Urgensi Etika dalam Pendidikan Akhlak Islam menurut Perspektif Yusuf al-Makassari

  • Ansori Ansori Sekolah Tinggi Agama Islam YPBWI Surabaya

Abstract

Dalam artikel ini, memang dipaparkan secara jelas bahwa etika yang dijelaskan oleh Syekh Yusuf merupakan etika sosial, melainkan dalam pembahasan artikel ini akan bertemu dengan kata etika religious Syekh Yusuf al-Makassari. Namun, metode dan esensinya mencerminkan etika sosial, hanya perbedaan sebutan dan nama dari etika religious dan etika sosial. Model dakwah etika yang dipaparkan oleh Syekh Yusuf adalah adaptif, jauh dari pemaksaan, kekerasan, dan anarkisme. Etika yang dipaparkan oleh nya mencerminkan Islam yang damai dan santun. Artikel ini di dalamnya akan membahas etika dalam pandangan Syekh Yusuf al-Makassari, yang diawali dengan pembahasan mengenai biografi. Landasan dan pijakan utama etika religious berdasarkan al-Qur’Än, hÌ£adÄ«th, dan beberapa kitab yang pernah dipelajarinya. Saya mengharap pembahasan dalam artikel ini dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang lewat selintas dalam fikiran ketika membaca judul dari artikel ini. Maka dari itu alangkah baiknya jika membaca artikel ini sampai selesai.
Published
2018-06-30
How to Cite
Ansori, A. (2018). Urgensi Etika dalam Pendidikan Akhlak Islam menurut Perspektif Yusuf al-Makassari. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 8(1), 155-170. https://doi.org/10.54180/elbanat.2018.8.1.155-170
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.