Pendidikan Prenatal Pada Ibu Hamil Di Desa Karangsono Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember Tahun 2020 (Studi Living Qur’an: Internalisasi Surat Maryam dan Surat Yusuf)

  • Anita Fitriya Institut Agama Islam Al-Qodiri Jember, Jawa Timur
  • Siti Maulidatul Hasanah Institut Agama Islam Al-Qodiri Jember, Jawa Timur

Abstract

ABSTRAK Al-Qur'an telah menjadi denyut nadi kehidupan social, sebagaimana yang terjadi di desa Karangsono, interaksi Al-Qur'an dengan ibu hamil melalui pembacaan surah-surah pilihan dalam Al-Qur'an, yaitu surah Maryam dan surah Yusuf dalam Pendidikan Prenatal. Kepercayaan masyarakat di desa Karangsono masih kental pemahamannya dengan tradisi pembacaan Surat Maryam dan Surat Yusuf untuk bakal calon anaknya. Berangkat dari itu, fokus penelitian yang diteliti adalah: 1) Bagaimana konsep Surat Maryam dan Surat Yusuf dalam Pendidikan Prenatal di desa Karangsono? 2) Apa saja Kendala yang dihadapi dalam Internalisasi Surat Maryam dan Surat Yusuf pada Pendidikan Prenatal di desa Karangsono?, 3) Apa dampak Internalisasi Surat Maryam dan Surat Yusuf pada Pendidikan Prenatal didesa Karangsono?. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan: 1) Konsep Surat Maryam dan Surat Yusuf dalam Pendidikan Prenatal didesa Karangsono, 2) Kendala yang dihadapi dalam Internalisasi Surat Maryam dan Surat Yusuf pada Pendidikan Prenatal dan 3) Dampak internalisasi Surat Maryam dan Surat Yusuf pada Pendidikan Prenatal didesa Karangsono. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penetuan subyek penelitian secara purposive sampling, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan analisa deskriptif dengan model interaktif Miles Huberman dengan langkah-langkah: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Metode teknik keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Adapun hasil penelitian ini yaitu: 1) Konsep Internalisasi Surat Maryam dan Surat Yusuf dalam Pendidikan Prenatal yaitu dimulai dari melakukan stimulasi diusia dini, dengan 3 Aspek: a) Memberi pendidikan secara moral yaitu dengan lebih menjaga perkataan, mengontrol emosi, melihat video-video edukasi di Internet. b) Pendidikan secara rohani dengan sering membacakan Al-Qur’an yang dikhususkan pada surat Maryam dan surat Yusuf sebagai bentuk tafa’ulan dari kedua surat tersebut, yang biasanya dibaca setelah sholat magrib, mengikuti Majelis Ta’lim, Dan c) Secara fisik dengan menjaga kesehatan fisik melalui minum susu. 2) Kendala yang dihadapi dalam Internalisasi Pendidikan Prenatal yang lebih dominan  adalah 2 Aspek: a) Kondisi fisik mudah lelah, dan rasa malas dari ibu hamil sendiri, b) Kondisi psikis. seperti sedang ada masalah atau pikiran, serta perilaku dari ibu hamil yang kurang mendisplinkan diri dalam kegiatan pendidikan prenatal. 3) Dampak internalisasi Surat Maryam dan Surat Yusuf dalam Pendidikan prenatal adalah lebih dominan harapan memiliki anak perempuan dan laki-laki yang sholeh dan sholehah terkabulkan, Memberikan rasa tenang dihati dan juga pikiran, Selain itu juga untuk kesehatan kandungan. kemudahan saat proses persalinan. Kata Kunci: Pendidikan Prenatal Pada Ibu Hamil.
Published
2021-01-22
How to Cite
Fitriya, A., & Hasanah, S. (2021, January 22). Pendidikan Prenatal Pada Ibu Hamil Di Desa Karangsono Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember Tahun 2020 (Studi Living Qur’an: Internalisasi Surat Maryam dan Surat Yusuf). Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 35-51. https://doi.org/https://doi.org/10.1234/cej.v2i1.4010
Section
Articles