PELATIHAN PRODUK ORGANIK MELALUI PERTANIAN HIDROPONIK DESA KOMBANGAN KECAMATAN GEGER KABUPATEN BANGKALAN

  • Tri Wahyudi Ramdhan STAI Darul Hikmah Bangkalan
  • Bistomi Arisandi STAI Darul Hikmah Bangkalan
Keywords: Pertanian, organik, hidroponik

Abstract

Kegiatan bertujuan dalam peningkatan produksi pertanian organik melalui implementasi sistem hidroponik. Sedangkan obyek kegiatan ini ialah para ibu rumah tangga dan pemuda desa kombengan. Adapun metode pelatihan ini menggunakan pendekatan pragmatis learning by doing dengan metode ceramah dan tanya jawab, praktek instrumen hidroponik. Hasil yang diperoleh adalah(1) peningkatan pengetahuan dan minat peserta yang ditunjukkan oleh persentase peserta pelatihan yang melakukan interaktif sebesar 85%, (2) tingkat pengetahuan dan penguasaan teknologi dalam pembuatan instrumen hidroponik juga tinggi yang ditunjukkan oleh interaksi pada saat praktikum pembuatan instrumen hidroponik dengan persentase sebesar 88% dari total peserta pelatihan, dan (3) tingkat pengetahuan dan penguasaan teknologi dalam budidaya hidroponik sangat tinggi yang ditunjukkan oleh interaksi pada saat praktikum budidaya hidroponik dengan persentase sebesar 95% dari total peserta pelatihan.

References

BPS Kabupaten Bangkalan. 2017. Kecamatan Geger dalam angka 2017. Badan Pusat Statistik Kabupaten Bangkalan, Geger. Rakhman A, B. Lanya, R.A. B. Rosadi, dan M. Z. Kadir. 2015. Pertumbuhan Tanaman Sawi Menggunakan Sistem Hidroponik dan Akuaponik. J. Teknik Pertanian Lampung 4(4): 245-254. Silvina F dan Syafrinal. 2008. Penggunaan Berbagai Medium Tanam dan Konsentrasi Pupuk Organik Cair pada Pertumbuhan dan Produksi Mentimun Jepang (Cucumis sativus) secara Hidroponik. J. SAGU. 7 (1): 7-12. Siswandi dan Sarwono. 2013. Uji Sistem Pemberian Nutrisi dan Macam Media terhadap Pertumbuhan dan Hasil Selada (Latuca sativa L.) Hidroponik. J. Agronomika 8(1): 144-148. Surtinah. 2016. Penambahan Oksigen pada Media Tanam Hidroponik terhadap Pertumbuhan Pakcoy (Brassica rapa). J. Bibiet 1(1): 27-35. Wahyuningsih A, S. Fajriani dan N. Aini. 2016. Komposisi Nutrisi dan Media Tanam terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Pakcoy (Brassica rapa L.) Sistem Hidroponi
Amin, F. M., Wibowo, A. T., & Jasri, M. (2019). Pemanfaatan Open ERP (Dolibarr) untuk Agenda dan Member Sebagai Penunjang Program UKM Melek Teknologi (Studi Kasus pada UKM Sandal Desa Wedoro Waru Sidoarjo). 4, 70–78.
Published
2020-03-29
Section
Articles