Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/CEJ <p>Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini</p> <p>Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Pusat Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan Publikasi Ilmiah (LP3M) Institut Agama Islam Al-Qodiri Jember yang bekerjasama dengan Kopertais 4 Surabaya.&nbsp;</p> <p>Adapun serial number Online ataupun Cetak Jurnal ini yaitu: e-ISSN:&nbsp;<strong>2716-2079&nbsp;</strong>dan p-ISSN:&nbsp;<strong>2721-0685</strong></p> <p>Jurnal ini merupakan Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini yang berisikan tulisan ilmiah tentang pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah atau Sekolah Raudhatul Atfal, Taman Pendidikan Anak-Anak serta inovasi-inovasi pendidikan di Anak Usia Dini (AUD), dan pemikiran pendidikan dalam bentuk: 1) Hasil penelitian, 2) Gagasan konseptual, 3) Kajian kepustakaan, dan pengalaman praktis.</p> <p>Jurnal ini terbit 2 (dua) kali dalam Setahun pada bulan <strong>Januari </strong>dan<strong> Juni</strong></p> <p>Redaksi mengundang para akademisi, dosen, maupun peneliti untuk berkontribusi memasukkan artikel ilmiahnya yang belum pernah diterbitkan oleh jurnal lain. Naskah diketik dengan spasi 1,5 cm pada kertas ukuran A4 dengan panjang tulisan antara 20-25 halaman, 7000-9000 kata. Naskah yang masuk dievaluasi oleh dewan redaksi dan mitra bestari. Redaktur dapat melakukan perubahan pada tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengubah substansinya.</p> <p>Alamat Redaksi: Jl. Manggar Gerbang Poreng 139A Patrang Jember. Telp. 0331- 412034, Fax. 0331-427490,48569,</p> <p>Email Jurnal:<strong> jurnalpiaudiaialqodiri@gmail.com&nbsp;</strong></p> <p>&nbsp;</p> en-US uamrela@gmail.com (Umah Amrela) Anita_fitriya@yahoo.com (Anita Fitriya) Mon, 26 Jun 2023 00:00:00 +0000 OJS 3.1.2.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Pola Asuh Otoriter Sebagai Pemicu Sikap Agresivitas Anak Usia Dini https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/CEJ/article/view/5034 <p><strong>Abstrak: </strong>Penelitian ini membahas mengenai pola asuh otoriter yang mempengaruhi sikap agresivitas pada anak usia dini. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan pengaruh pola asuh orangtua yang otoriter terhadap sikap agresivitas pada anak usia dini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif dengan desain penelitian berupa studi literatur. Penelitian studi literatur adalah penelitian yang menggunakan kumpulan informasi dan data yang diperoleh dari sumber seperti dokumen, buku, artikel, majalah, berita, dan sebagainya. Hasil dari penelitian mengemukakan bahwa pola asuh orangtua yang otoriter dapat mempengaruhi sikap agresivitas pada anak usia dini. pola asuh otoriter yang dilakukan oleh orang tua merupakan salah satu faktor penyebab atau pemicu anak memiliki sikap agresifitas. Pola asuh orangtua yang kurang tepat, dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap sikap anak, pola asuh yang otoriter berpeluang untuk menjadikan sikap agresif anak semakin tumbuh. Hubungan positif atau searah ini diartikan bahwa semakin tinggi tingkat pola asuh otoriter maka semakin tinggi pula perilaku agresif anak, sebaliknya semakin rendah&nbsp; tingkat pola asuh otoriter maka semakin rendah pula perilaku agresif anak.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Kata Kunci</strong>: Pola asuh, <em>Otoriter, Agresivitas</em></p> SYIFA TAZQIA Copyright (c) 2023 http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/CEJ/index https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/CEJ/article/view/5034 Wed, 28 Jun 2023 00:00:00 +0000 Keterampilan Berpakaian Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Aisyiyah I Palangka Raya https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/CEJ/article/view/5057 <p><strong>: </strong>Anak usia dini dikenal sebagai masa keemasan <em>“golden age” </em>disepanjang rentang usia perkembangan manusia. Dimasa inilah anak secara khusus mudah menerima stimulus-stimulus dari lingkunganya. Lingkungan menjadi faktor utama dalam membantu keterampilan bantu diri pada anak yang mana keterampilan bantu diri ini adalah salah satu cara terbaik dalam perawatan diri sendiri. Berpakaian adalah salah satu keterampilan bantu diri yang sering kali ditemui oleh anak dalam rutinitas sehari-hari. Keterampilan bantu diri dapat dikembangkan sejak sedini mungkin, akan tetapi pada jenjang usia 4-5 tahun anak sudah mulai mampu menerapkan keterampilan bantu diri untuk memenuhi kebutuhan dasar anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat keterampilan berpakaian&nbsp; anak usia 4-5 tahun di TK Aisyiyah I. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data tersebut dianalisis menggunakan teknik analisis data berupa, data reduksi, display data, dan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa keterampilan berpakaian pada anak usia 4-5 tahun masih belum terampil dalam mengenakan serta melepaskan pakaianya sendiri, misalnya seperti meresletingkan celana, mengancing baju, dan memakai kaos kaki hingga melepasnya. Oleh karena itu, hasil penelitian ini akan menjadi masukan bagi guru, orang tua dan sekolah agar dapat ditindaklanjuti sebagaimana mestinya. Sehingga anak dapat memiliki keterampilan yang baik serta mandiri dalam hal berpakaian.</p> Nur Aida - Copyright (c) 2023 http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/CEJ/index https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/CEJ/article/view/5057 Wed, 28 Jun 2023 05:05:44 +0000 Metode Reward Dan Punishment Untuk Mengoptimalkan Sikap Disiplin Anak Usia DiniEWARD DAN PUNISHMENT UNTUK MENGOPTIMALKAN SIKAP DISIPLIN ANAK USIA DINI https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/CEJ/article/view/5058 <p>Disiplin salah satu cara untuk membantu anak mengembangkan pengendalian diri. Melalui kedisiplinan dapat memungkinkan anak memiliki batasan untuk memperbaiki perilaku mereka yang salah. &nbsp;Cara menerapkan kedisiplinan anak bisa mulai usia 2-6 tahun melalui hal-hal sederhana yang anak lakukan di kehidupan sehari-hari seperti merapikan mainan, mencuci tangan, berdo’a, menerima konsekuensi apabila melakukan kesalahan, dan bertanggung jawab dengan barang miliknya dan menjaga milik orang lain. Sikap disiplin pada anak bertujuan agar anak tumbuh menjadi pribadi yang berkualitas, berkarakter dan terampil menjadi suri tauladan bagi masyarakat, khususnya masyarakat modern. Menerapan metode <em>Reward</em> dan <em>punishment</em> merupakan cara ampuh untuk mengoptimalkan sikap disiplin anak. Tujuan pembuatan artikel ini untuk mendeskripsikan secara konseptual dalam penerapan metode <em>reward</em> dan <em>punishment</em> pada anak untuk mengoptimalkan kedisiplinan. Metode yang digunakan adalah kajian literature atau penelitian kepustakaan, yang berisi pendapat para ahli yang berbeda terhadap suatu masalah yang diberikan kemudian diteliti. Hasil penemuan dari berbagai sumber menunjukan bahwa dengan menggunakan <em>reward </em>dan <em>punishment</em> lebih mudah bagi pendidik untuk mengoptimalkan sikap disiplin anak dangan cara ini akan menjadi penguatan dan inspirasi bagi anak untuk bertindak lebih baik lagi di masyarakat. Mendisiplinkan anak agar bijaksana dan tidak berlebihan dalam melakukan tindakan, dengan cara yang tepat untuk meningkatkan perilaku anak menjadi lebih baik.</p> Alfina Rizkia Copyright (c) 2023 http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/CEJ/index https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/CEJ/article/view/5058 Wed, 28 Jun 2023 05:06:55 +0000 Kartu Tahfidz Pintar (Ktp) Sebagai Media Inovatif Di Ra Baitul Mukminin Bangsalsari Jember https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/CEJ/article/view/5076 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan imlementasi media KTP di RA Baitul Mukminin Bangslsari Kabupaten Jember. Hasil penelitiannya menunjukkan: 1) pembuat media pembelajaran KTP adalah ustadzah dan kepala RA Baitul Mukminin. Alat-alatnya berupa kertas manila, gunting, lem, surat-surat pendek dan spidol warna. Isi materi media KTP ini adalah surat-surat pendek. Media KTP digunakan setelah/sebelum mengaji metode Allimna. Langkah-langkahnya adalah mengambil media KTP sebanyak 2-3 kartu, memperlihatkan, menanyakan isi tulisan, dan melafalkan secara bergantian dengan anak-anak; 2) penggunaan media KTP dapat meningkatkan efektifitas pembelajaran. Siswa lebih mudah menghafal al-Qur’an dan senang dengan melihat kartu tahfidznya. Hasil penggunaan media media KTP lebih efektif karena saat guru menggunakan media KTP dalam lima pertemuan, anak sebagian sudah ada yang hafal surat-surat pendek dan sama nama-namanya; dan 3) hambatan guru saat menggunakan media KTP pada saat kegiatan pembelajaran adalah terkadang masih ada anak yang mengobrol, main sendiri, waktunya terbatas, dan anak anak masih memilih bentuk kartu dan warna yang disukainya, padahal bentuk dan warna yang dia minta itu belum tentu yang mau dibaca pada hari itu. Salah satu solusinya adalah gurunya memberikan arahan kepada anak-anak dan semakin hari demi hari anak-anak faham dengan kartu tahfizd pintar yang dipegang ustadzahnya.</p> Niti Copyright (c) 2023 http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/CEJ/index https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/CEJ/article/view/5076 Wed, 28 Jun 2023 05:07:47 +0000 Bimbingan Konseling Anak Berkebutuhan Khusus https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/CEJ/article/view/5357 <p style="font-weight: 400;"><em>Layanan bimbingan dan konseling tidak hanya diberikan kepada anak yang memiliki fisik dan</em> <em>mental yang normal, tetapi anak berkebutuhan khusus justru lebih membutuhkan layanan dan</em> <em>bantuan bimbingan konseling baik dari guru maupun dari konselor. Penelitian ini bertujuan</em> <em>untuk mengetahui penanganan ataupun pemberian layanan bimbingan konseling untuk anak</em> <em>berkebutuhan baik di sekolah luar biasa mauoun di sekolah inklusi. Metode penelitian yang</em> <em>digunakan penelitian kepustakaan (library research) dengan&nbsp; pendekatan deskripif kualitatif.</em> <em>Dengan adanya penelitian di dapat hasil yaitu</em> <em>setiap anak berkebutuhan khusus sangat rentan terhadap perbedaan individualistik dan setiap anak berkebutuhan khusus memiliki potensi yang memerlukan intervensi dari lingkungan perkembangannya. Guru bimbingan dan konseling sangat besar pengaruhnya dan penting dalam menggairahkan belajar siswa serta membantu menyelesaikan problema atau kesulitan belajar yang dihadapinya dalam mewujudkan program bimbingan dan konseling di sekolah. </em></p> Imroatul Lutfiyah Copyright (c) 2023 http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/CEJ/index https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/CEJ/article/view/5357 Wed, 28 Jun 2023 05:13:22 +0000 Membangun Pola Parenting Berkeadilan Gender (Analisis Gender Terhadap Pemberdayaan Perempuan Dan Anak Oleh Rifka Annisa Wcc Di Gunung Kidul Dalam Praktik Pekerjaan Sosial) https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/CEJ/article/view/5358 <p><em>Diskursus tentang pola pengasuhan (parenting) menjadi isu krusial di tengah wacana kesetaraan gender yang semakin meluas dalam beberapa dekade tarakhir. Isu-isu tentang kesetaraan gender menjadi satu narasi yang coba diletakkan menjadi wacana global oleh kelompok-kelompok feminis, dengan menekankan pengarusutaman gender di dalam semua sektor kehidupan masyarakat. Oleh karena itu, Rifka Annisa WCC bersama mahasiswa praktikum dan peneliti dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta berkolaborasi melakukan program pengabdian kepada masyarakat di daerah Gunugn Kidul, dengan upaya-upaya pemberdayaan terhadap perempuan dan anak dalam rangka mencegah kekerasan terhadap perempuan dan anak berbasis gender, dan membangun pola pengasuhan yang berkeadilan gender. Metode pelaksaan pemberdayaan ini dilakukan dengan langkah-langkah partisipasi aktif dengan peserta pemberdayaan, melalui sistem kelas edukasi kepada perempuan, laki-laki dan remaja. Hasil yang dicapai dari proses pemberdayaan ini adalah, baik laki-laki dan perempuan yang terlibat di dalam kelas edukasi memiliki pemahaman tentang keadilan gender secara teoritis, hal itu diketahui dari hasil pre-test dan post-test yang dilakukan oleh penyelenggara pemberdayaan kepada para peserta.</em></p> <p><strong><em>Kata kunci: gender, pemberdayaan, edukasi</em></strong></p> Shofiyatuz zahroh Copyright (c) 2023 http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/CEJ/index https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/CEJ/article/view/5358 Wed, 28 Jun 2023 05:14:06 +0000 Menstimulasi Fisikmotorik Anak Melalui Permainan Memindahkan Bola Di Tk Bunga Delima https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/CEJ/article/view/5342 <p>Playing is one way for chlidren to learn and improve their abilities. Through playing, it makes children physically and psychologically healthy, helps the growth and development of children, especialy gross motor skills. The purpose of this study was to determine the effectiveness of relay games as an activity that uses physical motor skills to improve gross motor skills of children aged 5-6 years. This relay game has 4 playing activities in which there are activities that contain gross motoric elements. This study used a quasi-experimental method with one group pretest-posttest design, and involved 15 children in one kindergarten in Kabupaten MALANG . The results of this study indicate that there is an effect of the use of relay games on gross motor skills of children aged 5-6 years. This relay game activity can also be reference of learning activities in improving children’s gross motor skills at school and outside of school.</p> DIVA ALFIANDRA SOFI Copyright (c) 2023 http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/CEJ/index https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/CEJ/article/view/5342 Wed, 28 Jun 2023 05:11:50 +0000 Pembentukan Karakter Anak Sebagai Wujud Imitasi Perilaku Orang Tua https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/CEJ/article/view/5355 <p><em>Parents are the main and most important agents in providing examples of good behavior to children, in order to build children's character so that they can become good individuals. Children will see everything that happens around them, especially what their parents do. Therefore, parents should be a good role model in order to be able to form good children's character as well. However, environmental influences can also have such a big impact on the process of forming a child's character. So the purpose of this study is to analyze the formation of children's character, whether most are formed from imitation of parental behavior or are there other factors that are more dominant in shaping children's character. This research uses qualitative methods by collecting data through observation, interviews, and documentation. Then the data that has been collected will be analyzed using the perspective of symbolic interactionism theory by George Herbert Mead. The research results obtained are that the formation of children's character is greater as a form of imitation of parental behavior which since in the womb, children have been able to respond to actions taken by parents, especially mothers, but do not rule out the possibility that there are other factors that influence the formation of children's character.</em></p> lidya cherish Copyright (c) 2023 http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/CEJ/index https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/CEJ/article/view/5355 Wed, 28 Jun 2023 05:12:36 +0000 Permasalahan Profesionalisme Guru Di Taman Kanak-Kanak Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/CEJ/article/view/5223 <p>Di dalam sistem pendidikan, permasalahan kecil maupun permasalahan besar akan selalu muncul, karena setiap Lembaga Pendidikan memiliki aturan dan peraturan yang berbeda dalam menjalankannya.&nbsp; Dan artikel ini mencoba membahas tentang permasalahan Profesionalisme Guru di Taman Kanak-Kanak Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas. Riset ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologis dengan teknik pengumpulan datanya, adapun analisis data nya dengan menggunakan kondensasi data, display data dan conclussion. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa terdapat beberapa permasalahan Guru di Kecamatan Barumun yaitu, : 1). Rendahnya Kompetensi Guru, 2). Rendahnya Kualitas Mengajar Guru, 3). Rendahnya Penghasilan Guru Paud, dan 4). Rendahnya Motivasi Guru .</p> <p>&nbsp;</p> <p>Kata kunci : Permasalahan Guru , Profesionalisme guru, Guru PAUD</p> nur azizah lubis Copyright (c) 2023 http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/CEJ/index https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/CEJ/article/view/5223 Wed, 28 Jun 2023 05:11:05 +0000 Whatsapp Based Learning In The Midst Of Covid-19 Pandemic: A Field Study In Mi Shibyanul Islamiyah Jember https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/CEJ/article/view/5170 <p><em>This study aims at analyzing WhatsApp based learning on the achievement and learning difficulties of elementary school students. The method used in this research was descriptive qualitative with a case study approach. The population of this research is elementary schools </em><em>of MI Shibyanul Islamiyah o</em><em>n Jl. Gurami no.60 Dukuhmencek Sukorambi Jember. Through purposive sampling technique from several informants. Informants consist of headmaster, teachers, parents of students, and students. Data collection in this study was carried out by: (1) interviews; (2) observation; and (3) documentation. The data collected through interviews, observation and documentation were then analyzed using inductive descriptive techniques. Data analysis was performed by data reduction data display, and conclusion. The results of the research of the three respondents agreed with WhatsApp-based learning. It’s </em><em>WhatsApp</em><em>-based learning an application there are obstacles experienced by teachers, parents and students, including the lack of facilities, and students bored the learning process.</em></p> Naily Maghhfirah Copyright (c) 2023 http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/CEJ/index https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/CEJ/article/view/5170 Wed, 28 Jun 2023 05:10:23 +0000 Nilai Edukatif Dalam Al-Quran Surat At-Taubah Ayat 128 Tentang Karakteristik Seorang Pendidik Anak Usia Dini https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/CEJ/article/view/5077 <p><em>Education is the most important aspect in shaping human personality.</em> <em>Islam is very concerned about educational issues, both education is seen as a process of developing individual potentials or as cultural inheritance from the older generation to the younger generation.</em> <em>This research was conducted to answer (1) How is the interpretation of the letter at-Taubah verse 128 according to the mufassir (2) What is the essence of the letter at-Taubah verse 128 according to the mufassir (3) What are the educational values contained in the letter at-Taubah verse 128</em> <em>This research is a qualitative research and is descriptive in nature.</em> <em>The aim is to reveal events or facts, circumstances, phenomena, variables, and circumstances that occurred during the research with a library research approach located at Banu Ahyan 2 Cimaja Kindergarten (TK).</em> <em>The results of this study indicate that a teacher who has fulfilled the characteristics according to Islamic education will be different from other teachers who have the characteristics of a teacher according to other concepts, namely affection for students, gentle, humble, respectful of knowledge that is not their handle, fair, enjoys</em> <em>ijtihad, consistent, words according to deeds and simple.</em></p> halimah, Elnawati Copyright (c) 2023 http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/CEJ/index https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/CEJ/article/view/5077 Wed, 28 Jun 2023 05:08:43 +0000 Stimulasi Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Di Ra As-Siddiqi Baletbaru–Sukowono-Jember https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/CEJ/article/view/5468 <p>Kecerdasan sangat diperlukan bagi setiap anak karena kecerdasan dapat membantu seseorang dalam menghadapi berbagai permasalahan yang muncul. Perkembangan kecerdasan anak akan lebih baik jika dilakukan sejak usia dini dengan memberiakn stimulasi melalui panca indra yang dimilikinya. Kecerdasan kinestetik dapat menggabungkan antara fisik dan fikiran sehingga menghasilkan gerakan yang sempurna. Jika gerak sempurna yang bersumber dari gabungan antara fikiran dan fisik tersebut terlatih baik, bahkan sempurna. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dalam stimulasi kecerdasan kinestetik anak usia dini melalui metode bermain di Ra As-Siddiqi Baletbaru – Sukowono - Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif jenis studi kasus, Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan beberapa cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti menggunakan analisis data yang dilakukan secara interaktif. Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Perencanaan dalam stimulasi kecerdasan kinestetik anak usia dini melalui metode bermain di Ra As-Siddiqi Baletbaru – Sukowono - Jember adalah sebelum melakukan proses belajar mengajar di RA As-Siddiqi selalu melakukan perencanaan dalam belajar mengajar seperti: Guru menyiapkan RPPH, media serta evaluasi untuk kegiatan pembelajaran, menyiapkan alat main. Media yang digunakan dalam kegiatan bermain bermacam-macam ada bola, balok dll. 2) Pelaksanaan dalam stimulasi kecerdasan kinestetik anak usia dini melalui metode bermain di Ra As-Siddiqi Baletbaru – Sukowono - Jember meliputi 3 proses yaitu kegiatan pembukaan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Langkah pelaksanaan diantaranya: guru menyampaikan tujuan pembelajaran, cara bermain dengan benar, saat kegiatan bermain berlangsung guru mengamati anak, jika ada anak yang kesulitan bermain karena kurang mampu menyusun dan melempar, guru akan memberikan contoh cara bermain yang benar dengan mengarahkan anak untuk melanjutkan bermain sendiri, guru memberikan motovasi kepada anak yang kurang mampu menyusun dan melempar permainan saat bermain. 3) Evaluasi dalam stimulasi kecerdasan kinestetik anak usia dini melalui metode bermain di Ra As-Siddiqi Baletbaru – Sukowono - Jember dengan cara guru melihat keberhasilan kegiatan bermain dalam meningkatkan kecerdasan kinestetik anak. Setelah kegiatan bermain terdapat peningkatan kelenturan otot -otot anak dari sebelum diadakannya kegaiatn bermain permainan. Dalam catatan laporan perkembangan anak terlihat terjadi peningkatan yang signifikan dalam peningkatan kecerdasan kinestetik dengan cepat.</p> siti hamidahtur rofiah, Fikri Farikhin, Husnul Faidah, Laelatur Rofi'ah Copyright (c) 2023 http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/CEJ/index https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/CEJ/article/view/5468 Wed, 28 Jun 2023 00:00:00 +0000 Konsep Peserta Didik Dan Tenaga Kependidikan Kelompok Bermain https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/CEJ/article/view/5042 <p><strong><em>Abstract</em></strong><em>: This article reviews the Concepts and Characteristics of Students and Education Personnel. In the Law of the Republic of Indonesia number 20 of 2003 concerning the National Education System chapter 1 article 1 it is stated that the educational workforce is a member of the community who is dedicated and appointed to support the implementation of education. As individuals who are growing and developing, students need consistent guidance and direction towards the optimal point of their natural abilities. The purpose of writing this article is to find out the Concepts and Characteristics of Students and Education Personnel in Playgroup Management. Learners in the play group are children aged 2-4 years who are trying to develop their potential through a learning process on a non-formal path. Early childhood educators or education personnel in quality play groups must meet academic qualifications and have the required potential.</em></p> <p><strong>Keywords:</strong> <em>Concepts, Characteristics, Students, Education Personnel, Playgroups.</em></p> maya widianti, Maya Aprilia Saputri, Nihwan Copyright (c) 2023 http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/CEJ/index https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/CEJ/article/view/5042 Wed, 28 Jun 2023 05:04:47 +0000 Implementasi Pembelajaran Seni di RA Istiqlal dalam Sudut Pandang Neurosains https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/CEJ/article/view/5121 <p>Pembelajaran Seni pada Anak Usia Dini sangatlah penting. mengingat bahwa pembelajaran seni sesuai dengan perkembangan otak anak. untuk menyiapkan generasi di abad 21.</p> Hanni Diana Lestari, Zakiyah Isnawati Copyright (c) 2023 http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/CEJ/index https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/CEJ/article/view/5121 Wed, 28 Jun 2023 05:09:44 +0000 Peran Guru dalam Mengatasi Bullying Di Paud https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/CEJ/article/view/5362 <p>Dalam artikel ini menjelaskan tentang bullying adalah sebuah situasi di mana terjadi nya penyalahgunaan kekuatan/kekuasaan yang dilakukan oleh seseorang, kemudian seseorang yang melakukan bullying sesungguhnya dia tidak mampu membela atau mempertahankan dirinya karena lemah secara fisik dan mental nya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam mengatasi bullying di paud. Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research), yaitu penelitian nya dengan serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca,dan mencatat. Hasil dari artikel ini menunjukkan bahwa peran guru dalam mengatasi bullying dipaud itu dengan cara menasihati anak yang melakukan bullying dan sebagai seorang guru hadapilah pelaku bullying dengan sabar dan jangan menyudutkan dengan pertanyaan yang interogatif, dengan begitu anak yang membully tidak akan berani melakukan bullying terhadap teman nya sendiri karena anak tersebut sudah di arahkan sama gurunya kalau membully teman nya itu tidak bagus atau tidak baik.</p> Hana Wahyuningsih Copyright (c) 2023 http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/CEJ/index https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/CEJ/article/view/5362 Wed, 28 Jun 2023 05:14:46 +0000