Peran Guru Dalam Membangun Nilai-Nilai Karakter Pada Anak Usia Dini Di Paud Kamboja 69 Sukowono Jember

  • Anita Fitriya IAI Al-Qodiri Jember

Abstract

Proses pendidikan pada anak usia dini (PAUD) telah menjadi permasalahan terutama dalam membangun nilai-nilai karakter anak. Hal inidisebabkan lantaran guru lebih dominan diperankan sebagai administrator dan pengajar yang hanya fokus pada pengetahuan akademis (kognitif) seperti membaca, menulis, dan berhitung. Sehingga pembangunan karakter pada anak usia dini kerap kali terabaikan, padahal membangun nilai-nilai karakter pada anak usia dini sangat penting.Oleh karena itu, maka memaksimalkan peran guru sebagai Pendidik, Pembimbing dan Model/Teladanadalah solusi yang paling tepat dan efektif untuk mengatasi problem dalam pembangunan karakter pada anak usia dini. Mengacu pada konteks di atas, maka fokus dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Peran Guru sebagai pendidik (Murabby), pembimbing, dan sebagai model dalam Membangun Nilai-nilai Karakter Pada Anak Usia Dini. Sedangkan tujuan penelitian nya adalah untuk mendeskrisikan Peran Guru sebagai pendidik (Murabby), pembimbing, dan sebagai model dalam Membangun Nilai-nilai Karakter Pada Anak Usia Dini. penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. jenis penelitiannya adalah studi kasus. Teknik penentuan informan menggunakan Purposive sampling. Teknik pengumpulan datanya adalahObservasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Peran Guru sebagai pendidik (Murabby) dalam MembangunNilai-nilai Karakter Pada Anak Usia Dini di Pos PAUD Kamboja 69 sebagai pengayom, pendamping, dan pelayan bagi peserta didiknya. Mengayomi, mendampingi, dan melayani peserta didik merupakan kewajiban dan tanggung jawab seorang guru sebagai pendidik untuk meralisasikan nilai-nilai karakter yang berhubungann dengan Tuhan, orang tua, dan dirinya sendiri, 2) Peran Guru sebagai Pembimbing dalam Membangun Nilai-nilai Karakter Pada Anak Usia Dini di Pos PAUD Kamboja 69 Pocangan adalah sebagai pengarah, pengontrol, pemantau, pengawal, dan pengingat yang dalam pelaksanaannya adalah senantiasa menemani, mengarahkan, mengingatkan dan membimbing peserta didik agar memiliki perilaku, budi pekerti, dan akhlak yang baik. Sebagai pembimbing guru tidak hanya membimbing peserta didik dari aspek jasmani tapi juga membangun mental yang baik, perilaku yang baik, dan moral yang baik. Dan 3) Peran Guru sebagai model/Uswah(Muaddib) dalam Membangun Nilai-nilai Karakter Pada Anak Usia Dini di Pos PAUD Kamboja 69 Pocangan Sukowono Jember adalah menyeleraskan ucapan dengan perbuatan serta meanmpilkan penampilan yang rapi dan sopan di dalam dan di luar sekolah dan kelas. Kata Kunci: Guru; Nilai-nilai Karakter; Anak Usia Dini.  
Published
2021-06-30
How to Cite
Fitriya, A. (2021). Peran Guru Dalam Membangun Nilai-Nilai Karakter Pada Anak Usia Dini Di Paud Kamboja 69 Sukowono Jember. Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 151-169. https://doi.org/10.53515/CJI.2021.2.2.151-169
Section
Articles