Kajian Religius-Historis Pendidikan Islam di Indonesia

  • Muhammad Tang Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Furqon Makassar

Abstract

Pendidikan merupakan sebuah proses yang sangat vital dalam kelangsungan hidup manusia. Tak terkecuali pendidikan Islam, yang dalam sejarah perjalanannya memiliki berbagai dinamika. Eksistensi pendidikan Islam nyatanya telah membuat kita berkontemplasi dengan berbagai dinamika dan perubahan yang ada. Untuk melihat konsep dasar pendidikan Islam secara holistik dan komprehensif perlu melihat beberapa landasan utama dalam Pendidikan Islam, diantaranya yaitu; landasan teologis, filosofis, sosiol-kultural, fsikologis, landasan ilmu pengetahuan dan teknologi (ilmiah), konsep fitrah dalam Islam serta makna, dan tujuan pendidikan Islam. Pendidikan islam lambat laun masuk dalam sistem Pendidikan nasional, pembaharuan aspek fisik maupun nonfisik, pemberdayaan pendidikan Islam nonformal, dan peningkatan atmosfer dan suasana praktik keagamaan. Berbagai perubahan dan perkembangan dalam pendidikan Islam itu sepatutnya membuat kita senantiasa terpacu untuk mengkaji dan meningkatkan lagi kualitas diri, demi peningkatan kualitas dan kuantitas pendidikan Islam di Indonesia. Telah lazim diketahui, keberadaan pendidikan Islam di Indonesia banyak diwarnai perubahan, sejalan dengan perkembangan zaman serta ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada. Sejak dari awal pendidikan Islam, yang masih berupa pesantren tradisional hingga modern, sejak madrasah hingga sekolah Islam bonafide, mulai Sekolah Tinggi Islam sampai Universitas Islam, semua tak luput dari dinamika dan perubahan demi mencapai perkembangan dan kemajuan yang maksimal.
Published
2018-11-17
How to Cite
Tang, M. (2018). Kajian Religius-Historis Pendidikan Islam di Indonesia. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 8(1), 52-74. https://doi.org/10.54180/elbanat.2018.8.1.52-74
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.