Pengaruh Tingkat Bagi Hasil dan Promosi Terhadap Minat Nasabah Deposito Barokah

Pengaruh Tingkat Bagi Hasil dan Promosi Terhadap Minat Nasabah Deposito Barokah

  • Rosalita Meinara STAI AL FITHRAH SURABAYA
Keywords: Tingkat Bagi Hasil, Promosi, Minat Nasabah, Deposito Barokah.

Abstract

Perbankan syariah merupakan lembaga keuangan bank syariah yang memiliki peranan penting dalam perkembangan ekonomi suatu negara. Kegiatan perbankan yang paling utama salah satunya adalah menghimpun dana dari masyarakat luas dengan menawarkan berbagai produk serta fasilitas yang akan diberikan kepada calon nasabah dan salah satu penghimpunan dana paling tinggi yaitu DPK (Dana  Pihak Ketiga) sebagian besar didominasi oleh produk deposito. Banyak faktor yang  mempengaruhi pesatnya pertumbuhan deposito salah satunya yaitu tingkat bagi hasil dan promosi yang dilakukan oleh lembaga keuangan bank syariah untuk nasabah. Penelitian ini menguji pengaruh tingkat bagi hasil dan promosi terhadap minat nasabah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor dari tingkat bagi hasil dan promosi mempengaruhi terhadap minat nasabah. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah nasabah deposito barokah pada Bank Jawa Timur KCP Syariah Wiyung Surabaya. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 75 nasabah. Kuesioner online disebarkan kepada nasabah deposito barokah berisi mengenai faktor tingkat bagi hasil, promosi dan minat nasabah. Dalam menganalisis data penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yaitu statistik deskriptif dengan pengukuran skala likert. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan analisi sregresi linier berganda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah random sampling yaitu simple random sampling. Teknik pengumpulan data diolah dengan menggunakan software SPSS versi 21. Hasil dari penelitian ini menunjukan variable tingkat bagi hasil dengan nilai uji t diperoleh sig 0.00<0.05 secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah, variable promosi dengan nilai uji t diperoleh sig 0.00<0.05 secara parsial berpengaruh terhadap minat nasabah. Hasil penelitian ini menunjukan kedua variable yaitu tingkat bagi hasil dan promosi dengan nilai (F-hitung) 87,208>(F-tabel) 3,12 secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah.

References

DDCAP Group, “Global Islamic Finance Report 2019” dalam Islamic Finance Country Index – IFCI 2019. DDCAP Group, 2019.

Ghozali Imam, Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Undip, 2011.

Hardian Permana Yogiarto Atanius, Pengaruh Bagi Hasil, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Perbankan Syariah Tabungan Mudharabah (Studi Kasus pada Nasabah Bank Muamalat Pekalongan). Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta, 2015.

Istijanto, Teori praktis riset pemasaran. Jakarta: Gramedia pustaka utama, 2009.

Jonathan Sarwono, Statistik Multivariat Aplikasi Untuk Riset Skripsi. Yogyakarta: CV Andi Offset, 2013.

Juniarty Nila, Mustika Noor Mifrahi, dan Achmad Tohirin, “Faktor-faktor yang mempengaruhi deposito mudharabah pada bank syariah di Indonesia” dalam Jurnal Ekonomi & Keuangan Islam. No. 1, Vol. 3. Januari 2017.

Karim, Adiwarman A, Abdul Rahman Shaleh dan Muhbid Abdul Wahab, Psikologi Suatu Pengantar Dalam Prespektif Islam. Jakarta: Prenada Media, 2004.

Karim, Adiwarman A, Bank Islam: Analisis Fiqih dan Keuangan. Jakarta: PT. Raja. Grafindo Persada, 2013.

Kasmir, Pemasaran Bank. Jakarta: Prenada Media, 2005.

Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS), Insight Buletin Ekonomi Syariah Edisi Kedelapan. Jakarta: KNKS, 2020.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, Maketing Management 15th edition. New Jersey: Pearson Education Limited, 2016.

Lupiyoadi Rambat, Manajemen Pemasaran Jasa, Teoridan Praktek Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat, 294.

M, Fishbein dan Ajzen I, Belief, Attitude, Intetion and Behavior: An Introduction In Theory and Reseach. Reading, MA: Addison-Wesley, 1975.

Machmud Amir dan Rukmana, Bank Syariah, Teori, Kebijakan, Dan Studi Empiris di Indonesia. Jakarta: Erlangga, 2010.

Mm Sukanto, Nafsiologi: Suatu Pendekatan Alternatif Atas Psikologi. Jakarta: Integrita Press, 1985.

Muhammad, Manajemen Bank Syariah.Yogyakarta: UPP AMP YKPN, 2005.

N Tamalia Yunia, Wawancara, Surabaya, 18 Maret 2020.

Rares A., R.J. Jorie,“The Effect Of The Price, Promotion, Location, Brand Image And Quality Products Towards The Purchase Decision Of Consumers At BengkelGaoel Store Manado Town Square” Journal Of Emba. No. 2, Vol. 3, Juni 2015. ISSN 2303-1174.

Sangadji, E, M. dan Sopiah, Perilaku konsumen. Yogyakarta: Andi Offset, 2013.

Shaleh Abdul Rahman dan Muhib Abdul Wahab. Psikologi Suatu Pengantar (dalam Perspektif Islam). Jakarta : Kencana, 2004.

Subagyo Ahmad, Marketing In Business Edisi Pertama. Jakarta: Mitra Wacana Media, 2010.

Sugiyono, Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta, 2007.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan kombinasi (mixed
methods). Bandung: Alfabeta, 2012.

Sugiyono, Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2010.

Suharwati Atik, Analisis Pengaruh Bagi Hasil, Pelayanan dan PromosiTerhadap Simpanan Deposito Mudharabah (StudiPada BMT Taruna Sejahtera CabangTuntang). Skripsi. IAIN Salatiga, 2016.

Sujianto Agus ko, Aplikasi Statisti kdengan SPSS 16.0. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher, 2009.

Suliyanto, Analisis Data Aplikasi Pemasaran. Purwokerto: Ghalia Indonesia, 2005.

Suliyanto, Metode Riset Bisnis. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2009.

Supranto Johannes, Riset Operasi (Untuk Pengambilan Keputusan). Jakarta: UI Press, 1987.

Ulfa Malikhatul, Analisis Pengaruh Promosi, Lokasi Serta Pelayanan Terhadap Keputusan Pengambilan Pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Dengan Minat Nasabah Sebagai Variabel Intervening Pada Bri Syariah KCP Majapahit Semarang.Skripsi. IAIN Salatiga, 2018.

Bank jatim dalam www.bankjatim.co.iddiakses 15 Maret 2020.

Nashr Tajun, “Konsep Promosi Produk Menurut Perspektif Hukum Islam” dalam https://www.rumahfiqih.com. 13 Desember 2016.
Published
2021-04-20
Section
Articles