https://ejournal.kopertais4.or.id/susi/index.php/JIBSE/issue/feed Al-Iqtiṣadie: journal of islamic banking and shariah economy 2021-05-07T13:40:56+00:00 Moh. Arifin, M.SEI. journal.iqtisadie@gmail.com Open Journal Systems <p>Al-Iqtiṣadie: journal of islamic banking and shariah economy</p> <p>&nbsp;</p> https://ejournal.kopertais4.or.id/susi/index.php/JIBSE/article/view/3288 Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Jama'ah Umrah Jasmine Tour dan Travel Surabaya 2021-05-07T13:40:55+00:00 Mas Songko songkostore@gmail.com Ahamad Aziz Sulthon aziz.sulthon82@gmail.com <p>Traveling for Hajj and Umrah requires travel agents who provide maximum and satisfying services. The purpose of this study was to analyze the jamaa'ah's satisfaction with the service quality of Jasmine Tour &amp; Travel Surabaya. This study uses primary data through a questionnaire. The sampling technique used purposive sampling with a sample of 54 samples obtained. This study uses multiple regression analysis methods using SPSS statistical tools. The empirical results show that partially tangible variables, reliability, responsiveness, assurance, and empathy have an effect on consumer satisfaction at Jasmine Tour &amp; Travel Surabaya's Jam'ah Umrah. Apart from that, simultaneously all the independent variables simultaneously have a significant positive effect on consumer satisfaction at Jam'ah Umrah Jasmine Tour &amp; Travel Surabaya.</p> 2021-04-15T15:58:22+00:00 Copyright (c) 2021 Al-Iqtiá¹£adie: journal of islamic banking and shariah economy https://ejournal.kopertais4.or.id/susi/index.php/JIBSE/article/view/3291 Metode Camels dan Islamicity Performance Index Pada Kesehatan Bank 2021-05-07T13:40:56+00:00 Safarinda Imani safarinda.imani@gmail.com <p>Bank Indonesia sebagai bank sentral memerlukan suatu kontrol terhadap bank-bank untuk mengetahui bagaimana keadaan keuangan serta kegiatan usaha masing-masing bank dengan cara pengukuran CAMELS. CAMELS terdiri dari rasio permodalan bank (<em>capital adequacy</em>), rasio kualitas aktiva produktif (<em>assets quality</em>), kemampuan manajemen dalam mengelola risiko (<em>management of risk</em>), rasio kemampuan menghasilkan laba (<em>earning ability</em>), rasio likuiditas (<em>liquidity sufficiency</em>), dan kemampuan menghadapi perubahan pasar (<em>sensitivity to market</em> <em>risk</em>). Pengukuran kesehatan bank lebih mengarah pada aspek finansial, dan peraturan tentang penilaian kesehatan bank tersebut berlaku baik bagi bank konvensional maupun bank syariah. Bagi bank konvensional, penilaian kesehatan bank tersebut sudah sesuai karena memang bank konvensional berorientasi komersial (<em>profit oriented</em>). Bagi bank syariah, peraturan penilaian kesehatan bank tersebut kurang sesuai karena fungsi bank syariah selain <em>profit oriented </em>juga <em>social oriented </em>sesuai amanah UU No. 10 Tahun 1998, serta harus sesuai dengan <em>maqasid syariah</em>. Oleh karena itu perlu dicari alternatif cara penilaian kesehatan bank syariah yang tidak hanya mempertimbangkan aspek finansial tetapi juga mengakomodasi aspek sosial dan aspek syariah. Jiwa, akal, keturunan, Mal yang mengukur aset dan tingkat resiko yang akan terjadi. Bank syariah juga perlu mengembangkan sebuah indeks yang dinamakan <em>Islamicity Performance Index</em>, sehingga kinerja dari lembaga keuangan Islam dapat benar-benar diukur mulai dari pendidikan personal, profit sharing, rasio zakat, islamic investment. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan atau library research.</p> 2021-04-20T14:03:58+00:00 Copyright (c) 2021 Al-Iqtiá¹£adie: journal of islamic banking and shariah economy https://ejournal.kopertais4.or.id/susi/index.php/JIBSE/article/view/3292 Pengaruh Tingkat Bagi Hasil dan Promosi Terhadap Minat Nasabah Deposito Barokah 2021-05-07T13:40:56+00:00 Rosalita Meinara rosalitamp97@gmail.com <p><em>Perbankan syariah merupakan lembaga keuangan bank syariah yang memiliki peranan penting dalam perkembangan ekonomi suatu negara. Kegiatan perbankan yang paling utama salah satunya adalah menghimpun dana dari masyarakat luas dengan menawarkan berbagai produk serta fasilitas yang akan diberikan kepada calon nasabah dan salah satu penghimpunan dana paling tinggi yaitu DPK (Dana &nbsp;Pihak Ketiga) sebagian besar didominasi oleh produk deposito. Banyak faktor yang &nbsp;mempengaruhi pesatnya pertumbuhan deposito salah satunya yaitu tingkat bagi hasil dan promosi yang dilakukan oleh lembaga keuangan bank syariah untuk nasabah. Penelitian ini menguji pengaruh tingkat bagi hasil dan promosi terhadap minat nasabah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor dari tingkat bagi hasil dan promosi mempengaruhi terhadap minat nasabah. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah nasabah deposito barokah pada Bank Jawa Timur KCP Syariah Wiyung Surabaya. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 75 nasabah. Kuesioner online disebarkan kepada nasabah deposito barokah berisi mengenai faktor tingkat bagi hasil, promosi dan minat nasabah. Dalam menganalisis data penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yaitu statistik deskriptif dengan pengukuran skala likert. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan analisi sregresi linier berganda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah random sampling yaitu simple random sampling. Teknik pengumpulan data diolah dengan menggunakan software SPSS versi 21.</em></p> <p><em>Hasil dari penelitian ini menunjukan variable tingkat bagi hasil dengan nilai uji t diperoleh sig 0.00&lt;0.05 secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah, variable promosi dengan nilai uji t diperoleh sig 0.00&lt;0.05 secara parsial berpengaruh terhadap minat nasabah. Hasil penelitian ini menunjukan kedua variable yaitu tingkat bagi hasil dan promosi dengan nilai (F-hitung) 87,208&gt;(F-tabel) 3,12 secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah.</em></p> 2021-04-20T14:05:18+00:00 Copyright (c) 2021 Al-Iqtiá¹£adie: journal of islamic banking and shariah economy https://ejournal.kopertais4.or.id/susi/index.php/JIBSE/article/view/3293 Spriritual Konsumsi dalam Ekonomi Islam: Pendekatan Filsafat dan Al Qur’an 2021-05-07T13:40:56+00:00 Moh Arifin fara.oktafrilia@gmail.com <p>Sistem ekonomi Islam menempatkan manusia bukanlah sebagai sentral <em>(anthroposentrism) </em>tetapi sebagai hamba Tuhan <em>(âbid)</em> yang harus mengabdi dan mengemban tugas yang dipercayakan-Nya sebagai hamba <em>(khalîfah</em>). Menurut filsafat, jika ditinjau secara ontologi, epistemologi, dan aksiologi, ekonomi islam memiliki koridor-koridor yang membatasi aktivitas manusia dalam masalah konsumsi. Penelitian ini merupakan jenis karya tulis deskriptif <em>(descriptive research) </em>dengan penelitian kualitatif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis dari orang-orang dan perilaku yang diamati, didukung dengan studi literatur atau studi kepustakaan berdasarkan pendalaman kajian pustaka, sehingga realitas dapat dipahami dengan baik.,&nbsp; Konsumsi dalam ekonomi islam memiliki perbedaan yang sangat signifikan dengan konvensional, Maslahah dan utility mejadi indikator penting untuk menbedakan tujuan konsumsi menurut ekonomi islam dan konvensional. Oleh sebab itu, al-Qur’an selaku sumber segala ilmu memberikan petunjuk yang jelas terkait aktivitas konsumsi manusia.</p> 2021-04-20T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2021 Al-Iqtiá¹£adie: journal of islamic banking and shariah economy https://ejournal.kopertais4.or.id/susi/index.php/JIBSE/article/view/3296 Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Untuk Meningkatkan Keunggulan Kompetitif Dalam Perspektif Ekonomi Islam 2021-05-07T13:40:56+00:00 Nur Vita Anggaraini fitaanggarini99@gmail.com <p><em>Adanya persaingan yang ketat menuntut suatu bank untuk berlomba-lomba dalam menguasai pasar bahkan ingin berada pada posisi paling berpengaruh di pasar persaingan. Suatu bank perlu melakukan kajian dalam strategi pemasaran karena bertujuan untuk menguji serta menilai sejauh mana pemasaran dari produk yang dihasilkan dapat mendukung pengembangan usaha atau bisnis yang direncanakan. Strategi pemasaran dalam sektor ekonomi yang ada di Indonesia cukup berkembang dengan pesat, salah satu hal yang paling penting dalam sektor ekonomi adalah pemasaran. Dimanapun berdirinya suatu perusahaan pasti memiliki strategi&nbsp; agar unggul dalam bersaing demi mengembangkan dan memajukan perusahaannya seperti dalam sektor keuangan.</em> <em>Strategi pemasaran dalam sektor ekonomi yang ada di Indonesia cukup berkembang dengan pesat, salah satu hal yang paling penting dalam sektor ekonomi adalah pemasaran. Dimanapun berdirinya suatu perusahaan pasti memiliki strategi&nbsp; agar unggul dalam bersaing demi mengembangkan dan memajukan perusahaannya seperti dalam sektor keuangan. PT BPRS Madinah Lamongan adalah salah satu bank pembiayaan rakyat syariah di kota Lamongan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran produk pembiayaan dalam meningkatkan keunggulan kompetitif menurut perspektif ekonomi Islam pada PT. BPRS Madinah Lamongan, jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif . Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis SWOT.</em> <em>Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa strategi pemasaran produk&nbsp; yang diterapkan PT. BPRS Madinah dalam meningkatkan keunggulan kompetitif menurut perspektif ekonomi Islam yaitu diimplementasikan&nbsp; menggunakan analisa marketing mix/bauran pemasaran yang terdiri dari&nbsp; 4P&nbsp; product (produk), price (harga), promotion (promosi), place (tempat).</em></p> 2021-04-20T15:07:09+00:00 Copyright (c) 2021 Al-Iqtiá¹£adie: journal of islamic banking and shariah economy https://ejournal.kopertais4.or.id/susi/index.php/JIBSE/article/view/3294 Analisis Persepsi Mahasiswa Universitas Islam Riau Terhadap Kelayakan Konversi BPR Unisritama Menjadi BPR Syariah 2021-05-07T13:40:56+00:00 Hendra Eka Saputra hekasauntukbangsa@gmail.com <p>Latar belakang penelitan ini adalah bank salah satu wadah untuk aktivitas keuangan. Bank termasuk kategori dari suatu tolak ukur bagi suatu negara dalam meningkatkan perekomian. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana persepsi mahasiswa Universitas Islam Riau terhadap kelayakan konversi Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Unisritama menjadi Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS)? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa Universitas Islam Riau terhadap kelayakan konversi Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Unisritama menjadi Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS).Kerangka teori penelitian ini adalah faktor-faktor dari luar yang terdiri dari pengaruh-pengaruh lingkungan luar antara lain: intensitas, ukuran, pengulangan, gerakan, dan hal-hal yang baru. faktor dari dalam diri seseorang yang mempengaruhi proses seleksi persepsi antara lain: Pemahaman (learning), motivasi, dan kepribadiannya.Metodologi yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif. Sampel yang diambil seluruh populasi yaitu 100 orang. Teknik pengambilan sampel adalah dengan menggunakan rumus slovin. Berdasarkan hasil penelitian tentang analisis persepsi mahasiswa Universitas Islam Riau terhadap kelayakan konversi bank perkreditan rakyat Unisritama menjadi bank pembiayaan rakyat syariah yang diolah melalui jawaban responden dapat disimpulkan bahwa P = 81,21% yang berarti analisis persepsi mahasiswa Universitas Islam Riau terhadap kelayakan konversi bank perkreditan rakyat Unisritama menjadi bank pembiayaan rakyat syariah banyak menjawab “sangat baik/sangatlayak” dengan persentase 81%-100%.</p> 2021-04-20T15:08:04+00:00 Copyright (c) 2021 Al-Iqtiá¹£adie: journal of islamic banking and shariah economy