Efektifitas Metode Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Keberhasilan Belajar Bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah Ma’arif Kambingan Saronggi Sumenep

  • Vina Rohmatul Ummah IAI GENTENG BANYUWANGI
  • Nazilatil Maghviroh STAI Nurul Huda Kapongan Situbondo

Abstract

Dalam proses belajar mengajar, lebih-lebih pengajaran bahasa arab, model pembelajaran merupakan faktor dominan yang harus mendapatkan perhatian serius dari guru, disamping komponen-komponen penting lainnya. Searah dengan perkembangan dan pertumbuhan Madarasah Tsanawiyah Ma’arif Kambingan Saronggi Sumenep yang terus melaju. Maka model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Teams games tournament (TGT) kadang kadang diterapkan di sana,  Akan tetapi penulis menerapkan kembali untuk mengetahui pengaruhnya terhadap hasil belajar bahasa arab. Tulisan ini mengungkap rumusan masalah tentang Efektifitas Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Teams games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar bahasa Arab? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan rumus T-test, selanjutnya data yang diperoleh akan diolah dan dianalisa dengan cara, penyajian data, penentuan jumlah respondent, data hasil test, analisis data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan, nilai yang di peroleh T-test tersebut = 2. 867 lebih besar dari pada nilai signifikan 5 % = 2.042, maka Ha diterima dan Ho ditolak dengan demikian dapat dikatakan bahwa hasil T Test tersebut sangat signifikan, sehingga hipotesis kerja yang berbunyi “Kelas yang menggunakan metode Cooperative Learning tipe Teams Games Tournament (TGT) (eksperimen) sangat efektif dalam keberhasilan belajar Bahasa Arab di kelas VIII MTs Ma’arif  Kambingan Kecamatan Saronggi Kabupaten Sumenepâ€. Kata kunci :  Model Pembelajaran Cooperativie  Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT), Hasil Belajar Bahasa Arab.
Published
2022-05-25
How to Cite
Vina Rohmatul Ummah, & Maghviroh, N. (2022). Efektifitas Metode Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Keberhasilan Belajar Bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah Ma’arif Kambingan Saronggi Sumenep. Lisan An Nathiq : Jurnal Bahasa Dan Pendidikan Bahasa Arab, 4(1), 102-115. https://doi.org/10.53515/lan.v3i2.4633
Section
Articles