Upaya Meningkatkan Belajar Membaca Permulaan Melalui Media Kartu Huruf di SDN Gonggang 2 Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan

  • Puspita Widyagarini STAI YPBWI Surabaya
Keywords: Membaca Permulaan, Media Pembelajaran, Kartu Huruf, Hasil Belajar

Abstract

Membaca permulaan merupakan tahapan proses belajar membaca bagi siswa SD/MI kelas awal. Siswa belajar untuk memperoleh kemampuan dan menguasai teeknik-teknik membaca dan menangkap isi bacaan dengan baik, sehingga siswa menjadi suka dan terbiasa membaca karena tumbuh kesadaran membaca merupakan suatu kegiatan yang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa dalam pembelajaran menggunakan media kartu huruf, untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca permulaan siswa kelas 1 SDN GONGGANG 2. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah deskripstif kuantitatif dengan mendeskrisikan hasil pengamatan pembelajaran yang menggunakan media visual kartu huruf pada siswa kelas 1 SDN GONGGANG 2 Poncol, Magetan. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa media pembelajaran kartu huruf efektif meningkatkan belajar membaca permulaan siswa, kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 mengalami kenaikan sebesar 49% setelah diberikan media kartu huruf.
Published
2023-03-11
Section
Articles