Optimalisasi Pengetahuan Tentang Menstruasi Pada Siswa Putri Kelas 5 dan 6 SDN Janti 1 Waru Sidoarjo Dengan Pendekatan PAR

  • Mei lina Fitri Kumalasari uin sunan ampel
  • Nova Lusiana uin sunan ampel
  • Estri Kusumawati uin sunan ampel
  • Dedy Suprayogi uin sunan ampel
  • Moch. Irfan Hadi uin sunan ampel
Keywords: Kepala Sekolah, Kepemimpinan Perilaku.

Abstract

Anak perempuan yang mengalami menarche (menstruasi pertama) pada usia yang muda merasa belum siap untuk menghadapi menstruasi pertamanya sehingga dapat menimbulkan dampak takut, bingung, minder, merasa tidak normal dan panik. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk optimalisasi pengetahuan tentang menstruasi pada siswa putri kelas 5 dan 6 di SDN Janti 1. Metode kegiatan yang dilakukan adalah dengan pendekatan PAR. Didapatkan hasil bahwa dari 89 siswa putri, terdapat 40 siswa putri (44,94%) yang sudah mendapatkan menstruasi. Siswa putri tersebut mengalami menarche  pada usia 10 sampai dengan 12 tahun. Terdapat 22 siswa putri (55%) yang mengalami dismenorea dan belum mengetahui apa yang harus dilakukan apabila mengalami keluhan tersebut. Materi diberikan dengan media powerpoint dan video. Siswa putri kelas 5 dan 6 SDN Janti 1 aktif dalam kegiatan dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan dan saling berbagi pengalaman.
Published
2020-03-29
Section
Articles