Aktualisasi Pendidikan Islam dalam Dunia Kerja (Studi Kasus di Yayasan Sosial Nurul Hayat Surabaya)

  • Ihyaul Kholid STAI Taruna Surabaya
Keywords: Pendidikan, spiritualitas

Abstract

Abstrak: Jurnal ini adalah hasil penelitian Ihyaul Kholid yang berjudul “Aktualisasi Pendidikan Islam dalam Dunia Kerja (studi kasus di yayasan Nurul Hayat Surabaya).†Hasil penelitian ini akan menjawab tentang penerapan pendidikan Islam di dalam lapangan pekerjaan. Penerapan pendidikan Islam yang dimaksud, mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dalam mengajarkan poin-poin agama Islam kepada para karyawan di yayasan Nurul Hayat Surabaya. Dalam penelitian ini, penulis berusaha masuk ke dalam dunia pekerjaan yang ada di yayasan Nurul Hayat  untuk mengumpulkan data-data akurat dari yayasan, baik berupa data primer maupun data sekunder. Melalui pendekatan fenomenologi penulis dapat menemukan dua fenomena yang berjalan penuh optimal, yaitu pendidikan Islam dan budaya kerja di yayasan Nurul Hayat. Setelah peneliti membandingkan data dari hasil pengamatan dengan data dari hasil wawancara dan dokumentasi tentang pendidikan spiritual dan budaya kerja di yayasan Nurul Hayat Surabaya, penulis mengkorelasikan dengan komponen-komponen pendidikan yang ada di pendidikan formal. Dari pengamatan yang dilakukan oleh peneliti dapat menghasilkan kesimpulan bahwa aktualisasi pendidikan Islam di yayasan Nurul hayat Surabaya tidak sedikitpun menghambat produktifitas pekerjaan. Dengan adanya pendidikan Islam dalam dunia kerja yayasan Nurul Hayat dapat menciptakan budaya kerja yang menjadi percontohan bagi semua lapangan pekerjaan di luar yaysan Nurul Hayat surabaya. Selain pendidikan Islam, penanaman spiritualitas kepada karyawan sangat digalakkan, demi tercipta budaya kerja yang islami. Dalam penelitian ini juga ditemukan bahwa penanaman spiritualitas bagi para karyawan dapat mendorong semangat budaya kerja bagi karyawan. Penenaman spiritualitas  di tempat kerja mampu menciptakan budaya kerja baru yang menjadikan karyawan merasa lebih bahagia dan bekerja lebih baik serta enggan untuk pindah ke tempat kerja lain. Pendidikan Islam dan spiritualitas  karyawan Nurul Hayat disampaikan dalam bentuk training, kajian spiritual berupa ilmu akhlak dan ilmu tasawwuf dan pembiasaan diri membangun spiritual melalui amalan-amalan sunnah. Proses pendidikan Islam di Nurul Hayat juga memenuhi komponen-komponen pendidikan pada umumnya, seperti adanya peserta didik dan  pendidik, kurikulum, metode pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Kata kunci: Pendidikan, spiritualitas
Published
2020-03-01
How to Cite
Kholid, Ihyaul. 2020. “Aktualisasi Pendidikan Islam Dalam Dunia Kerja (Studi Kasus Di Yayasan Sosial Nurul Hayat Surabaya)”. Jurnal Keislaman 3 (1), 91-120. https://doi.org/10.54298/jk.v3i1.3119.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.