Implementasi Pengelolaan Tanah Wakaf Di Rumah Asuh Dompet Amal Sejahtera Ibnu Abbas (Dasi ) NTB

  • Abrar Abrar Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Darul Falah Mataram
  • Hermawati Hermawati Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Darul Falah Mataram
Keywords: efektivitas, manajemen pengelolaan, pemanfaatan

Abstract

Amalan wakaf amat besar artinya bagi kehidupan sosial ekonomi, kebudayaan dan keagamaan. Oleh karenanya Islam meletakkan amalan wakaf sebagai satu macam ibadah yang amat digembirakan. Penelitian ini mengkaji tentang pengelolaan dan pemanfaatan wakaf dengan lokus kajian di DASI NTB. Fokus penelitian ini setidaknya menjawab dua persoalan, yaitu: 1) Apakah sistem yang diterapkan oleh DASI NTB dalam mengelola harta wakaf sudah memenuhi syarat-syarat administrasi dan menejemen yang baik?, dan 2) Sejauhmana harta wakaf berperan dalam meningkatkan kehidupan masyarakat tentang pengelolaan dan pemanfaatan harta wakaf di DASI NTB? Dalam  penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif-analitis. Ada dua teori yang menjadi landasan penelitian ini, yaitu teori manajemen pengelolaan wakaf serta teori pemanfaatan tanah wakaf. Teori manajemen pengelolaan digunakan untuk mengkaji bagaimana sistem yang digunakan oleh DASI NTB dan memanfatkan wakaf. Keseluruhan temuan penelitian diperoleh melalui pengumpulan data dengan melakukan: (1) observasi, (2) wawancara, dan (3) dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan dan pemanfaatan tanah wakaf yang dilakukan oleh DASI NTB sudah sesuai dan tepat sasaran kepada yang memang layak menerima dan memanfaatkannya. Terutama dari segi pemanfaatan, DASI NTB memanfaatkannya untuk keperluan anak yatim, yatim piatu, anak terlantar dan orang tua jompo yang ada di bawah DASI NTB dan sudah berjalan secara efektif dan kondusif.

References

Abu Bakar Muhammadi, Terjemahan Subulussalam III, Surabaya: Al-Ikhlas, 1995.
Adijani Al- Alabij, Perwakafan Tanah di Indonesia dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1997.
Ahmad Azhar Basyir, Hukum Islam Tentang Wakaf, Ijarah dan Syirkah. Bandung : PT.Al-Ma’arif, 1987.
Ali As’ad, Fathul Mu’in 2. Bandung: Menara Kudus, 1966.
Aisah Rudian, Harta Wakaf dan Pemanfaatannya di Desa Sesela Kecamatan Gunung Sari Kabupaten Lombok Bara. Skripsi(Mataram: STAIN Mataram, 2000).
Deddy Mulyana, Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2004.
Departemen Agama RI, Perkembangan Pengelolaan Wakaf di Indonesia. Jakarta: Proyek Peningkatan Zakat dan Wakaf, 2003.
Departemen Agama RI,Al-Qur’an dan Terjemahaya. Bandung: Al-Hikmah Diponegoro 2010.
Departemen Agama RI, Strategi Pengembangan Wakaf Tunai di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jendral MasyarakatIslam dan Penyelenggaraan Haji, 2004.
Departemen Agama RI, Fikih Wakaf. Jakarta: Direktorat Pengembangan Zakat dan Wakaf, 2005.
Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam “Pedoman Pengelolaan Wakaf Tunai” (Jakarta; Direktorat Pemberdayaan Wakaf, 2007
Faisal Haq, Saiful Anam, Hukum Wakaf dan Perwakafan di Indonesia. Pasuruan: Garuda Buana Indah, 1993.
Hindun Bagis, Perwakafan Menurut Hukum Islam dan Pelaksanaan Pendaftarannya di Kabupaten Lombok Barat. Skripsi (Mataram: STAIN mataram, 2001).
Kartini, Peran dan Tugas Nazir dalam Mengelola Harta Wakaf di Wilayah Kua Kecamatan Gunung Sari Kabupaten Lombok Barat. Skripsi (mataram: IAIN Mataram 2008).
Lexy J Moleong, Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya,2008.
Muhammad daud Ali, Sistem Ekonomi Islam, Zakat dan Wakaf. Jakarta: UI Pers, 2006.
Muzawir, Tinjauan Hukum Islam terhadap Pelaksanaan Perwakafan Tanah dalam Sistem Hukum Agraria Nasional. Skripsi (Mataram: STAIN, 2000).
Mudzhir Qohaf, Manajemen Wakaf Produktif. Jakarta Timur: Khalifa, 2005.
SaifudinAzwar, MetodePenelitian. CelabanTimur: PustakaPelajar,2010.
Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatifdan R&D.Bandung: CV. Alfabeta,2009
Published
2019-04-20
How to Cite
Abrar, A., & Hermawati, H. (2019). Implementasi Pengelolaan Tanah Wakaf Di Rumah Asuh Dompet Amal Sejahtera Ibnu Abbas (Dasi ) NTB. TAFAQQUH: Jurnal Hukum Ekonomi Syariah Dan Ahwal Syahsiyah, 2(1), 28-46. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/tafaqquh/article/view/3468
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.