WAKAF UANG DAN IMPLIKASI SOSIAL PERSPEKTIF USHUL FIQH

  • Muzakkir Syuaeb STIS Darul Falah Mataram
Keywords: Wakaf uang, Implikasi sosial, dan Ushul fiqh

Abstract

Wakaf merupakan salah satu dari bagian philanthropy Islam yang berpotensi mensejahterakan manusia. Kesejahteraan itu bukan hanya dirasakan oleh penerima wakaf, namun akan berimplikasi pada kondisi sosial kemasyarakatan. Pemahaman tentang wakaf masih didominasi pada literasi obyek wakaf tertentu seperti tanah, bangunan, dan benda-benda tidak bergerak lainnya. Namun perkembangan dinamika sosial serta intensitas hajat manusia dalam mengaktualisasikan kepedulian dan kepekaan sosial pada sesama menjadikan pola literasi kajian wakaf semakin berkembang, baik pada tataran pengelolaan, kelembagaan, mekanisme dan obyek wakaf seperti wakaf uang serta wakaf surat-surat berharga lainnya. Perkembangan tersebut mengharuskan kajian dari berbagai sisi termasuk di dalamnya kajian sosial dan kajian ushul fiqh. Dalam kajian ushul fiqh dikenal satu konsep yang disebut dengan maqhasid syariah yang titik temunya adalah kemaslahatan. Sebagai sebuah wasÄil (perantara), wakaf uang memiliki tujuan yang sama dengan wakaf lain pada umumnya, yaitu maqÄsid (tujuan) mensejahterakan masyarakat.

References

al-Jamal, Ahmad Muhammad Abdul Azim, Daur al-Nidzām al-Waqf al-Islamy fi al-Tanmiyah al-Iqtishadiyah al-Mu’āshirah, Kairo: Dār al-Salām, 2007.
al-Kabisi, Muhammad Abid Abdullan, Hukum Wakaf dalam Syari’ah Islam, Terj. Ahrul Sani Faturrahman dan Rekan-Rekan KMCP., Jakarta; IIMaN Press, 2004.
al-Murginami, Burhanuddin Ali bin Abu Bakar, al-Hidāyah, Mesir; Musthafa Muhammad, 1356.
Direktorat Pemberdayaan Wakaf, Paradigama Baru Wakaf di Indonesia Jakarta; Departemen Agama RI, 2006.
___________, Fikih Wakaf, Jakarta: Departemen Agama RI, 2006.
Heykal, Nurul Huda dan Mohamad, Lembaga Keuangan Islam Tinjauan Teoritis dan Praktis,Cet. Ke-2., Jakarta: Kencana, 2013.
Ibn Himam, Kamal, Fath al-Qadir, Mesir: Musthafa Muhammad, 1356.
Ibn Qudamah, Abdullah ibn Ahmad ibn Mahmud, al-Mughni, Mesir: Dār al-Manār, 1348 H.
Kasdi, Abdurrohman, Fiqih Wakaf dari Wakaf Klasik hingga Wakaf Produktif Yogyakarta: Idea Press Yogyakarta, 2013.
Mardani, Hukum Ekonomi Syari’ah di Indonesia, Bandung: PT. Refika Aditama, 2011.
Soemitra, Andri, Bank dan Lembaga Keuangan Syari’ah, Cet. Ke-3., Jakarta: Kencana, 2012.
Qahaf, Munzir, Al-Waqfu al-Islami; Tatawwuruhu, Idaratuhu, Tanmiyyatuhu, Cet.ke-2., Damaskus; Dār al-Fikr, 2006.
Zahrah, Muhammad Abu, Muhādarāt fi al-Waqfi, Cet. Ke-2., Mesir; Dār al-Fikr al-‘Arabi, 1971.
Published
2019-12-31
How to Cite
Syuaeb, M. (2019). WAKAF UANG DAN IMPLIKASI SOSIAL PERSPEKTIF USHUL FIQH. TAFAQQUH: Jurnal Hukum Ekonomi Syariah Dan Ahwal Syahsiyah, 4(2), 1-21. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/tafaqquh/article/view/3692
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.