Tradisi Nabi Dalam Perspektif Pendidikan; Telaah atas Kitab al-Sunnah al-Nabawiyyah Ru’yatun Tarbawiyyatun Karya Dr. Sa’id Ismail Aly

  • Lenny Herlina Universitas Mataram

Abstract

Tulisan ini berangkat dari pertanyaaan tentang bagaimana Metode Pendidikan yang diterapkan oleh nabi Muhammad SAW dan menjadi tradisi Pendidikan Islam yang melekat?, bagaimana karakteristiknya? Dan siapakah mereka yang dikategorikan layak dalam mengimplementasikannya?, Dalam upaya menemukan jawaban-jawaban atas pertanyaan tersebut penulis menggunakan pendekatan literature review, yaitu kajian mendalam terhadap berbagai literature selingkung dengan tradisi Nabi dalam pengajaran dan Pendidikan dengan kitab al-Sunnah al-Nabawiyyah Ru’yatun Tarbawiyyatun Karya Dr. Said Ismail Aly sebagai buku utama dan beberapa buku lainnya sebagai penunjang. Pada buku utama ditemukan bahwa Metode Pendidikan yang diterapkan oleh Nabi dalam tradisi pendidikannya adalah apa yang kita kenal dengan istilah Pendidikan Rabbani, pengertian, karakteristik dan bagaimana mengimplementasikannya. Disimpulkan pula bahwa Metode Pendidikan dalam tradisi Nabi ini sejatinya menjadi solusi penting bagi mandegnya Pendidikan karakter sebagaimana diamanahkan system Pendidikan Nasional yang semula diharapkan lahir menjadi watak bangsa.  

References

Abu Guddah, Abdul Fattah. Muhammad Sang Guru: Menyibak Rahasia Cara Mengajar Rasulullah, Jakarta, penerbit Akses. 2015
Abdul Hafizh Suwaid, Dr. Muhammad Nur, Prophetic Parenting:Cara Nabi Mendidik Anak, Cetakan ke-IV.Yogyakarta, Pro-U Media, 2009.
Abdurrahman bin Muhammad bin Khaldun, Al-Allamah. Mukaddimah Ibnu Khaldun, Terj. Masturi Ilham Lc, dkk. Mukaddimah Ibnu Khaldun, Cetakan ke-3, Jakarta Timur, Pustaka Al-Kautsar, 2013.
Al-Gazaly, Imam. Mukhtashar Ihya’ Ulumiddin, terj. Junaidi Ismaiel, Intisari Ihya’ Ulumiddin, Jakarta, Serambi Semesta Distribusi, 2016.
_____ Ayyuhal Walad, Bandung, Irsyad Baitus Salam, 2005
Ismail Aly, Sa’id. As-Sunah An-Nabawiyah ; Ru'yah Tarbawiyah, Qahirah, Dar al-Fikr Al-Araby,. 2001.
Khaldun, Ibnu. Mukaddimah, terj.Masturi Ilham Lc.dkk.,Jakarta Timur, Pustaka al-Kautsar,2013.
Sidek Baba, Prof.Dr. Pendidikan Rabbani: Mengenal Allah Melalui Ilmu Dunia, Selangor, Karya Bestari Sdn.Bhd. 2000.
Suharso, Drs. dkk, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Semarang, Widya Karya. 2008.
Totok Jumantoro, Drs. Kamus Ilmu Hadis, Jakarta, Bumi Aksara. 200
Published
2021-06-24
How to Cite
Herlina, L. (2021). Tradisi Nabi Dalam Perspektif Pendidikan; Telaah atas Kitab al-Sunnah al-Nabawiyyah Ru’yatun Tarbawiyyatun Karya Dr. Sa’id Ismail Aly. TAFAQQUH: Jurnal Hukum Ekonomi Syariah Dan Ahwal Syahsiyah, 5(2), 102-115. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/tafaqquh/article/view/4166

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.