Konsep Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Pandangan Psikologi Al-Qur’an Dan Hadits

  • Badrun Fawaidi Hasyim Institut Agama Islam Al-Qodiri Jember, Jawa Timur

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini melakukan penganalisaan dengan tujuan mendeskripsikan terhadap aspek pendidikan anak usia dini (AUD) dan mendapatkan konsep pendidikan anak usia dini dalam pandangan psikologi dan al-Qur’an Hadits. Sedangankan jenis penelitian library research, teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, setelah data terkumpul lalu dianalisis dengan analisis deskriptif dan content analysis. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa Pertama: konsep pendidikan anak dalam perspekstif psikologi memiliki empat dimensi utama yaitu, fisik, psikis, spiritual, dan sosio kultural. Pradigma pola pendidikan anak usia dini (AUD) harus sesuai dengan kondisi psikolog anak artinya  melalui pendekatan gaya Autoritatif. Kedua: mendidik dengan pandangan al-Qur’an dan hadits, dapat menjadikan anak dapat bertumbuh kembang secara optimal baik secara fisik maupun mental, dalam artian anak dapat tumbuh menjadi pribadi yang matang baik secara intelektual, emosional, maupun spiritual berlandaskan islam dan iman. Psikologi dalam pandangan al-Qur’an dan Hadits yaitu menjembatani kegiatan belajar dalam mentrasfer ilmu pengetahuan supaya agar lebih memperhatikan psikologi dari masing-masing individu anak usia dini (AUD), karena hal ini sangat menetukan keberhasilan orang tua atau pendidik dalam mentransfer ilmu yang diberikan kepada anak-anaknya. Kata Kunci: Pendidika AUD, Psikologi, Al-Qur’an dan Hadits.
Published
2021-01-22
How to Cite
Hasyim, B. (2021, January 22). Konsep Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Pandangan Psikologi Al-Qur’an Dan Hadits. Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 93-110. https://doi.org/https://doi.org/10.1234/cej.v2i1.4080
Section
Articles