Model Pengkaderan Dalam Penciptaan Ahli Hukum Islam Di Pondok Pesantren Darul Falah Pagutan Kota Mataram

  • Muh Zainun mataram
Keywords: Model pengkaderan, Ahli Hukum Islam

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan model Pengkaderan serta output Ponpes Darul Falah Pagutan dalam sektor keagamaan, sosial dan ekonomi. Penelitian dengan menggunakan desain kualitatif. Validitas temuan akan diupayakan melalui upaya memperbanyak informan serta dilakukan cross check antar teknik pengumpulan data. Ditemukan bahwa kurikulum untuk pendidikan agama mengikuti pedoman yang diberikan oleh kementerian agama disesuaikan dengan pembelajaran kitab klasik. Sistem pengkaderan dengan menggunakan metode modern, penggunaan sarana dan prasarananya. Lingkungan internal telah dikelola dengan baik untuk mendukung kedua pembelajarannya serta dianut manajemen yang terbuka serta mengutamakan profesionalisme walupun nuansa traditional. Terdapat pembagian struktur organisasi yang jelas, baik dalam lingkup yayasan, pendidikan agama dan pendidikan umum. Berdasarkan temuan tersebut, maka model pengkaderan yang dianut lebih relevan dengan model kekinian. Fakta empiris output Ponpes Darul Falah Pagutan mempunyai kontribusi yang luas dalam segala bidang, baik politik, ekonomi, terlebih keagamaan. Saran dalam penelitian ini adalah model pengkaderan yang diterapkan di Ponpes Darul Falah Pagutan perlu diberikan nama, agar seluruh sumber daya lebih oriented dalam melaksanakannya.              Perpaduan antara metode pengkaderan traditional dengan kekinian menjadi identitas yang cukup unik di ponpes Darul Falah karena metode Tradisional berbasis budaya dengan terintegrasi metode yang mengasah kognitif, afektif, dan psikomotorik.

References

Aziz, Abdul. Filsafat Pesantren Genggong, 2011.
BPS Indonesia. Laporan IPM (Human Development Indeks). Jakarta. 2012.
Coulhoun, Emily, et.al,. Models of Teaching (Model-Model Pengajaran), Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2009.
Efendi, Arief. Peran Strategis Lembaga Pendidikan Berbasis Islam di Indonesia, Jurnal Pendidikan Islam El-Tarbawi, No. 1. Vol 1 tahun 2008.
Hadi. Metode Resarch. Yogyakarta Gajah Mada Univesity Press, 1986.
Lubis, Akhyar Saiful. Islamic Education Toward The Era of Social Change, Journal Al-Tamaddun. 2012.
Madjid, Nurcholish. Bilik-Bilik Pesantren: Sebuah Potret Perjalanan. Jakarta: Paramadina, 1997.
Maimun dan Subki. Modernisasi Pengelolaan Pendidikan Pesantren (Studi Kasus di Pondok Pesantren Nurul Harmain Putri Narmada). Jurnal Penelitian Keislaman, Vol. 3. No. 2. 2007.
J Moleong, Lexy. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya. 2000.
Muhajir, Noeng. Metodo,ogi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Reke Sarasin, 2002.
Nazir, M. Metode Penelitian. Jakarta: PT. Ghalia. 2003.
Nasution, Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito, 1992.
Nawawi, Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta : Rosda Karya,1998.
Rusman, Model-model Pembelajaran; Mengembangan Profesional Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. 2012.
Salim, Hishamudin dan Mustofa, Zaiton. Factors Affecting Students Interest in Learning Islamic Education, Journal of Education and Practice. Vol 3. No. 3. 2012.
Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Bina Aksara. 1995.
Solichin, Muclis Mohammad. Kebertahanan Pesantren Salaf di Tengah Arus Modernisasi Pendidikan: Fenomena Pondok Pesantren Al-Is’af Kalabaan, Guluk-Guluk. Sumenep. Disertasi Program Pascasarjana IAIN Sunan Ampel Surabaya. 2011.
Sugiarti, Dyah Yuli. Strategi Pengembangan Pondok Pesantren dalam Membangun Peradaban Muslim di Indonesia dalam Jurnal Edukas. Vol. 3. No. 1. Maret 2011.
Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kuallitatif, dan R & B. Bandung : Alfa Beta.2006.
Suharsimi, Arikunto. Prosuder Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek). Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Sutikno, M. Sobry. Manajemen Pendidikan. Lombok: Holistica, 2012.
Tim Penyusun Kamus Pusat Pengembangan Bahasa. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. 1995.
Trianto. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana, 2009.
Umar, Husien. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta:Raja Wali Press. 2008.
Undang-undang NO. 23 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. 2003.
Zakaria, G.A.Nasir. Pondok Pesantren; Changes and Its Future dalam Journal of Islamic and Arabic Education. Vol. 2. No. 2. 2010.
Published
2018-11-14
How to Cite
Zainun, M. (2018). Model Pengkaderan Dalam Penciptaan Ahli Hukum Islam Di Pondok Pesantren Darul Falah Pagutan Kota Mataram. TAFAQQUH: Jurnal Hukum Ekonomi Syariah Dan Ahwal Syahsiyah, 3(1), 59-80. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/tafaqquh/article/view/3336
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.