Manajemen Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Kecerdasan Siswa Di Pos PAUD Anyelir 31 Jember

  • Syaiful Rizal Institut Agama Islam Al-Qodiri Jember, Jawa Timur
  • Muawanah Muawanah Institut Agama Islam Al-Qodiri Jember, Jawa Timur

Abstract

ABSTRACT The learning objective is to optimize the overall development of the child and involve interactive communication. One way to implement the above is by providing the most effective and effective learning methods for singing students. Singing has many benefits, one of which is the development of intelligence possessed by children. Of the 9 intelligences, 3 intelligences can be achieved through intelligence methods that have kinesthetic intelligence, musical intelligence, and linguistic verbal intelligence of children. The purpose of this research is to see how the school management is implementing the singing method. Type of research Field research (field research) which is then described qualitatively. The results of the study can be concluded that the singing management of Pos PAUD Anyelir 31 covers: a) planning management as stated in the learning tools and the planning stage of the singing method (determining goals, determining material, selecting models). b) implementation management, including learning media or teaching materials to be delivered, dividing children into small groups, guiding children in the implementation of singing and overcoming problems or obstacles that often occur during singing. c) management evaluation of management and recorded management. Keywords: Singing Method, Intelligence, Students   ABSTRAK Tujuan pembelajaran adalah untuk mengoptimalkan perkembangan anak secara menyeluruh serta terjadinya komunikasi interaktif. Salah satu cara mengimplementasikan hal diatas yakni dengan memberikan metode pembelajaran yang paling efektif dan efesien bagi siswa  yakni dengan bernyanyi. Bernyanyi memiliki banyak mamfaat salah satunya terbangunnya kecerdasan yang dimiliki oleh anak. Dari 9 kecerdasaan, 3 kecerdasaan bisa dicapai melalui metode bernyanyi yakni kecerdasan kinestetik, kecerdasan musikal, dan kecerdasan verbal linguistik anak. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana managemen yang dilakukan sekolah dalam hal implementasi metode bernyanyi. Jenis penelitian Field Research (penelitian lapangan) yang kemudian dideskripsikan secara kualitatif. Hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa managemen bernyanyi Pos PAUD Anyelir 31 melingkupi : a) managemen perencanaan yang tertuang pada perangkat pembelajaran dan tahap perencanaan metode bernyanyi (menetapkan tujuan, menetapkan materi, memilih model). b) managemen pelaksanaan diantaranya menyiapkan media pembelajaran atau bahan ajar yang akan disampaikan, membagi anak dalam suatu kelompok kecil, memandu anak dalam pelaksanaan bernyanyi serta mengatasi problem atau hambatan yang sering terjadi waktu pelaksanaan bernyanyi. c) managemen evaluasi yakni penilaian proses dan penilaian sikap yang didokumentasikan. Kata Kunci : Metode Bernyanyi, Kecerdasan, Siswa
Published
2021-01-22
How to Cite
Rizal, S., & Muawanah, M. (2021, January 22). Manajemen Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Kecerdasan Siswa Di Pos PAUD Anyelir 31 Jember. Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 82-92. https://doi.org/https://doi.org/10.1234/cej.v2i1.4073
Section
Articles