Pemaknaan Kaidah Fikih “ar-Ridhâ Bisy Syai` Ridhâ bimâ Yatawalladu Minhu” dalam Ekonomi Syariah

  • Muhammad Syarif Hidayatullah UIN Antasari Banjarmasin

Abstract

Ekonomi Syariah adalah ekonomi yang di dasarkan pada ketentuan dalam syariat Islam yang berpedoman pada nash yaitu al-Quran dan hadits. Konstruksi makna dari al-Quran dan hadits telah disusun oleh para ulama melalui formulasi qawaid fiqhiyyah sebagai rumusan hukum Islam. Rumusan itu merupakan produk ijtihad interpretasi terhadap nash dengan bentuk kalimat yang menunjukkan suatu substansi dalam hukum Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan makna salah satu kaidah fikih ekonoomi syariah yang berbunyi “ar-Ridhâ Bisy Syai` Ridhâ bimâ Yatawalladu Minhu (Keridhaan dengan sesuatu adalah ridha dengan akibat yang terjadi padanya) dalam kegiatan ekonomi syariah. Kaidah yang dibahas dalam artikel ini memiliki pemaknaan pada substansi keridhaan. Keridhaan dalam bermuamalah adalah sebuah prinsip yang harus dihadirkan. Maka dari itu transaksi akan sah jika dilandaskan kepada keridhaan kedua pihak yang bertransaksi (subjek akad). Dalam bertransaksi atau mengikat perjanjian dituntut untuk adanya transparansi berupa kejelasan maupun keterbukaan pada transaksi yang dilakukan agar dapat terhindar dari adanya penyimpangan informasi (ketidaksampaian informasi kepada salah satu pihak) yang pada nantinya menyebabkan sebuah tindakan terlarang yaitu kecacatan yang disembunyian (perilaku penipuan) yang memberikan dampak pada gugurnya keridhaan.

References

Anwar, Syamsul. 2010. Hukum Perjanjian Syariah: Studi tentang Teori Akad dalam Fikih Muamalat. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Azhari, Fathurrahman. 2014. Qawaid Fiqhiyyah. Banjarmasin: Lembaga Pengembangan Kualitas Ummat Banjarmasin.
Djazuli, A. 2006. Kaidah-kaidah Fikih: Kaidah-kaidah Hukum Islam dalam Menyelesaikan Masalah-masalah yang Praktis. Jakarta: Kencana.
Karim, Adiwarman A. 2008. Bank Islam: Analisis Fiqih dan Keuangan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Mardani. 2012. Fiqih Ekonomi Syariah: Fiqih Muamalah. Jakarta: Kencana.
Mufid, Moh. 2015. 40 Kaidah Hukum Ekonomi Syariah: dari Teori ke Praktik. Makasar: Zahra Litera.
Sabiq, Sayyid. 2009. Fikih Sunnah. Jilid 5. Terj. Abdurrahim dan Masrukhin. Jakarta: Cakrawala Publishing.
Susanto, Burhanuddin. 2009. Hukum Kontrak Syariah. Yogyakarta: BPFE.
Published
2020-06-08
How to Cite
Hidayatullah, M. S. (2020). Pemaknaan Kaidah Fikih “ar-Ridhâ Bisy Syai` Ridhâ bimâ Yatawalladu Minhu” dalam Ekonomi Syariah. TAFAQQUH: Jurnal Hukum Ekonomi Syariah Dan Ahwal Syahsiyah, 5(1), 69-80. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/tafaqquh/article/view/3825

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.