Fungsi Fitur Google Docs Sebagai Dasar Penggunaan E-Office Pada Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Uin Sunan Ampel Surabaya

  • Assis faizul anany Manajemen Pendidikan Islam UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Arnu Sabilla UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Chusnul Khuluq UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Dina Ananda UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Elok Aulia Billawatin Nufus UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Khusnul Fadila Wahyu Ningsih UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Merry Puspitasari UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Wulan Syafitri UIN Sunan Ampel Surabaya
Keywords: Fitur Google Docs, E-Office, Teknologi

Abstract

Kemajuan teknologi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kehidupan manusia, termasuk dalam bidang Pendidikan. Salah satu contoh pemanfaatan teknologi yaitu dengan pembelajaran E-learning. Google docs merupakan teknologi yang dapat digunakan untuk melakukan pembelajaran, teknologi ini merupakan fitur yang ditawarkan oleh google kepada para penggunanya untuk mengelola dokumen, google docs memiliki fitur-fitur yang ditawarkan seperti File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Add-On, dan Bantuan. Fitur-fitur ini dapat membantu pengguna dalam mengerjakan dokumen yang akan dikerjakan. Penelitian ini bertujuan sebagai pedoman dasar dalam penggunaan google docs pada UIN Sunan Ampel Surabaya, agar pembaca mengetahui setiap fungsi fitur-fitur yang ada didalamnya. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur, peneliti mengambil penelitian melalui membaca, mencatat dan mengolah data dari berbagai referensi Jurnal-jurnal yang membahas tentang teknologi dan fitur google docs.

References

Hanifa Ariani. (n.d.). 2.1 Mengenali Menu-menu yang disediakan beserta shortcut-nya—portofolio. Retrieved October 22, 2020, from https://sites.google.com/site/hanifaarianiportofolio/home/microsoft-power-point-2010/2-mengenali-menu-membuat-membuka-menyimpan-file-presentasi/2-1-mengenali-menu-menu-yang-disediakan-beserta-shortcut-nya
15 Tips Menggunakan Google Docs 2020. (n.d.). DownloadSoftwareGratisan.com. Retrieved October 22, 2020, from https://www.downloadsoftwaregratisan.com/tips-google-docs/
Ahmad, A. (2012). PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMASI: AKAR REVOLUSI DAN BERBAGAI STANDARNYA. Jurnal Dakwah Tabligh, 13(1), 13.
Dharmawan, K., Ramona, Y., Rupiasih, N., & Nilakusmawati, D. P. E. (n.d.). PEMANFAATAN APLIKASI GOOGLE DOCS SEBAGAI MEDIA PEMBINAAN KARYA ILMIAH REMAJA. 5.
Fahana, J., Ma’ruf, F., & Umar, R. (2019). Pendampingan dan pelatihan Google APP dan design grafis pada eksekutif Muhammadiyah D.I. Yogyakarta. 6.
Fathimah, S., Sidik, S., & Rahman, R. (2020). Google Docs Sebagai Solusi Pengerjaan Tugas Kelompok Dalam Pembelajaran Daring Di Tengah Pandemi Covid 19. 4(3), 8.
Hidayat, F. N. (2011). Fasilitas Google untuk Membuat Naskah Matematika Secara Online. 6.
Malla, H. A. B. (2020). MAKSIMALISASI GOOLE DOKUMEN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS MAHASISWA. 5(1), 10.
Ngafifi, M. (2014). KEMAJUAN TEKNOLOGI DAN POLA HIDUP MANUSIA DALAM PERSPEKTIF SOSIAL BUDAYA. 2, 15.
Ngibad, K. (2018). Fungsi Menu-Menu Microsoft Word 2013 [Preprint]. INA-Rxiv. https://doi.org/10.31227/osf.io/az5bg
Ni’matus Sholiha, A. (n.d.). GOOGLE DRIVE FOR STORING ARCHIVES MENGOPTIMASI PENGGUNAAN GOOGLE DRIVE SEBAGAI TEMPAT PENYIMPANAN ARSIP BAGI PELAJAR. 12.
Pradana, D. B. P. (2017). PENGARUH PENERAPAN TOOLS GOOGLE CLASSROOM PADA MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. 02, 9.
Prastika, N. (n.d.). Membuat dan Menggunakan Google Docs. 9.
Santiko, I., Rosidi, R., & Wibawa, S. A. (2017). PEMANFAATAN PRIVATE CLOUD STORAGE SEBAGAI MEDIA PENYIMPANAN DATA E-LEARNING PADA LEMBAGA PENDIDIKAN. 10.
Supriyatno, H. (2018). Pemanfaatan Zotero dalam Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Pustakawan. 2(1), 15.
Tjahjono, H. K. (n.d.). Studi Literatur Pengaruh Keadilan Distributif dan Keadilan Prosedural Pada Konsekuensinya Dengan Teknik Meta Analisis. JURNAL PSIKOLOGI, 20.
Published
2021-01-05
Section
Articles