Penanganan Jaminan Dalam Pembiayaan Bermasalah Di Koprasi Pesantren Darul Falah (Tinjauan Etika Bisnis Dalam Perspektif Islam)

  • Abrar Abrar Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Darul Falah Mataram
  • Supriadi Supriadi Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Darul Falah Mataram
  • Muhamad Zidni Sukran Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Darul Falah Mataram
Keywords: Pembiayaan Bermasalah, Koperasi Pesantren, etika bisnis Islam

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang penanganan jaminan dalam pembiayaan bermasalah di koperasi pondok pesantren.n koperasi pondok pesantren dengan lokus penelitian di Koperasi Pondok Pesantren Darul Falah Pagutan Mataram. Setidaknya penelitian ini berusaha memecahkan dua problem penting yaitu 1) Bagaimana Mekanisme pengelolaan koperasi Pondok Pesantren NU Darul Falah? Dan 2) Bagaimana penanganan jaminan dalam pembiayaan bermasalah di Koperasi Pesantren Darul Falah?. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif-kualitatif yag lebih diarahkan untuk memahami fenomena-fenomena sosial dari perspektif partisipan dengan menggunakan pendekatan studi teoritis dan studi empiris. Teori yang digunakan adalah teori pembiayaan, teori koperasi dan teori etika bisnis Islam. Keseluruhan penelitian diperoleh melalui pengumpulan data dengan melakukan 1) observasi, 2) wawancara, dan 3) dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa belum maksimalnya kinerja pengurus koperasi pondok pesantren Darul Falah dalam menangani jaminan terhadap pembiayaan bermasalah dikarenakan belum adanya rumusan jelas dalam menangani hal itu. Sehingga masih banyak masalah yang belum selesai terkait dengan penangan jaminan dalam pembiayaan bermasalah.Dengan demikian, bisa dikatakan koperasi pesantren Darul Falah belum mampu menjalankan manajemen kepengurusan, pananganan jaminan dan pembiayaan bermasalah secara maksimal dan professional. Akan tetapi secara etis, sistem penangannya sudah sesuai dengan etikan bisnis dalam Islam

References

Ali As’ad, Fathul Mu’in 2. Bandung: Menara Kudus, 1966.
Nawawi, Ismail, 2012, Fikih Muamalah klasik dan kontemporer, (Bogor: Ghalia Indonesia.
Normand, Charles and Axel Weber, Social Health Insurance, A guidebook for planning, second edition, Germany: ADB, GTZ, ILO adn WHO, VAS, 2009.
Notosusastro, Mulyadi , 2013, Asuransi dan Usaha Perasuransian di Indonesia, (Bandung : Alfabeta.
Rivai, Veithzal, 2011, Islamic Transaction Law In Business Dari Teori Ke Praktik, (Jakarta: Bumi Aksara.
______________, 2009, Islamic Economics, Ekonomi Syari’ah Bukan Opsi Tapi Solusi, (Jakarta: Pt.Bumi Aksara.
Published
2019-04-20
How to Cite
Abrar, A., Supriadi, S., & Sukran, M. Z. (2019). Penanganan Jaminan Dalam Pembiayaan Bermasalah Di Koprasi Pesantren Darul Falah (Tinjauan Etika Bisnis Dalam Perspektif Islam). TAFAQQUH: Jurnal Hukum Ekonomi Syariah Dan Ahwal Syahsiyah, 2(1), 69-82. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/tafaqquh/article/view/3470
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.