional Menggunakan Teori Van Hiele Pada Siswa SMP. Tesis. Yogyakarta: Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta.
Published
2020-01-26
How to Cite
Munir, M., & Sholehah, H. (2020). Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Al-Muta`aliyah : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 33 - 41. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/mutaaliyah/article/view/3728
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.