CHILDREN'S RISK IN THE RISK OF THE RISK IN THE UNITED STATES OF RISK ISLAMIC RELATIONS BASED ON ISLAMIC COURT

  • TANGKAS HADI PERWIRA FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL VETERAN JAKARTA
Keywords: Keywords: Adopted Children, Inheritance Rights, Kasepuhan Sinar Official

Abstract

Abstrak Pengangkatan anak (adopsi) bukan merupakan hal yang baru di Indonesia karena hal ini sudah lazim dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Namun demikian, pengangkatan anak berakibat pula pada kedudukannya dalam hak waris. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adalah bagaimana kedudukan anak angkat dalam memperoleh hak waris pada masyarakat adat Kasepuhan Sinar Resmi berdasarkan hukum Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian empiris menggunakan data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menyatakan bahwa kedudukan anak angkat dalam memperoleh hak waris pada masyarakat adat Kasepuhan Sinar Resmi berdasarkan hukum Islam adalah anak angkat tidak mendapatkan hak waris. Namun demikian, pada masyarakat adat Kesepuhan Sinar Resmi, ketentuan tentang hak waris pada anak angkat menggunakan ketentuan yang diatur dalam Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, sehingga hak waris anak angkat kedudukannya sederajat dengan anak kandung.

References

DAFTAR PUSTAKA

B. Bastian Tafal, Pengangkatan Anak Angkat Menurut Hukum Adat Serta Akibat-akibat Hukumnya Di Kemudian Hari, C.V. Rajawali Press, Jakarta,1983.
Departemen Agama RI, Alquran dan Terjemahannya Yayasan Penyelenggara Penterjemah Alquran, Jakarta, 1984.
Muderis Zaini, Adopsi, Suatu Tinjauan Dari Tiga Sistem Hukum, Sinar Grafika, Jakarta, 2007.
Sayyid Sabiq, Fiqhi Sunnah Cet; II Al-Ma’arif, Bandung, 1988.

Peraturan Perundang-Undangan
Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.
Kompilasi Hukum Islam
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 54 Tahun 2007 tentang Pengangkatan Anak
Published
2020-12-31
How to Cite
PERWIRA, T. H. (2020). CHILDREN’S RISK IN THE RISK OF THE RISK IN THE UNITED STATES OF RISK ISLAMIC RELATIONS BASED ON ISLAMIC COURT. TAFAQQUH: Jurnal Hukum Ekonomi Syariah Dan Ahwal Syahsiyah, 5(2), 75-83. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/tafaqquh/article/view/3929

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.