Implementasi Pembelajaran Sosial Emosional pada Masa Pembelajaran Jarak Jauh

  • Nia Indah Purnamasari STAI YPBWI Surabaya
  • Zuni Putri Isnaini STAI YPBWI Surabaya
  • Abd Azis STIT Al-Ibrohimy Bangkalan
Keywords: Pembelajaran Anak Usia Dini, Sosial Emosional, Masa Pandemi, Pembelajaran Jarak Jauh, Kegiatan Pembiasaan Cuci Tangan

Abstract

Pada saat ini, pembelajaran sosial emosional  yang diberikan masih kurang beragam dan kurang efektif. Padahal sosial emosional mempengaruhi perkembangan anak. Untuk itu, perlu adanya inovasi pembelajaran, terlebih pada masa Pembelajaran Jarak Jauh saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis trobosan baru terhadap pembelajaran sosial emosional di masa pembelajaran jarak jauh siswa TK Az Zahra Wedoro Waru Sidoarjo. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan rancangan pembelajaran “One Shot Case Studyâ€. Penulis menyimpulkan bahwa pembelajaran sosial emosional pada masa pembelajaran jarak jauh dapat melalui kegiatan pembiasaan cuci tangan dengan menggunakan tiga tahapan, yaitu tahap pengenalan, tahap praktek atau eksekusi, dan tahap pembiasaan. Anak juga sangat antusias dan berinteraksi aktif dalam mengikuti kegiatan tersebut.  Kegiatan pembiasaan cuci tangan memberikan stimulus yang baik terhadap kemandirian dalam menjaga kebersihan tangan sehingga orang tua tidak perlu lagi menunggu anak mencuci tangan pada masa pandemi. Selain itu, tanpa sengaja, kerja sama terbangun antara orang tua dan anak dalam menjaga kebersihan tangan.
Published
2022-06-01
Section
Articles