Urgensi Pemanfaatan Google Documen Di Era Digital

  • Isma Indra Wahidatun Nisa UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Putri Kachlatid Diana UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Ratih Dwi Setya Wijanarko UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Wiwit Zuniati UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Nurul Isthi'Anah UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Musyarofatul Hanifah UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Rahma Nuriyal Anwar UIN Sunan Ampel Surabaya
Keywords: Era Digital, Urgensi, Pemanfaatan Google Document

Abstract

Era digital yang mendorong adanya industri 4.0 telah menyebabkan perubahan cara mengajar dan belajar yang dipengaruhi oleh kemajuan teknologi, dimana teknologi tidak hanya berpotensi membuat aktivitas pendidikan lebih efektif, tetapi juga mengharuskan pendidik untuk beradaptasi karena ekspektasi dan penggunaan teknologi digital dari pelajar generasi baru. salah satunya yaitu menggunakan strategi e-learning. Strategi ini berbasis teknologi elektronik internet yang digunakan untuk memudahkan dalam menerima pengetahuan serta meningkatkan keterampilan siswa. Salah satu produk atau fitur yang diluncurkan oleh kecanggihan teknologi abad 21 ini adalah fitur-fitur yang disediakan oleh gmail yaitu google document. Perbedaan pembelajaran tradisional dengan era digital seperti saat ini yaitu guru dianggap sebagai orang yang serba tahu dan ditugaskan untuk menyalurkan ilmu pengetahuan kepada pelajarnya. Sedangkan di dalam pembelajaran e-learning fokus utamanya adalah membentuk pelajar yang berkarakter, mandiri dan bertanggung-jawab untuk pembelajarannya. 

References

Anshori, S. (2016). STRATEGI PEMBELAJARAN DI ERA DIGITAL (TANTANGAN PROFESIONALISME GURU DI ERA DIGITAL). 9.
Dharmawan, K., Ramona, Y., Rupiasih, N., & Nilakusmawati, D. P. E. (n.d.). PEMANFAATAN APLIKASI GOOGLE DOCS SEBAGAI MEDIA PEMBINAAN KARYA ILMIAH REMAJA. 5.
Lamont, I. (2015). Google Drive & Docs in 30 minutes The unofficial guide to the new Google Drive, Docs, Sheets & Slides. In Google Drive & Docs in 30 minutes (2nd ed., p. 79). i30 Media Corporation.
Malla, H. A. B. (2020). MAKSIMALISASI GOOLE DOKUMEN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS MAHASISWA. 5(1), 10.
Priyatna, S. E. (2016). Pemanfaatan Fasilitas Google dalam Perkuliahan di Fakultas Dakwah. Alhiwar Jurnal Ilmu dan Teknik Dakwah, 04(Vol. 04 No. 07 Januari-Juni 2016), 55–58. https://dx.doi.org/10.18592/al-hiwar.v4i6.1217
Sunarto, KOMUNITAS PEMBELAJARAN (LEARNING COMMUNITY).pdf. (n.d.).
Yazdi, M. (2012). E-LEARNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI. 2(1), 10.
Yustanti, I. (2019). PEMANFAATAN E-LEARNING BAGI PARA PENDIDIK DI ERA DIGITAL 4.0. 9.
Sudarwan Danim, Menjadi Peneliti Kualitatif Rancangan Metodologi, Presentasi, dan Publikasi Hasil Penelitian untuk Mahasiswa dan Penelitian Pemula Bidang Ilmu Sosial, Pendidikan, dan Humaniora, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002), Cet. I, hlm. 51.
Lexy. J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2000), hlm. 3
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2006), hlm. 310.
Published
2021-01-05
Section
Articles